News
Batal
KATEGORI
link has been copied
382
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8de63265b24d4e0e7c76f8/bedah-ruu-kuhp-ayo-biasakan-baca-pasal-jangan-cuma-sepotong-sepotong
Melalui thread ini, saya akan mencoba share sedikit yang saya ketahuai mengenai RUU KUHP, yang beberapa hari ini menjadi polemik di masyarakat. Disini saya nggak akan menunjukkan sisi pro atau kontrany.
Lapor Hansip
27-09-2019 17:36

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Past Hot Thread
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Quote:
Melalui thread ini, saya akan mencoba share sedikit yang saya ketahuai mengenai RUU KUHP, yang beberapa hari ini menjadi polemik di masyarakat. Disini saya nggak akan menunjukkan sisi pro atau kontranya, tapi simply ingin mengedukasi Agan/Sista yang mungkin sama sekali belum memahami persoalan ini atau hanya mengetahuinya hanya sepotong-sepotong melalui sosial media.


Quote:
Quote:
APA ITU KUHP?



Quote:
Quote:
KENAPA KOK MAU DIGANTI?



Quote:
Quote:
SEBERAPA BESAR PERUBAHANNYA?



Quote:
Quote:
KENAPA BANYAK YANG MENOLAK RUU KUHP?



Quote:
Quote:
KUMPUL KEBO DIPIDANA?



Quote:
Quote:
SUAMI MEMPERKOSA ISTRI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
UNGGAS BERKELIARAN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
WANITA PULANG MALAM DIPIDANA?



Quote:
Quote:
MENGKRITIK PRESIDEN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
KORBAN PERKOSAAN JIKA ABORSI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
PELAKU SANTET BISA DIPIDANA?



Quote:
Quote:
ANCAMAN PIDANA KORUPTOR DIKURANGI?



Quote:
Demikian penjabaran mengenai pasal-pasal RUU KUHP yang banyak menuai kontroversi di masyarakat, semoga bermanfaat bagi Agan/Sista sekalian.

Sekali lagi, disini saya nggak akan membahas pro atau kontranya, karena sejatinya kita sama-sama masih belajar. Namun saya berharap dalam proses belajar tersebut kita membiasakan diri untuk membaca secara keseluruhan, bukan hanya sepotong-sepotong aja.

Sebagai penutup, bagi Agan/Sista yang masih ada ganjalan dengan pasal-pasal diatas santuy ngga perlu emosi. Silahkan dibabar alasan keberatannya, kasih masukan bagaimana seharusnya dan bagian mana yang masih perlu direvisi? Jangan cuma koar-koar tanpa ada sumbangsih apapun.


Ayat pertama yang diturunkan Allah SWT
adalah “iqra” yang artinya membaca.


Be Smart KASKUSer!


Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Referensi :
RUU KUHP Edisi September 2019
UU Kesehatan No. 36/tahun 2009
Peraturan Pemerintah No. 31/Tahun 1980
UU KDRT No. 23/Tahun 2004
Kamus Besar Bahasa Indonesia



Diubah oleh vitawulandari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anonim238 dan 113 lainnya memberi reputasi
108
Tampilkan isi Thread
Halaman 13 dari 20
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:23
Good, TS langsung bawa ayat ya jadi diskusi nya bukan debat ya, jadi konstruktif

1. Kumpul kebo, ane juga gak setuju, ini dosa tapi ini privat, polisi, jaksa, hakim gak cukup waktu utk ngurus kasus2 kayak gini, lalu uu nya ok sampai ayat 2,,kenapa pula ada ayat 3?? Walau ada embel2 keluarga gak keberatan??!!! Hukuman 1thn penjara, kmon, 2 person fuck buat negara repot?!

