News
Batal
KATEGORI
link has been copied
382
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8de63265b24d4e0e7c76f8/bedah-ruu-kuhp-ayo-biasakan-baca-pasal-jangan-cuma-sepotong-sepotong
Melalui thread ini, saya akan mencoba share sedikit yang saya ketahuai mengenai RUU KUHP, yang beberapa hari ini menjadi polemik di masyarakat. Disini saya nggak akan menunjukkan sisi pro atau kontrany.
Lapor Hansip
27-09-2019 17:36

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Past Hot Thread
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Quote:
Melalui thread ini, saya akan mencoba share sedikit yang saya ketahuai mengenai RUU KUHP, yang beberapa hari ini menjadi polemik di masyarakat. Disini saya nggak akan menunjukkan sisi pro atau kontranya, tapi simply ingin mengedukasi Agan/Sista yang mungkin sama sekali belum memahami persoalan ini atau hanya mengetahuinya hanya sepotong-sepotong melalui sosial media.


Quote:
Quote:
APA ITU KUHP?



Quote:
Quote:
KENAPA KOK MAU DIGANTI?



Quote:
Quote:
SEBERAPA BESAR PERUBAHANNYA?



Quote:
Quote:
KENAPA BANYAK YANG MENOLAK RUU KUHP?



Quote:
Quote:
KUMPUL KEBO DIPIDANA?



Quote:
Quote:
SUAMI MEMPERKOSA ISTRI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
UNGGAS BERKELIARAN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
WANITA PULANG MALAM DIPIDANA?



Quote:
Quote:
MENGKRITIK PRESIDEN DIPIDANA?



Quote:
Quote:
KORBAN PERKOSAAN JIKA ABORSI DIPIDANA?



Quote:
Quote:
PELAKU SANTET BISA DIPIDANA?



Quote:
Quote:
ANCAMAN PIDANA KORUPTOR DIKURANGI?



Quote:
Demikian penjabaran mengenai pasal-pasal RUU KUHP yang banyak menuai kontroversi di masyarakat, semoga bermanfaat bagi Agan/Sista sekalian.

Sekali lagi, disini saya nggak akan membahas pro atau kontranya, karena sejatinya kita sama-sama masih belajar. Namun saya berharap dalam proses belajar tersebut kita membiasakan diri untuk membaca secara keseluruhan, bukan hanya sepotong-sepotong aja.

Sebagai penutup, bagi Agan/Sista yang masih ada ganjalan dengan pasal-pasal diatas santuy ngga perlu emosi. Silahkan dibabar alasan keberatannya, kasih masukan bagaimana seharusnya dan bagian mana yang masih perlu direvisi? Jangan cuma koar-koar tanpa ada sumbangsih apapun.


Ayat pertama yang diturunkan Allah SWT
adalah “iqra” yang artinya membaca.


Be Smart KASKUSer!


Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!

Referensi :
RUU KUHP Edisi September 2019
UU Kesehatan No. 36/tahun 2009
Peraturan Pemerintah No. 31/Tahun 1980
UU KDRT No. 23/Tahun 2004
Kamus Besar Bahasa Indonesia



Diubah oleh vitawulandari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anonim238 dan 113 lainnya memberi reputasi
108
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 20
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 09:48
ok mo tanya serius...pasal hewan tadi.
TS bilang itu mengakomodir suara petani..ini pasal kayak pasal seltbelt,,gak pakai kena tilang,,seberapa parah unggas makan hasil panen Petani..emang gak di jaga..emang ru unggas gak di kasih makan ..emang mo peliahara unggas cuma di kanadang sempit terus.gak bisa berkembang,,,....emang dan emang banyak lagi.

gak kelar kelar debat gak mutu gini..bro pernah ke desa gak sih..ato yg bikin UU pernah jadi orang DESA gak ??..
profile-picture
profile-picture
mexsivi dan pejuang17 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
Lapor Hansip
28-09-2019 09:51
Balasan post arieejack
Quote:Original Posted By arieejack
ok mo tanya serius...pasal hewan tadi.
TS bilang itu mengakomodir suara petani..ini pasal kayak pasal seltbelt,,gak pakai kena tilang,,seberapa parah unggas makan hasil panen Petani..emang gak di jaga..emang ru unggas gak di kasih makan ..emang mo peliahara unggas cuma di kanadang sempit terus.gak bisa berkembang,,,....emang dan emang banyak lagi.

