• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bukan Sekedar Pajangan, Jadi Ini Fungsi Box Hitam Di CVT Motor Matic Honda

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Bukan Sekedar Pajangan, Jadi Ini Fungsi Box Hitam Di CVT Motor Matic Honda
Kalau kalian pengguna motor matic Honda pasti sudah tidak asing dengan bentuk kotak box dibelakang CVT seperti foto dibawah ini. 

Yang mengira box ini hanya sekedar pajangan, ternyata ada fungsinya loh.
Posisinya memang mepet banget dengan ban belakang, dan letaknya juga paling belakang dibagian CVT…daripada mengira-ngira mending kita lihat langsung jawaban dari pihak AHM.

"Di dalam kotak hitam itu terdapat wheel speed sensor atau umumnya dikenal sebagai sensor kecepatan," buka Endro Sutarno, technical service division AHM, seperti yang dikutip dari gridoto.com(19/9/2019).

Lantas bagaimana cara kera sebuah speed sensor ini?

"Jadi speed sensor akan menangkap putaran gardan yang memutar roda belakang, informasi kecepatan itu diteruskan ke speedometer," jelasnya saat ditemui di Astra Honda Traning Center (AHTC) Sunter, Jakarta Utara.



Sedangkan fungsi dari box kotak tersebut hanya sekedar untuk melindungi alat dari kotoran dan debu yang masuk.

"Itu untuk melindungi saja speed sensor dari kotoran atau percikan air," pungkas Pordiman, mekanik bengkel spesialis matic, Takutic.

Kalau kalian amati, sebagian besar motor matic Honda sudah pakai sensor speed seperti ini, jadi tidak pakai kabel yang menjalar dibagian roda depan lagi. Sisi positifnya penempatan sensor speed disini juga lebih awet daripada model kabel diroda depan motor. Karena komponen tidak langsung bersentuhan dengan faktor luar seperti terkena banjir, gampang getas dan sebagainya.

Tapi harap hati-hati juga posisi box ini cukup rawan, amit-amit motor tertabrak dari belakang apesnya bisa langsung menghantam box sensor speed ini. Dan bagi agan-agan yang mau modifikasi motor, lebih baik jangan sekali-kali lepas cover box hitam tersebut...ya kalau pengen awet mending gak perlu diapa-apain deh.



Kalau sensor sampai kenapa-kenapa apalagi rusak, harga baru khusunya part ori sensor ini juga lumayan gan...sampai raturan ribu. Sedangkan tutup cover hitamnya banyak yang jual baik aftermarket maupun ori dengan range harga 50 ribuan.

Bagi yang penasaran sekarang sudah jelas kan fungsi dari box hitam dibelakang CVT itu untuk apa.
diemasp
diemasp memberi reputasi
1
5.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.