3) Pengaduan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat juga diajukan oleh kepala desa atau dengan sebutan lainnya sepanjang tidak terdapat keberatan dari suami, istri, Orang Tua, atau anaknya

2. Ayam tetangga,
Kelemahan uu ini karet, ya didaerah banyak kebun, tapi bisa juga yg punya ayam nenek tua yg pelihara ayam cuman satu2nya apa bisa bayar itu denda? Malah pasal karet ini bisa banget dibuat menzolimin org, apalagi korporasi, tinggal curi aja ayam org kampung lepas ke kebun ya, jadilah kriminalisasi,, org miskin mana bisa bela diri

Dan ayo kita bacalagi uu nya, unggas nya cuman jalan doang,, malah mungkin bantuin nambahin kompos buat kesuburan tanah tsb

Pasal 278 RUU KUHP
Setiap Orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II.

3. Wanita ditangkap malam hari ok, argumentasi itu lemah dan tidak sesuai poin menggelandang, tapi poinnya kalau saya juga, gelandangan dipelihara negara, ironis malah negara mendenda mereka klo menggelandang, harusnya yg bayar denda itu NEGARA!

4. Penghinaan presiden, prinsip saya presiden jabatan, tapi hak sama seperti warga negara, apabila diserang martabatnya bisa lakukan aduan seperti rakyat biasa, cukup presiden dilindungi paspampres dan media pemerintah, bahaya klo terlalu banyak keistimewaan, semakin besar power semakin korup

5. Aborsi karna perkosaan, menurut saya lemah perlindungannya ke korban, itu uu kesehatan malah lebih lindungi dokternya, ya gak heran emang namanya uu kesehatan, dokter aman tapi korban tetap tidak aman, kenapa? Dokternya pasti ada kriteria, dan kejadian di masyarakat aborsi dilakukan dgn biaya semurah mungkin bahkan tanpa dokter, dan tanpa kekuatan hukum tetap klo korban adalah korban perkosaan, anak yg di aborsi masih bukan korban perkosaan, lalu dokter mana yg berani?? Tunggu sampai 9 bulan?? Tau aja sidik, sidang berapa lama.. Saya awam hukum saya pakai Logic aja dan sedikit pengalaman lihat kasus hukum
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:23
Quote:Original Posted By PneumonoCyclone
Fungsi kemarin demo apa?


Mengisi waktu luang.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:24
Quote:Original Posted By Ay4mK4lkun
kan bisa maen ama sabun


Pake rinso gitu gan?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:25
Banyak yang perlu dievaluasi
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:34
emoticon-Traveller
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
0 1
-1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:34
kmarin juga di ILC itu dibahas...
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:35
Quote:Original Posted By KangPri
Mod,
BDSM itu apa mod emoticon-Leh Uga


Bikin Dagdigdug Sampe Meremmelek..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:38
Hmm.. Jadi gt ya sist mod
emoticon-Traveller
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:38
M A N T A B
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:39
pasal perzinaan itu juga pasal karet lo..
laki perempuan pegangan tanggan dalam islam sudah termasuk zina bahkan melihat perempuan lama lama itu sudah termasuk zina mata meskipun si perempua sudah menutup rubuh dan berhijab.
sedang menurut agama lain mungkin belum termasuk zina
kalo ada yang ngelaporin gimana,
misal orang tua yang sangat amat religius
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:41
Quote:Original Posted By gilang1512
Mantep emoticon-Cendol Gan artinya harusnya pemerintah gak perlu ikut andil dalam mengatur karena masyarakat desa dari dulu sudah mempunyai satu sistem yaitu MUSYAWARAH.
emoticon-Leh Uga dari jaman pak to sampe pak beye emang gapernah ada sih yang maen lapor2 ke pihak berwajib.