gak kelar kelar debat gak mutu gini..bro pernah ke desa gak sih..ato yg bikin UU pernah jadi orang DESA gak ??..


pernah punya kebun sawit ? kalo belom buruan bikin kebun sawit nanti lu tau fungsi tu RUU
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
Lapor Hansip
28-09-2019 10:12
Balasan post arieejack
@bata.aku.yes makanya itu bro,,karena UU itu berlaku umtuk semua,bukan beberapa petani saja..
saya orang jawa gak ada kebun besar,,tapi ada lahan cukup buat lapangan bola..ditanami hasil buah2an,,kalomasalah dimasukin binatang,,itu LAZIM dan lumrah,bagi masyarakat kami yg TOLERAN..
profile-picture
astrophel memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 10:18
Media berita sepertinya ikut andil besar untuk membuat masyarakat ricuh. liat aja judulnya di k*mpas, d*tik apalagi tr*bun. klik bait bngt.
Diubah oleh wisnup451r
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 10:28
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
https://kask.us/iDbxp


duh, gara-gara kemaren kemakan berita sampah klik bait. jadi malu aku
😅😬. Untungnya gak sampe ikut demo bar-bar. 😆

tapi, tapi RUU KPK? "to be continued.."
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 10:37
Quote:Original Posted By arieejack
ok mo tanya serius...pasal hewan tadi.
TS bilang itu mengakomodir suara petani..ini pasal kayak pasal seltbelt,,gak pakai kena tilang,,seberapa parah unggas makan hasil panen Petani..emang gak di jaga..emang ru unggas gak di kasih makan ..emang mo peliahara unggas cuma di kanadang sempit terus.gak bisa berkembang,,,....emang dan emang banyak lagi.

gak kelar kelar debat gak mutu gini..bro pernah ke desa gak sih..ato yg bikin UU pernah jadi orang DESA gak ??..


Udah di jawab gan, itu delik aduan..
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 11:28
Quote:Original Posted By wisnup451r
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
https://kask.us/iDbxp


duh, gara-gara kemaren kemakan berita sampah klik bait. jadi malu aku
😅😬. Untungnya gak sampe ikut demo bar-bar. 😆

tapi, tapi RUU KPK? "to be continued.."


Kalo logika ane nih gan sebagai orang awam, ruu itu kan produk hukum, produknya aja belum keluar gimana kita bisa tau kalau produk itu gagal/sukses??

Indikatornya harusnya terasa kok di masyarakat nantinya, apa setelah produk itu keluar ekonomi semakin ancur, pembangunan banyak yg mangkrak, program pemerintah banyak yg ga jalan, jurang kemiskinan semakin dalam dll, kan berarti produk itu gagal, koruptor semakin ga tersentuh ya wajar nanti kalo masyarakat nuntut revisi lagi/produk uu baru lagi..

Masalahnya kan produknya aja blom keluar ya.

Harusnya kl berpotensi melemahkan n merugikan masyarakat, professor2 hukum, guru2 besar lebih bersuara kalo perlu undang dialog di media adu argumen.
Diubah oleh irvan84
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 11:29
mantep penjelasannya
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 11:50
jelas banget jdnya ya...makasih lho ts emoticon-Cendol Gan
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 11:58
Di KUHP lama kalau pencurian dihukum 5 th atau denda 900 perak...kenapa banyak yg dipenjara ya???
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 12:11
Quote:Original Posted By bata.aku.yes
coba hotman suruh bikin kebun sawit nanti dia bakalan tau itu fungsi pasal ternak.


