• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya

benben98
TS
benben98
Nggak Selamanya Hobi Ngegosip itu Buruk! Ini nih 4 Manfaatnya


Siapa sih yang nggak pernah gosip? Apalagi para cewek-cewek nih, yang kalo udah ngumpul, rasanya nggak enak kalo nggak ngegosip. Kebiasaan bergosip memang dinilai buruk bagi banyak orang. Yaa, siapa sih yang suka diomongin dari belakang? Tapii, ada kabar baik nih buat kalian yang hobinya ghibah.

Ternyata ngegosip itu banyak manfaatnya! Terutama dari sisi psikologis.



Yap, menurut peneliti dari University of Pavia di Italia, seperti dilansir dari Hello Sehat, bergosip bisa meningkatkan kadar oksitosin, atau yang dikenal dengan sebutan hormon cinta. Hormon ini bisa membangun ketenangan, kebahagiaan, serta stabilitas psikologis.

Kadar oksitosin akan meningkat  setelah orang bergosip, dan nggak akan dirasakan saat melakukan pembicaraan normal.Bagi para wanita, sebuah penelitian dari University of Michigan membuktikan kalau ngegosip itu juga bisa meningkatkan hormon progesteron yang bisa membuat seseorang jadi lebih bahagia.

Selain itu, ini dia 5 manfaat lain ngegosip, yang dilansir dari Psychology Today :

1. Menimbulkan kerjasama dan pertemanan yang erat



Para peneliti di Universitas Stanford menemukan kalau kebiasaan bergosip akan membuat seseorang lebih banyak mempelajari karakter dan tingkah laku lawan bicara mereka.
Mereka yang dinilai kooperatif, sejalan, dan sepemikiran  pun akan menjalin kerjasama dan pertemanan yang semakin erat. Sebaliknya, mereka yang kelihatan egois dari cara mereka bergosip, bakal disingkirkan, karena bisa memperburuk pertemanan.

2. Bisa mengeluarkan unek-unek



Tau kan, kalo perasaan yang dipendam itu nggak baik, dan kalo disimpan terlalu lama bisa berujung pada stres. Makanya, segala kekesalan dalam hati itu harus dikeluarin, salah satunya dengan cara gosip! Kadang, keinginan untuk gosip itu bukan cuma untuk ngomongin seseorang yang kita sebelin, tapi juga untuk ngomongin masalah-masalah dalam hati kita dan mencari solusinya.

3. Mendorong pengembangan diri



Nggak semua gosip itu negatif kok! Kita juga bisa membicarakan sisi positif orang lain saat bergosip, yang secara nggak langsung, bisa memberikan motivasi pada diri sendiri. Tapi, gosip yang negatif pun tetap bisa mendorong kita buat berkembang. Kita bisa belajar untuk nggak jadi seperti orang yang kita omongin, misalnya. Atau, karena kita nggak mau digosipin sama orang lain, kita jadi berusaha buat menjaga sikap kita setiap saat.

4. Mengurangi stres



Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford, kegiatan ngegosip bisa menurunkan tingkat kecemasan. Dalam sebuah eksperimen, ditemukan kalau seseorang akan mengalami stres dan peningkatan denyut jantung ketika melihat tingkah laku buruk orang lain. Namun,rasa stres tersebut akan segera hilang saat mereka menceritakan apa yang mereka lihat.

Jadi, next time ada yang komplain kalo kerjaan kalian ghibah mulu, bilang aja kalian lagi menjaga kesehatan mental kalian.


Spoiler for sumber:


aapuuxxArialUriNami
UriNami dan 4 lainnya memberi reputasi
5
5.5K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.