moviegangsta
TS
moviegangsta
Kenapa Nama Ukuran Minuman Starbucks Tall, Grande, dan Venti?


Pernah bertanya kenapa Starbucks memberi nama ukuran minuman mereka Tall, Grande, dan Venti bukan Regular, Medium, Large? Artikel di Thread ini akan menjelaskan semuanya lengkap buat kamu.


Gaya hidup anak zaman now nggak jauh-jauh dari "secangkir kopi". Walaupun pada kenyataannya jarang kita lihat orang benar-benar minum kopi dari cangkir lagi karena sekarang kemasannya kalau nggak paper cup ya berarti plastic cup. Tapi memang, antre di depan store Kopi Kenangan kayaknya sudah jadi gaya hidup tersendiri buat masyarakat kota besar seperti Jakarta. Pernah lihat kan antrean seperti ini di jam-jam makan siang? Bahkan di jam-jam ngemil pun store kopi yang satu ini tetap ramai.

Kalau bicara kopi, selain kita punya banyak brand lokal kita nggak bisa nggak menyebutkan nama Starbucks. Brand yang satu ini seperti sudah melekat di kepala banyak orang. Beberapa tahun lalu, ketika belum banyak brand kopi lokal yang populer, seringkali TS dengar temen ngajakin "Nge-bucks yuk!" gitu. Awalnya nggak pernah ngerti sama istilah itu makanya pas pertama kali ke Starbucks TS juga agak kaget dengan pilihan ukuran minuman yang ada di sana.

Tall - Grande - Venti.

TS sama sekali nggak ngerti makna dari kata-kata itu tapi yang pasti maksudnya adalah Regular - Medium - Large. Pas baru pertama kali ke Starbucks, ketika ditanya "Ukurannya mau yang mana kak?" pasti jawabannya "Yang regular aja."

Padahal size itu nggak ada di menu. Adanya Tall. Dan mbak atau mas Starbucks-nya pasti ngebales dengan "Yang Tall ya."

1. Sejarah pemberian nama ukuran cup Starbucks



Pemberian nama Tall - Grande - Venti ini ternyata ada sejarahnya. Jadi dulu katanya chairman dan CEO Starbucks Howard Schultz pernah liburan ke Italia di sekitar tahun 1983. Di sana dia sangat kagum dengan bar-bar kopi yang memberikan kesan romantis. Makanya ketika dia membangun kedai kopinya sendiri di Amerika yang bernama Il Giornale, banyak sekali elemen Italia yang ditampilkannya di sana. Alasannya sih karena Schultz nggak ingin punya image yang sama dengan kedai kopi kebanyakan. Dia ingin memunculkan sesuatu yang lebih eksotik dari sekedar secangkir kopi.

Karena sudah cinta banget sama konsep Italia dan desain kedai kopinya yang juga dibuat se-Italia mungkin, akhirnya Schultz menggunakan nama-nama yang berbeda dari Bahasa Inggris untuk minuman yang djualnya di sana. Akhirnya muncul nama-nama seperti Macchiato, Latte, dan Grande.



Ketika Il Giornale akhirnya menjadi Starbucks yang kita kenal sekarang, nama-nama yang berasal dari Italia tadi tetap ada. Nah di tahun 90-an lah pertama kalinya muncul ukuran-ukuran minuman yang sekarang sudah awam di kuping para pecinta Starbucks: short, tall, grande.

Short dulu digunakan untuk ukuran terkecil. Tall adalah ukuran medium. Sementara Grande adalah ukuran terbesar.

Lalu diperkenalkan ukuran lain yaitu Venti yang akhirnya menggeser ukuran-ukuran yang sudah ada. Short tidak lagi digunakan sebagai ukuran gelas paling kecil dan digantikan oleh Tall (tapi masih ada store Starbucks yang menyediakan cup Short di beberapa lokasi). Berturut-turut Grande pun berubah jadi ukuran Medium dan Venti berubah jadi ukuran Large.



Penjelasan detail ukuran cup Starbucks

Short

Dulunya Starbucks menyediakan ukuran Short (yang sekarang digantikan oleh Tall). Tapi seperti yang disebutkan di atas, masih ada beberapa store yang menyediakan ukuran ini. Yang kamu perlu lakukan adalah bertanya, GanSis. Short adalah takaran berisi 8 oz minuman dengan satu shot espresso untuk kopi.

Tall

Ukuran ini adalah yang terkecil di Starbucks pada umumnya saat ini dengan takaran 12 oz. Minuman dengan ukuran Tall di Starbucks seperti latte atau macchiato berisi single shot espresso, tapi tentu saja kamu bisa minta extra shot untuk rasa kopi yang lebih strong.

Grande

Ini adalah ukuran minuman medium di Starbucks yang berisi 16 oz untuk minuman panas atau dingin. Kalau kamu memesan minuman kopi berukuran Grande kamu akan mendapatkan dua shot espresso.



Venti

Starbucks membedakan Venti untuk minuman panas dan minuman dingin mereka. Untuk minuman panas takarannya 20 oz sementara untuk minuman dingin 24 oz. Minuman dingin punya takaran lebih besar karena harus ditambahkan es batu di dalam kemasan minumannya.

Minuman kopi dingin berukuran Venti disajikan dengan tiga shot espresso. Sementara minuman panas hanya dua shot espresso, kecuali kamu minta tambahan shot.

Trenta Cold

Starbucks sebenarnya punya juga ukuran minuman dingin yang lebih besar berisi 31 oz. Biasanya disajikan untuk iced coffee atau cold brew coffee. Tapi memang nggak semua Starbucks menyediakan ukuran ini, hanya di beberapa store tertentu saja.

Nah, semoga kamu belajar hal baru ya GanSis!



Spoiler for Reference:


vly69ceuhettytien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
42.3K
127
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.