alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
382
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8de63265b24d4e0e7c76f8/bedah-ruu-kuhp-ayo-biasakan-baca-pasal-jangan-cuma-sepotong-sepotong
Melalui thread ini, saya akan mencoba share sedikit yang saya ketahuai mengenai RUU KUHP, yang beberapa hari ini menjadi polemik di masyarakat. Disini saya nggak akan menunjukkan sisi pro atau kontrany.
Lapor Hansip
27-09-2019 17:36

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Past Hot Thread
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Quote:
Melalui thread ini, saya akan mencoba share sedikit yang saya ketahuai mengenai RUU KUHP, yang beberapa hari ini menjadi polemik di masyarakat. Disini saya nggak akan menunjukkan sisi pro atau kontranya, tapi simply ingin mengedukasi Agan/Sista yang mungkin sama sekali belum memahami persoalan ini atau hanya mengetahuinya hanya sepotong-sepotong melalui sosial media.


Quote:
Quote:
APA ITU KUHP?



Quote:
Quote:
KENAPA KOK MAU DIGANTI?



Quote:
Quote:
SEBERAPA BESAR PERUBAHANNYA?



Quote:
Quote:
KENAPA BANYAK YANG MENOLAK RUU KUHP?



Quote:
Quote:
KUMPUL KEBO DIPIDANA?



Quote:
Quote:
SUAMI MEMPERKOSA ISTRI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
UNGGAS BERKELIARAN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
WANITA PULANG MALAM DIPIDANA?



Quote:
Quote:
MENGKRITIK PRESIDEN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
KORBAN PERKOSAAN JIKA ABORSI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
PELAKU SANTET BISA DIPIDANA?



Quote:
Quote:
ANCAMAN PIDANA KORUPTOR DIKURANGI?



Quote:
Demikian penjabaran mengenai pasal-pasal RUU KUHP yang banyak menuai kontroversi di masyarakat, semoga bermanfaat bagi Agan/Sista sekalian.

Sekali lagi, disini saya nggak akan membahas pro atau kontranya, karena sejatinya kita sama-sama masih belajar. Namun saya berharap dalam proses belajar tersebut kita membiasakan diri untuk membaca secara keseluruhan, bukan hanya sepotong-sepotong aja.

Sebagai penutup, bagi Agan/Sista yang masih ada ganjalan dengan pasal-pasal diatas santuy ngga perlu emosi. Silahkan dibabar alasan keberatannya, kasih masukan bagaimana seharusnya dan bagian mana yang masih perlu direvisi? Jangan cuma koar-koar tanpa ada sumbangsih apapun.


Ayat pertama yang diturunkan Allah SWT
adalah “iqra” yang artinya membaca.


Be Smart KASKUSer!


Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Referensi :
RUU KUHP Edisi September 2019
UU Kesehatan No. 36/tahun 2009
Peraturan Pemerintah No. 31/Tahun 1980
UU KDRT No. 23/Tahun 2004
Kamus Besar Bahasa Indonesia



Diubah oleh vitawulandari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anonim238 dan 113 lainnya memberi reputasi
108
Tampilkan isi Thread
Halaman 17 dari 20
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 10:43
Quote:Original Posted By irvan84
Nah ane lebih concern persoalan kuhp ini apa normal jadi konsumsi masyarakat awam? , bukannya rawan di plintar plintir oleh oknum2 + di manfaatkan orang2 untuk mencari celah2 hukum.. IMHO


Bahwa kemudian isi RKHUP ini dipelintir segelintir oknum ya sudah menjadi suatu keniscayaan. Makanya, kita sebagai masyarakat awam jangan mau dibodoh-bodohi dan harus melek hukum agar dapat menyaring berita yang ter-diseminasi di sosial media.

Makanya disini dibutuhkan peran Pemerintah dan DPR, yang dalam hal ini sebagai pembuat dan pengeksekusi kebijakan UU, untuk mengedukasi masyarakat dan mensosialisasikan UU yang mereka buat. Jajak pendapat, audiensi, bahkan forum terbuka seperti yang diadakan di televisi-televisi nasional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sosialisasi tersebut.