Yg saling lapor melapor biasanya terkait pencemaran nama baik, video mesum, hoax dsbnya Jaman Pak To blom ada internet n smartphone
Jaman Pak Beye internet masih lemot, kuota masih mahal..
Jadi kesimpulan ane ga bisa dibanding2kan.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:44
Terima kasih mod, akhirnya ada juga yang jelasin. emoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:44
Quote:Original Posted By reif
pasal perzinaan itu juga pasal karet lo..
laki perempuan pegangan tanggan dalam islam sudah termasuk zina bahkan melihat perempuan lama lama itu sudah termasuk zina mata meskipun si perempua sudah menutup rubuh dan berhijab.
sedang menurut agama lain mungkin belum termasuk zina
kalo ada yang ngelaporin gimana,
misal orang tua yang sangat amat religius


Klo ortu nya kelewat relijius kaya nya di nalar aja om jangankan pegangan ketemu aja pasti dilarang #cmiiw
Diubah oleh Thoriq27ST
profile-picture
profile-picture
vitawulandari dan irvan84 memberi reputasi
2 0
2
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:46
Quote:Original Posted By irvan84
Pake rinso gitu gan?


iya donk, kan rinso lebih anget klo d pake
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:48
Quote:Original Posted By Thoriq27ST
Klo ortu nya kelewat relijius kaya nya di nalar aja om jangankan pegangan ketemu aja pasti dilarang #cmiiw


Wuakakkaaka setuju gan,
Lebih bahaya krisis nalar drpd krisis literasi. 😂
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 06:57
aaah ini baru mantep gan
banyak yang kritisnya membabi buta tanpa paham terlebih dahulu sih menurut ane
emang lebih berbahaya kalo udah krisis literasi tuh
Diubah oleh aithings
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 07:00
Quote:Original Posted By ichsanwin32
Terus kenapa nggak ada Yang klarifikasi kalau uu Yang bermasalah diatas sudah ada di KUHP Yang sekarang dipake? Orang orang pada taunya kalau pasal2 kontroversial tsb adalah pasal2 baru Yang ditambahkan di RUU KUHP

Plus sy setuju sama pasal hewan kalau perlu jangan unggas saja tapi hewan besar seperti sapi ato kambing juga, soalnya waktu kerja di dinas pertanian banyak petami ngeluh kalau lahannya hancur dimakan sapj tp nggak ada aturan buat nyelesaiin masalah tsb. Bakan ada Yang sampe bawa parang ke kantor buat minta di proses masalhnya....


Ini bagus ditaruh di page one, biar yg koar² "ngapain ngurus unggas, g ada gunanya bagi masyarakat" biar melek matanya. Orang yg hidupnya bergantung dg hasil perkebunan dan pertanian, unggas dan ternak tetangga yg berkeliaran sembarangan adalah "HAMA" bagi mereka. Tolonglah berpikir yg jernih, jauh ke depan. Indonesia tidak hanya milik orang kota maupun jawa saja, namun milik semua..
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 07:01
Penjelasan lainnya juga kak, tugas kemenkumham harusnya kayak kakak gini emoticon-Malu melakukan sosialisasi dan diskusi, serta penjelasan terhadap draft RKUHP agar menjadi jelas.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 07:02
Quote:Original Posted By irvan84
Yg saling lapor melapor biasanya terkait pencemaran nama baik, video mesum, hoax dsbnya Jaman Pak To blom ada internet n smartphone
Jaman Pak Beye internet masih lemot, kuota masih mahal..
Jadi kesimpulan ane ga bisa dibanding2kan.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

emoticon-Hammer2 salah agan bilang jaman pak beye masih lemot internetnya, sekarang pun masih sama2 lemot, terus kuota kalau ane bilang sama aja gada perubahan mungkin ente aja missqueen gak bisa beli kuota kali emoticon-Leh Uga
Perbandingan pasti selalu ada gan karena kepala negaranya selalu ganti kecuali kepala negaranya orangnya sama dari awal berdiri sampai sekarang agan bilang gak bisa dibandingkan wajar.
Kalau pemerintahan sebelumnya udah baik ketika sudah di ganti ya pasti inginnya lebih baik lagi lah gan bukannya malah mundur dan terbelakang.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
30-09-2019 07:06
FYI sih gan klo khusus RUU KUHP dulu yg saya ingat itu mahasiswa justru mendesak segera mensahkan loh 2016/2017 sekitar tahun segitu
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Halaman 13 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia