towamasjidAvatar border
TS
towamasjid
3 Inovator Teknologi Asal Indonesia yang Sudah Mendunia




Percaya atau tidak bahwa sebenarnya, Bangsa Indonesia ini memiliki banyak orang-orang yang kaya akan potensi di dalam dirinya, hanya saja banyak dari mereka yang tidak diketahui orang. Begitu pun soal teknologi, banyak anak-anak bangsa yang sebenarnya sudah tidak bisa lagi diremehkan dalam hal kemampuan ilmu pengetahuannya di bidang teknologi. Banyak dari orang kita yang sudah menemukan banyak hal baru bahkan sudah dikenal pada dunia. Nah berikut ini, ane akan kasih tahu daftar inovator yang berasal dari Indonesia yang ternyata sudah mendunia, dan agan sista wajib tahu soal ini.
--------------------


1. Prof. Dr. Khoirul Anwar
Inovasi Teknologi Broadband 4G LTE




Siapa disini yang masih menggunakan jaringan 3G? Jika masih banyak, itu artinya mereka belum mengenal orang ini. Banyak dari kita menganggap bahwa inovasi teknologi jaringan 4G LTE adalah penemuan dari orang jepang. Padahal faktanya, jaringan ini ditemukan oleh orang Indonesia bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar. Ia adalah WNI yang bekerja di Nara Institute of Science and Technology ini memiliki hak paten paten sepenuhnya pada 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM).



2. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo
Penemu Sistem Pondasi Cakar Ayam




Coba ngaku, siapa yang rumahnya pakai sistem pondasi cakar ayam? Pasti banyak kan? Nah, sistem pondasi cakar ayam itu ditemukan oleh pria asal Karanganyar ini pada tahun 1962. Beliau menciptakan sistem yang begitu stabil di atas lahan yang tak stabil. Keren bukan? Bahkan sistem pondasinya tersebut juga digunakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.



3. Prof. Josaphat 'Josh' Tetuko Sri Sumantyo
Penemu Radar Tiga Dimensi





Ia adalah salah satu pemegang hak paten dari antena mikrostrip. Antena berbentuk cakram yang memikiki ukuran diameter 12 cm dan tebal 1,6mm. Antena ini dapat digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan satelit asli Indonesia. Hebatnya lagi, dia juga adalah penemu circularly polarized synthetic aperture untuk pesawat tanpa awak dan small satellite, serta radar peramal cuaca 3 dimensi. Dari penemuan-penemuannya itu, saat ini banyak negara lain yang sedang mengembangkan alat hebatnya.


Itulah 3 daftar inovator Indonesia yang saat ini sudah dikenal oleh dunia, bahkan penemuannya tersebut telah bermanfaat dan digunakan oleh negara-negara lain.
Jadi, kapan kita menyusul mereka? 


andretarina
gateltegal
S4ngpecinta
S4ngpecinta dan 27 lainnya memberi reputasi
26
11.7K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.