Sebagai contoh, perihal pasal penghinaan presiden. Bapak Yasonna Laoly selaku Kemenkumham yang mewakili pemerintah dalam pembahasan RKUHP tersebut dengan tegas dan padat menjelaskan bahwa penghinaan disana didefinisikan sebagai ‘penyerangan harkat martabat Presiden, pribadi dan sebagai seorang kepala negara, dalam istilah latin dikenal dengan sebutan ad hominem dalam berargumen/berdebat yang mana fokus penyerangan lebih kepada pribadi orangnya bukan substansinya.

Dapat disimpulkan bahwa ketika anda menghina pribadi Presiden yang juga seorang Kepala Negara dapat dipidana, itupun juga bersifat delik aduan. Jadi, selama tidak dilaporkan oleh Presiden ya lewat barang tu. Tetapi, ketika anda meng-kritik substansi kebijakan Presiden ya tidak dikenakan pidana.

Dari contoh dan definisi diatas, jelaslah perbedaan antara menghina Presiden dan meng-kritik Presiden. Mari jadi warga negara yang cerdas.
emoticon-Angkat Beer

profile-picture
profile-picture
eggnostick dan vitawulandari memberi reputasi
2 0
2
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 10:57
nais inpoh,sis..izin bukmak y
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:10
Pasal 278
Setiap Orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II (maksimal Rp 10 juta).


membiarkan = tidak mengurusi / tidak peduli !

makin gak masuk Akal aja !..
Apa kita mau jadi masyarakat yg akan sering LAPOR MELAPOR dan BERANTEM ama tetangga ??

tolong dijawab wahai Pembuat UU
0 0
0
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:12
bagus nih mbak trit nya
sangat bermanfaat sekali
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:15
tengs infonya sis,
sangat memberikan pencerahan
profile-picture
profile-picture
RezaKrocolatos dan vitawulandari memberi reputasi
2 0
2
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:26
ini semua adlh kraifikasi ane sejak awal thd postingan awal si TS sbg momod yg menyesatkan publik kaskus disini...

Quote:Original Posted By yoseful
1. pasal zina & pasal kumpul kebo itu berbau subyektif bngt, delik aduan bs berarti berdasarkan like & dislike semata, selain itu, pasal zina & kumpul kebo akan menyasar ke pasangan nikah siri jg, poligami, dsb, selain itu pasangan yg lg pacaran bs di tuduh berbuat zina jk ketahuan oleh massa & massa bs memaksa ke2 ortu mreka tuk bikin laporan, atau dlm kasus pasal kumpul kebo, kades bs bikin laporan ke polisi dgn memaksa kpd ke2 ortu masing2 pasangan kumpul kebo....

2. pasal suami memerkosa istri bs kena pidana = adlh KDRT, sdh masuk dlm UU KDRT seingat ane, ngapain dimasukin lg ke KUHP ??

3. pasal unggas = gak masalah, krn terkait mslh bisnis di daerah2...

4. pasal 431 ttg gelandangan mmg bukan pasal pelarangan wanita keluar malam, tp sayangnya, dlm KUHP jadul, sdh ada beberapa daerah yg melarang wanita keluar malam2 via perdanya masing2.... entah aturan tsb berdasarkan pasal gelandangan dlm KUHP jadul atau tidak, tp fakta & kenyataan bhw di sebagian daerah, ada perda pelarangan wanita tuk keluar malam, dan sampe skrg, baik pemda maupun pempus belum pernah mencabut itu perda... selain itu, pasal 431 tak memberi keterangan lbh jelas siapa yg di maksud gelandangan dlm ruu kuhp 2019 tsb.... kalo KUHP jadul, mendasarkan gelandangan via PP no 31 thaun 1980....

5. pasal penghinaan thd presiden = sdh dicabut oleh putusan MK, selain itu MK jg melarang adanya UU sejenis & semacam itu beredar di kemudian hari di RI, lalu ngapain masukin pasal basi nan busuk itu ke ruu kuhp 2019 lagi ??

