ahoy44Avatar border
TS
ahoy44
5 Warna Jas Almamater Kampus yang Ikonik


Jaket kampus telah menjadi identitas dan ciri khas tersendiri bagi tiap perguruan tinggi di Indonesia. Karenanya, para mahasiswa pun bangga mengenakan warna almamater mereka untuk menunjukkan eksistensi kampus, baik di acara-acara internal maupun eksternal.  Seperti saat menjalani KKN, seminar, termasuk juga saat mengikuti demonstrasi. Demonstrasi mahasiswa yang dilaksanakan tanggal 24 September kemarin, misalnya, dipenuhi dengan pemandangan warna warni jas almamater yang saling berbaur.

Beberapa warna almamater sudah begitu ikonik dan menjadi ciri khas. Sedangkan, beberapa warna lain banyak digunakan di beberapa kampus, karena filosofi baik di balik warna tersebut. Apa saja warna jaket kampus yang banyak dipilih? Dan apa makna di balik warna-warna tersebut?

Yuk, disimak!

1. Jaket Kuning

Kalau menyebut jaket kuning, pasti Universitas Indonesia langsung terlintas di pikiran kita. Yap, warna kuning ini memang udah menjadi ikon. Selain UI, beberapa kampus seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Terbuka (UT) juga menggunakan warna kuning sebagai jas almamater mereka.



Filosofi warna kuning adalah warna matahari terbit. Warna kuning dihubungkan dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai, dan energik.  Selain itu, warna kuning yang terang juga pastinya mencolok di tengah kerumunan.

2. Jaket Biru Tua

Jaket biru tua sepertinya jadi salah satu warna terfavorit pilihan para perguruan tinggi. Biru tua dinilai mampu merangsang pemikiran yang jernih, serta menunjukkan kesan dapat dipercaya dan berwibawa, yang pas bila dikaitkan dengan dunia pendidikan.



Warna biru tua banyak digunakan oleh kampus-kampus di Indonesia, diantaranya Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Univesitas Airlangga, ITB, IPB, Universitas Padjajaran (Unpad), dan masih banyak lagi.

3. Jaket Hijau

Warna hijau juga banyak digunakan sebagai warna jas almamater di Indonesia. Warna hijau melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau juga dapat berarti keamanan secara emosional.



Di Indonesia, beberapa kampus yang memilih warna hijau sebagai warna almamater mereka antara lain Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan beberapa perguruan tinggi Islam, seperti Universitas Islam Negeri (UIN), dan Universitas Muhammadiyah.

4. Jaket Merah



Warna merah dan segala variasnya pun banyak dipilih menjadi warna almamater di Indonesia. Secara psikologis, warna merah  melambangkan kekuatan, gairah dan energi untuk melakukan tindakan. Universitas Hasanuddin (Unhas) jadi salah satu perguruan tinggi yang memilih warna ini.

5. Jaket Abu-Abu

Warna abu-abu menunjukkan keseriusan, rasa tanggung jawab, kemandirian, serta dinilai punya sifat stabil. Salah satu kampus ternama di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) memilih warna abu-abu sebagai warna jaket almamater mereka.



Meski begitu, ada pula yang menyebut warna jaket UGM adalah warna karung goni, yang artinya warna perjuangan, karena terinspirasi dari warna seragam tentara Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan.
 
Itu dia GanSis, beberapa warna almamater kampus di Indonesia yang ikonik. Apa nih warna jas almamater kampus GanSis?



sumber
Diubah oleh ahoy44 25-09-2019 08:52
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 24 lainnya memberi reputasi
25
72.5K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.