Hotman jg protes keras soal pidana mati, pertanahan, zina, praktisi hukum sekelas hotman paris bs protes keras apakah RKUHP ini masih tidak ada yg salah? emoticon-Leh Uga
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 12:12
Setelah baca jadi tau pasal ayam, tapi tetep ngga setuju si, sekeda tau. Ngga semua yg tinggal di desa itu petani! Ada buruh, ada tukang, ada kuli dll. Pasalnya memang masuk akal kalo buat petani, tapi hanya petani. Lh kalo buat kuli macam saya, jelas merugikan. Sekeda ngasih tau, orang kampung miara ayam itu seperti investasi, kalo2 tiba2 butuh duit tinggal jual ayam. Menurut saya pasal ini ga bisa di pake merata di setiap wilayah indo. Yg tinggal di kampung saya ga semua petani. Mungkin kalo di jadin perda dan di terapin yg banyak petaninya bisa lebih masuk akal.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 12:31
Quote:Original Posted By Bibalinhgum
Ayam Bebek


Masa sih, ane buktinya anak desa, dan anak-anak di desa ane ngakak kesel pas baca RUU perayam/bebek-an macem ini.

Kasian soalnya kalo yg punya ayam itu cuma buat konsumsi pribadi, yg jumlah ayamnya masih bisa ditung jari. Intinya yg punya ayam itu golongan ekonomi rendah/kekurangan. Terus singkatnya dilaporin lah (yg ngelaporin ini biasanya si otomatis orang yg berduit lah emoticon-Ngacir). Abis itu diproses di kepolisian. Dan akhirnya kena denda kisaran 10jt kebawah. emoticon-Hammer

Ngeri amat, kesannya malah kayak orang² k**a yang identik individualis maen lapor ke pihak berwajib. Kalo di pedesaan, konsep kekeluargaan dalam penyelesaian masalah antar tetangga/warga itulah yg menurut ane terancam dengan adanya peraturan macem ini.


Quote:Original Posted By arieejack
ok mo tanya serius...pasal hewan tadi.
TS bilang itu mengakomodir suara petani..ini pasal kayak pasal seltbelt,,gak pakai kena tilang,,seberapa parah unggas makan hasil panen Petani..emang gak di jaga..emang ru unggas gak di kasih makan ..emang mo peliahara unggas cuma di kanadang sempit terus.gak bisa berkembang,,,....emang dan emang banyak lagi.

gak kelar kelar debat gak mutu gini..bro pernah ke desa gak sih..ato yg bikin UU pernah jadi orang DESA gak ??..


Quote:Original Posted By mexsivi
Setelah baca jadi tau pasal ayam, tapi tetep ngga setuju si, sekeda tau. Ngga semua yg tinggal di desa itu petani! Ada buruh, ada tukang, ada kuli dll. Pasalnya memang masuk akal kalo buat petani, tapi hanya petani. Lh kalo buat kuli macam saya, jelas merugikan. Sekeda ngasih tau, orang kampung miara ayam itu seperti investasi, kalo2 tiba2 butuh duit tinggal jual ayam. Menurut saya pasal ini ga bisa di pake merata di setiap wilayah indo. Yg tinggal di kampung saya ga semua petani. Mungkin kalo di jadin perda dan di terapin yg banyak petaninya bisa lebih masuk akal.


Woi tong! Kalau kau merasa kere alias ekonomik rendah, daripada takut bayar dendak mending pitik2 kau kasih makan dan kandangin yg benar. Jangan sampai masuk ke lapak orang! emoticon-Ngakak

Yg begini saja otak kau tak nyampek! emoticon-Ngakak
0 0
0
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 12:35
Quote:Original Posted By yoseful
agan sebaiknya jgn hny bc bnyk pasal2 yg bagus aja dlm ruu kuhp 2019 ini.... ada sebab akibat knp ada bnyk pasal2 kontroversial ini, gan.... knp itu bs di sebut sbg pasal kontroversial, salah satu nya bukan tuk mlindungi privasi agan tp mlh ikut campur terlalu jauh ke dlm privasi agan..... emoticon-Cape d...