6. pasal aborsi = bagaimana dgn pasangan suami istri resmi/tak resmi/kekasih yg tak berharap adanya kehamilan yg tak diinginkan, mreka jg dilarang aborsi bgitu ?? kaum perempuannya di paksa tuk melahirkan anak yg tak diinginkan, bgitu saja ya ?? lalu, terkait perkosaan, itu jk bs dibuktikan dlm pengadilan jk ada kasus perkosaan thd kaum wanita, tp jk gatot terbukti, tp wanita tbs ttp ingin aborsi, gimana tuh, gan ??

7. pasal santet, membuktikkan bhw dukun tsb asli atau aspal dlm hal santet, bagaimana pembuktian nya dlm pengadilan?? jk dukun itu palsu, kenap gak dijerat dgn pasal penipuan saja, knp hrs make embel2 santet ?? apa hakim nya jg hrs bs bedakan mana santet asli mana sante palsu, bgitu ?? pasal ngawur itu rek.....

8. tolong baca lg, ada yg ajaib lagi dlm ruu kuhp 2019, tuh pasal 442, penghinaan ringan = sebuah pasal karet bin gajes bngt..... ngapain hrs ada pasal2 penghinaan yg isisnya subyektif bngt, bukan onbyektif dlm ruu kuhp 2019 tsb ?? sdh ada pasal2 ttg fitnah-ujaran kebencian, tuk apalg masukin semua pasal ttg penghinaan tsb yg super karet bin super gajes tsb, gan ??

9. be smart kaskuser, jgn asbun aja tuh meme nya, gan....


IMHO..... ruu kuhp 2019 versi september akan makin memudahkan bnyk orang bs masuk penjara di RI drpd tuk mencegah bnyk org di RI tuk bs masuk penjara.... emoticon-Cape deeehh




Quote:Original Posted By yoseful


iya, si hotman itu mkausd nya dlm ruu pertanahan 2019 yg batal disahkan pd bulan ini, gan.....

btw....

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

pasal 439 ruu kuhp 2019, ttg pencemaran nama naik......

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

pasal 442, penghinaan ringan... wtf ...???

2 contoh kecil ttg pasal2 super karet bin gajes bngt, sampe skrg masih ada pula..... emoticon-No Hope


pasal2 penghinaan dlm kuhp jadul maupuan ruu kuhp 2019 adlh sebuah pasal karet bin gajes bngt.....krn, sdh ada pasal2 ttg fitnah & ujaran kebencian dlm ruu kuhp 2019 yg lbh bersifat obyektif scara hukum drpd subyektif bngt itu.... emoticon-Cape d...

Quote:Original Posted By Fadel999


Bahwa kemudian isi RKHUP ini dipelintir segelintir oknum ya sudah menjadi suatu keniscayaan. Makanya, kita sebagai masyarakat awam jangan mau dibodoh-bodohi dan harus melek hukum agar dapat menyaring berita yang ter-diseminasi di sosial media.

Makanya disini dibutuhkan peran Pemerintah dan DPR, yang dalam hal ini sebagai pembuat dan pengeksekusi kebijakan UU, untuk mengedukasi masyarakat dan mensosialisasikan UU yang mereka buat. Jajak pendapat, audiensi, bahkan forum terbuka seperti yang diadakan di televisi-televisi nasional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sosialisasi tersebut.

Sebagai contoh, perihal pasal penghinaan presiden. Bapak Yasonna Laoly selaku Kemenkumham yang mewakili pemerintah dalam pembahasan RKUHP tersebut dengan tegas dan padat menjelaskan bahwa penghinaan disana didefinisikan sebagai ‘penyerangan harkat martabat Presiden, pribadi dan sebagai seorang kepala negara, dalam istilah latin dikenal dengan sebutan ad hominem dalam berargumen/berdebat yang mana fokus penyerangan lebih kepada pribadi orangnya bukan substansinya.

Dapat disimpulkan bahwa ketika anda menghina pribadi Presiden yang juga seorang Kepala Negara dapat dipidana, itupun juga bersifat delik aduan. Jadi, selama tidak dilaporkan oleh Presiden ya lewat barang tu. Tetapi, ketika anda meng-kritik substansi kebijakan Presiden ya tidak dikenakan pidana.

Dari contoh dan definisi diatas, jelaslah perbedaan antara menghina Presiden dan meng-kritik Presiden. Mari jadi warga negara yang cerdas.
emoticon-Angkat Beer



sori, agan momod fadel = momod vita => sama2 berusaha menyesatkan publik kaskus dgn mendukung rezim otoriter pemerintah+dpr dlm hal pasal penghinaan thd presiden, krn....

Quote:Original Posted By yoseful
MK Cabut Pasal Penghinaan Terhadap Presiden

MK Cabut Pasal Penghinaan Presiden

tuh, MK sdh cabut & melarang adanya pasal2 penghinaan thd presiden dlm KUHP jadul & UU di ri pd kemudian hari sejak 2006....

Pernah Dibatalkan MK, Pasal Penghinaan Presiden Muncul Lagi di RKUHP

MK Minta Pasal Penghinaan Presiden Ditiadakan

......kok malah dikembalikan lg ke ruu kuhp 2019 & malah dibenarkan ama momod vita sih, gimana itu sih, gan ?? dan kasus kontroversial ini sdh dibahs sejak awal 2018.... lah, skrg malah mau dikembalikan lg.... ?? ini profesor2 hukum nya yg merumus ruu kuhp 2019 itu sdh terlalu jenius atau malah sebaliknya ya, gan ....?? emoticon-No Hope



tolong, baca lg semua sumber berita diatas itu, sebelum ente ber2 sekongkol tuk menyebarkan kesesatan publik kaskus tuk mendukung penuh thd pasal2 penghinaan thd presiden & wapres, yg aslinya adlh pasal2 basi nan busuk, gan.... !!! emoticon-Cape d...
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
perjaka gendeng dan westciss memberi reputasi
1 1
0
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:35
nyimak plezzzemoticon-Traveller
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:40
Quote:Original Posted By arieejack
Pasal 278
Setiap Orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II (maksimal Rp 10 juta).


membiarkan = tidak mengurusi / tidak peduli !

makin gak masuk Akal aja !..
Apa kita mau jadi masyarakat yg akan sering LAPOR MELAPOR dan BERANTEM ama tetangga ??

tolong dijawab wahai Pembuat UU


Sorry gue mau tanya ama elu

Elu pernah tinggal atau tau gimana kehidupan di desa?

Mertua saya mengalami kok, tanaman jagung nya di embat habis sama ayam tetangga

Adanya pasal ini agar tetangga jg lbh memperhatikan hewan ternaknya

Bisa saja solusi memagai area taman agar unggas tidak keluar

Bukan berarti serta merta saling lapor melaporkan

Pertama tentu tegur agar lbh diperhatikan lg hewan ternaknya

Kedua di peringatkan dgn tegas

Ketiga y tentu saja pidanakan saja biar jera ?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:42
Quote:Original Posted By yoseful

tolong, baca lg semua sumber berita diatas itu, sebelum ente ber2 sekongkol tuk menyebarkan kesesatan publik kaskus tuk mendukung penuh thd pasal2 penghinaan thd presiden & wapres, yg aslinya adlh pasal2 basi nan busuk, gan.... !!! emoticon-Cape d...


Kampret garis keras kebakaran jembut saudara-saudara! emoticon-Ngakak

Kau itu yang menyesatkan dan provokasi tong! emoticon-Ngakak

Orang lain dipaksa mencari pasal-pasal jelek biar ada kawan! emoticon-Ngakak

V
V
V

Quote:Original Posted By yoseful
agan sebaiknya jgn hny bc bnyk pasal2 yg bagus aja dlm ruu kuhp 2019 ini.... ada sebab akibat knp ada bnyk pasal2 kontroversial ini, gan.... knp itu bs di sebut sbg pasal kontroversial, salah satu nya bukan tuk mlindungi privasi agan tp mlh ikut campur terlalu jauh ke dlm privasi agan..... emoticon-Cape d...
profile-picture
yoseful memberi reputasi
0 1
-1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:43
nunggu penjelasan yg korupsi nih gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
Lapor Hansip
30-09-2019 11:43
Balasan post fanatos22
anne tingal di Desa ndoro,,
tau betul masalah desa...justru ane mo tanya sampeyan,,,Mertua ente tanem jagung dimana ??
jangan dusta,,jagung harus ditempat yg panas dan lapang ,,kalo ada ayam samapai ngabisin jagung taneman Mertua ente pasti ENTE BOHONG,,,gak mungkin ayam bisa ngabisin jagung se petak sawah..karena watak unggas =berpindah..
hayooo
0 0
0
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:44
Quote:Original Posted By ryozak


Ane baca keseluruhannya gan..ada banyak pasal terkait..pasal kontroversial itu juga banyak berkaitan dgn pasal lain..klo agan baca sendiri juga mungkin paham koq..


justru karna itu, karna ada nya pasal2 absurd itulah, ruu kuhp 2019 harus di revisi total....

Quote:Original Posted By perjaka gendeng


Kau pasti kampret garis keras, akuk liat semua pasal kau anggap salah! emoticon-Ngakak

Cobak kau nyalon dewan bray, siapa tauk bacotan kau lebih di dengar! emoticon-Ngakak


dan, agan pasti penjilat 01 yg hny asbun aja..... baca ulang semua isi pasal2 kontroversial dlm ruu kuhp 2019 tsb, niscaya, agan bs paham dibagimana sisi kontroversialnya, itupun jk agan bs membaca & memahami isi2 pasal2 yg absurd bngt itu.....

Quote:Original Posted By vitawulandari


Sebelum komen baca dulu secara detail, pan judul thread udah jelas jangan baca sepotong2. Jangan karena didasari kebencian langsung ketik dengan berapi2 gitu emoticon-Ngakak (S)

Mana pernyataan gue yang membenarkan atau setuju dengan pasal tsb? Di dalam thread ini gue sama sekali ngga ada satupun statement yang MEMBENARKAN atau MENYALAHKAN, nggak ada statement PRO atau KONTRA terhadap pasal manapun. Karena tujuan gue bikin thread ini bukan untuk itu. Disini gue cuma menyajikan isi pasal2 secara keselurahan, dari pasal2 yang selama ini di potong-potong seenak udel. Selanjutnya gue serahin ke kaskuser mau pro atau kontra ya silahkan, roh mereka punya sudat pandang masing2.

Ambil contoh pasal kritik presiden. Disini gue cuma mau menyampaikan kalau yg dipidana itu bukan mengkritik, tapi menghina. Sampai sini lu paham kagak apa yang gue maksud?



sori, agan tau gak sih maksudnya pasal2 karet ?? Mk sdh jelas2 mencabut & melarang adanya pasal2 sejenis di kemudian hari.... artinya, walopun agan terkesan netral, tp dlm postingan awal agan disini yg jg sekaligus sbg TS, agan mendukung kembalinya pasal2 kolonialisme masuk ke dlm ruu kuhp 2019, dgn mmbikin topik yg mengambil sumber dr meme2 gajes bngt.... yg jelas2 salah satu isi meme tsb yg mendukung pasal2 penghinaan thd presiden-wapres itu sdh pasal2 basi nan busuk, lalu jk agan ngotot mrasa tak bersalah dgn tetap terus menampilan meme yg satu itu, maka agan sdh melanggar aturan putusan MK pd 2006 tsb.....emoticon-Cape d...

Quote:
Nah sekarang kita bahas kenapa pasal itu dimasukkan lagi padahal sebelumnya udah dicabut MK. Lu udah baca belum pasal 226? Setiap Orang yang di muka umum menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri kepala negara sahabat yang sedang menjalankan tugas kenegaraan di Negara Kesatuan Republik Indonesia dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori III.

Lah kalo menghina kepala negara sahabat aja dipidana, kenapa presiden negara sendiri engga? Makanya pasal penghinaan presiden dimasukin lagi untuk menjaga kewibawaan presiden sesuai dengan prinsip asas equality before the law (persamaan dihadapan hukum).

Gue paham betul kalau pasal ini ngga ada ulasan yang jelas penghinaan itu seperti apa. Makanya rentan disalahgunakan untuk membungkam demokrasi dan kebebasan berpendapat.

Kalau menurut elu, sebaiknya bagaimana? Tetap ada, dihapus atau direvisi? Lalu bagaimana dg pasal 226? Dihapus juga biar adil gitu?


jk ada pasal 226 dlm ruu kuhp 2019, itu jg artinya harus dicabut atau dihilangkan pula.... atau di revisi jd pasal2 fitnah atau ujaran kebencian, krn jd lbh obyketif secara hukum, gan.....termasuk tuk thd presiden-wapres RI, ganti dgn pasal2 ttg fitnah ato ujaran kebencian.... bukan penghinaan.... isinya subyketif bngt.....alias gajes bngt.... mngkritik bg si A belum tentu dianggap sbg kritikan bg si B, dst dll dkk..... fakta & kenyataan di lapangan, bhw pasal2 penghinaan itu, dlm berbagai jenis & bentuknya yg macem2, sdh menjadi momok dlm demokrasi di Ri ini.... jd pasal2 karet nan gajes bngt.... baik tuk khusus nya presiden-wapre smaupun tuk warga RI lainnya secara umum....

Quote:Original Posted By vitawulandari


Nah ini salah satu kaskuser yang males baca dan males nyari, yang penting komen emoticon-Ngakak (S)

Satu lagi yang ngga baca. Kan udah jelas itu pasal 418 merupakan delik aduan, dimana pengaduannya oleh suami, istri, Orang Tua atau anaknya. Bahkan gue kasih tulisan merah supaya ngga kelewat.



delik aduan itu sifatnay subyketif, lbh karna like and dislike semata, jk lg good mood, no laporan, tp jk lg bad mood, ya ada laporan..... gan.... emoticon-Cape d...


Diubah oleh yoseful
0 0
0
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:47
Kasian BEM ngoceh di TV OON dipermalukan pak Yasona dan ibu berbaju hijau, kencingin aja muka mahasiswa model begitu
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:47
Terimakasih Gan sist.. sudah menjabarkan penjelasan dengan jelas, dari awal gw udh merasa ragu juga untuk ikut2an hal2 yang Viral tanpa tahu dasar dari permasalahan tsb, dan dengan adanya penjelasan di Thread ini gue jadi tau apa yang sebetulnya harus di revisi dan tidak
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:48
terima kasih atas informasinya gan buat nambah ilmu nih
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:53
Quote:Original Posted By perjaka gendeng


Kampret garis keras kebakaran jembut saudara-saudara! emoticon-Ngakak

Kau itu yang menyesatkan dan provokasi tong! emoticon-Ngakak

Orang lain dipaksa mencari pasal-pasal jelek biar ada kawan! emoticon-Ngakak

V
V
V



kasian, agan trnyata gatot baca & paham thd logika hukum atas isi pasal2 yg kontroversial tsb, atau pura2 buta tuli bisu thd adanya sisi jelek nan buruk dlm ruu kuhp 2019 ini ya, dgn menelan mentah2 segala macam propagnda ala ORBA dlm pemerintah+dpr pd ruu kuhp 2019 yg penuh kontroversi ini ya ??..... emoticon-Malu (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 11:59
Quote:Original Posted By yoseful
ini semua adlh kraifikasi ane sejak awal thd postingan awal si TS sbg momod yg menyesatkan publik kaskus disini...

tolong, baca lg semua sumber berita diatas itu, sebelum ente ber2 sekongkol tuk menyebarkan kesesatan publik kaskus tuk mendukung penuh thd pasal2 penghinaan thd presiden & wapres, yg aslinya adlh pasal2 basi nan busuk, gan.... !!! emoticon-Cape d...


Ini terakhir kalinya gue nanggepin elu, selanjutnya gue anggep elu troller yang hanya muter2 daonk.

Gue ngga merasa menyesatkan publik. Disini gue meluruskan beberapa hal yang viral karena hanya disajikan sepotong-sepotong tanpa tau isi pasal secara keseluruhan. Gue ngga memposisikan sebagai pihak yang pro atau kontra.

Tidak ada statement gue yang mendukung pasal penghinaan presiden, yang ada gue menjelaskan isi dan maksud dari pasal tersebut.

Terakhir, elu ngga usah ngerusuh di thread gue, bikin aja thread sendiri yang sesuai dengan sudut pandang elu.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 12:09
Quote:Original Posted By yoseful
ini semua adlh kraifikasi ane sejak awal thd postingan awal si TS sbg momod yg menyesatkan publik kaskus disini...





pasal2 penghinaan dlm kuhp jadul maupuan ruu kuhp 2019 adlh sebuah pasal karet bin gajes bngt.....krn, sdh ada pasal2 ttg fitnah & ujaran kebencian dlm ruu kuhp 2019 yg lbh bersifat obyektif scara hukum drpd subyektif bngt itu.... emoticon-Cape d...



sori, agan momod fadel = momod vita => sama2 berusaha menyesatkan publik kaskus dgn mendukung rezim otoriter pemerintah+dpr dlm hal pasal penghinaan thd presiden, krn....



tolong, baca lg semua sumber berita diatas itu, sebelum ente ber2 sekongkol tuk menyebarkan kesesatan publik kaskus tuk mendukung penuh thd pasal2 penghinaan thd presiden & wapres, yg aslinya adlh pasal2 basi nan busuk, gan.... !!! emoticon-Cape d...


Kegagalan anda dalam membaca dan memahami bukan merupakan urgensi bagi saya ataupun Mod Vita untuk meladeni anda.

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 12:09
Quote:Original Posted By arieejack
anne tingal di Desa ndoro,,
tau betul masalah desa...justru ane mo tanya sampeyan,,,Mertua ente tanem jagung dimana ??
jangan dusta,,jagung harus ditempat yg panas dan lapang ,,kalo ada ayam samapai ngabisin jagung taneman Mertua ente pasti ENTE BOHONG,,,gak mungkin ayam bisa ngabisin jagung se petak sawah..karena watak unggas =berpindah..
hayooo


Tanam menanam itu bukan harus berbisnis dan diperlukan area berhektar hektar , bisa dijadikan sebagai hobi bercocok tanam

Sama seperti kita mengurus anak

"Bukan saya mau menyamakan hewan dengan manusia"

Namun jika anak kita main" ke tmpt orang lalu merusak yang akan di peringati tentu adalah kita sebagai orang tua

Kalau anak mengerti bahasa manusia jd bisa kita ajari

Hewan tentu saja tidak mengerti, jadi pagari lah area hewan agar tidak keluar apalagi sampai merusak tanaman milik orang lain

Jadi jika ada hewan ternak beri makan, jangan biarkan nyari makan sampai tempat tetangga jd diembat itu namanya engak mau modal
profile-picture
profile-picture
gpandita dan vitawulandari memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 12:15
Quote:Original Posted By arieejack
Pasal 278
Setiap Orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II (maksimal Rp 10 juta).


membiarkan = tidak mengurusi / tidak peduli !

makin gak masuk Akal aja !..
Apa kita mau jadi masyarakat yg akan sering LAPOR MELAPOR dan BERANTEM ama tetangga ??

tolong dijawab wahai Pembuat UU


Lu hidup di kota gak akan ngerti gimana keresahan masyarakat pedesaan terutama di sektor pertanian / peternakan.

Fyi gan,, pasal yg agan bawa diatas itu adalah hasil dari masukkan masyarakat.
Kalo gak ada masukkan, ya gak akan ada pasal itu.
Artinya disini bahwa masyarakat merasa resah jika ada ternak / unggas orang lain yg merusak lahan. Apalagi fokusnya yg sudah ditanami benih atau siap panen.

Buyut gua org indramayu dan tiap tahun gua pulang kampung. Disana masih punya sawah.
Dan lu tau apa yg riskan disana kalo punya Sawah atau ladang.?
Yaitu hewan ternak atau unggas yang di Angon.
Lu bisa bayangin ratusan bebek atau puluhan kambing lewat sawah lu.
Tanaman yg baru ditanam atau masih berbentuk benih, Dan yg lebih parah yg siap panen.
inilah fungsi adanya pasal itu. Agar si pemilik bisa lebih berhati2.
Diubah oleh eggnostick
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Halaman 17 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.