Kau pasti kampret garis keras, akuk liat semua pasal kau anggap salah! emoticon-Ngakak

Cobak kau nyalon dewan bray, siapa tauk bacotan kau lebih di dengar! emoticon-Ngakak
profile-picture
qqklers memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 13:03
Wah lengkap banget ini. Titip sendal ah buat dibaca ulang sekalian izin share

@vitawulandari mod kalo menurut momod ruu kpk itu emang bener ngelemahin ga? Sekalian dong bikin tritnya buat jadi bahan bacaan sama perbandingan emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh jip ajip
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 13:10
bagi yang suka nongkrong di cafe dan aktif di PUBG serta selfie-selfie pasti berat untuk membaca secara lengkap dan memahaminya. ngantuk langsung mereka lihatnya.

akhirnya dipotong-potong lah kalimatnya untuk dijadikan bahan provokasi mereka dalam rangka memojokkan pihak-pihak yang tidak disukai.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 13:29
Gak naek ht sih kebangetan emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 13:58
Quote:Original Posted By arieejack
@bata.aku.yes makanya itu bro,,karena UU itu berlaku umtuk semua,bukan beberapa petani saja..
saya orang jawa gak ada kebun besar,,tapi ada lahan cukup buat lapangan bola..ditanami hasil buah2an,,kalomasalah dimasukin binatang,,itu LAZIM dan lumrah,bagi masyarakat kami yg TOLERAN..

Toleran? Masalahnya nggak semua manusia memiliki sifat positif sepertimu.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
1 0
1
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 14:00
@vitawulandaripanjang lebar kaujelaskan tetap nggak mengubah fakta mayoritas awam yang terlanjur menelan framing dari kubu penolak karena memang tingkat literasi kita rendah. Bukan aku yang bilang, tapi laporan World's Most Literate Nations yang menyatakan Indonesia darurat literasi, khususnya membaca.

Dongeng tentang masalah hubungan seksual pasutri, penelantaran anak, sampai ayam tetangga sudah memengaruhi mayoritas awam karena penggiringan opini semacam itu justru terbangun oleh orang-orang non-Hukum. Wajar sih karena sama seperti dokter, rasio praktisi hukum dan populasi masih pincang. Alhasil kaum sok tahu yang unjuk gigi memanfaatkan panggung.

Aku pribadi menolak RKUHP dalam beberapa poin. Nggak semuanya. Terutama pasal karet. Ada beberapa yang istimewa dan kemungkinan besar bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan. Mungkin lebih tepatnya "Revisi Pasal Karet RKUHP", bukan "Menolak RKUHP". Sulit juga meragukan akademisi dan profesor hukum yang sudah menggodok bertahun-tahun dalam rentang tujuh Presiden.

Masalahnya kurang sosialisasi saja. Seharusnya ada penjelasan detail terkait pasal-pasal multitafsir. Istilah hukumnya memorie van toelichting. Contoh saat Pemerintah Hindia Belanda menerbitkan Koeli Ordonantie yang mengatur UU terkait pekerja kontrak. Salah satunya memuat poenale sanctie (hukum pidana) tentang kasus pembunuhan sesama pekerja kontrak yang marak ketika itu.

Para administratur perkebunan bersama opas-opas terjun langsung ke lapangan melakukan sosialisasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Bedah RUU KUHP, Ayo Biasakan Baca Pasal Jangan Cuma Sepotong-Sepotong!
28-09-2019 14:58
Quote:Original Posted By arieejack
ok mo tanya serius...pasal hewan tadi.
TS bilang itu mengakomodir suara petani..ini pasal kayak pasal seltbelt,,gak pakai kena tilang,,seberapa parah unggas makan hasil panen Petani..emang gak di jaga..emang ru unggas gak di kasih makan ..emang mo peliahara unggas cuma di kanadang sempit terus.gak bisa berkembang,,,....emang dan emang banyak lagi.

gak kelar kelar debat gak mutu gini..bro pernah ke desa gak sih..ato yg bikin UU pernah jadi orang DESA gak ??..


Ane mau share pengalaman ajalah

Dlu tahun 2009 tuh di kalsel rame banget gan jual bibit karet yang udah di okulasi seingat ane hargax 5000 / pohon

Nah jadi tuh btangx udah tumbuhkan, ternyata dimakanin pucuk dan batangx yang baru tumbuh tu sama sapi tetangga .

Si korban minta ganti dong soalx rugi juga kan .ternyata tetangga itu gak mau alasannya sih "ya karena dia sapi "
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Halaman 9 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia