• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Didemo Mahasiswa, Anggota DPR Ini Ternyata Dulunya Aktivis 98. Ada Fadli Zon Juga!

malaikatrinduAvatar border
TS
malaikatrindu
Didemo Mahasiswa, Anggota DPR Ini Ternyata Dulunya Aktivis 98. Ada Fadli Zon Juga!

Gambar: JPNN

Demo di Ibukota meledak. Demostran yang mayoritas mahasiswa tumpah ruah ke jalanan. Mereka menuntut keadilan terhadap pasal-pasal kontroversial RUU KUHP dan juga upaya pelumpuhan KPK. Sudah dua hari sejak kemarin, demo terus berlanjut tanpa henti bahkan meski sudah larut sekalipun. Jika melihat informasi yang beredar dari media masa terkemuka, demo masih terus berjalan. Padahal menurut peraturan, unjuk rasa hanya bisa dilakukan sampai 18.00 WIB.

Ada hal menarik yang belakangan ini dikeluarkan oleh para netizen, yakni foto-foto lawas para anggota DPR saat ini yang ternyata mereka dahulunya merupakan aktivis 98. Siapa saja ya, Gan Sis? Yuk, cek satu persatu!


1. Fadli Zon
Sering membuat pernyataan yang menjengkelkan sebagian rakyat Indonesia, utamanya yang pro kepada pemerintah, membuat Fadli Zon sering dihujat oleh para netizen. Bahkan, belakangan ini ada puisi body shamingdari salah akun di Twitter sebagai balasan atas puisi-puisi yang dilontarkan Fadli Zon kepada pemerintah, baik yang disampaikan secara gamblang atau secara konotatif. Namun ternyata, siapa sangka jika Fadli Zon ini merupakan salah satu dari aktivis 98. Berikut adalah foto Fadli Zon saat berunjuk rasa tahun 1998.


Gambar: Tribun Jabar


2. Fahri Hamzah
Selain Fadli Zon, anggota DPR yang dulu bagian dari aktivis 98 adalah Fahri Hamzah. Fadli Zon dan Fahri Hamzah sering disebut sahabat seperjuangan sejak dahulu di masa masih sebagai aktivis Orde Baru hingga kini mereka berdua menjadi wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Foto berikut merupakan foto Fahri Hamzah dahulu saat menjadi demonstran 98.


Gambar: Pinter Politik


Sedangkan foto berikut merupakan dokumentasi persahabatan Fadli Zon dan Fahri Hamzah yang sudah terajut sejak masih muda. Foto ini dibagikan langsung oleh Fadli Zon di akun Twitter pribadinya


Gambar: Twitter/Fadli Zon


3. Adian Yunus Yusak Napitupulu

Lelaki yang lebih biasa dipanggil Adian Napatipulu ini memang terkenal sebagai bagian dari aktivis 98. Dulu, dia sangat getol menyuarakan kritik keras kepada Soeharto di rezim Order Baru. Alhasil, Adian jadi sering bolak-balik masuk jeruji besi.

Kini, Adian menjabat sebagai anggota DPR dari fraksi PDIP dan mewakili dapil Jawa barat V. Pada Pileg 2019, Adian kembali mencalonkan diri dari dapil Jawa Barat V (Bogor). Dia berhasil dengan memperoleh 80.228 suara.


Gambar: Merdeka


4. Budiman Sudjatmiko

Budiman Sudjatmiko merupakan buruan utama rezim Soeharto. Hal ini karena dirinya merupakan aktivis 98 yang gencar mengkritik keras pemerintahan Orde Baru. Budiman pun menjadi "nomaden" untuk menghindari kejaran aparat. Namun pada tahun 1996, dia beserta kawan-kawannya ditangkap dan diadili dengan tuduhan makar. Vonis 13 tahun penjara dijatuhkan. Kemudian pada era Presiden Gus Dur, Budiman dan rekan seperjuangnnya dibebaskan. Kini, dia menjabat sebagai anggota DPR tahun 2009-2014 dan terpilih lagi untuk periode 2014-2019.


Gambar: Kumparan


5. Desmond Junaidi Mahesa

Desmond Junaidi Mahesa menjabat sebagai Ketua Lembaga Bantuan Hukum Nusantara (LBHN) ketika menjadi bagian dari aktivis 98. Dia pernah diculik dan diinterograsi atas segala aktivitasnya. Sehari kemudian, keberadaannya tak dapat diketahui. Selain Desmond, Pius Lustrilanang dan Haryanto Taslam juga menjadi korban penculikan.


Ganbar: News.detik


Nah, itulah para anggota DPR yang kini ditentang oleh masyarakat terkait RUU KUHP dan upaya pelemahan KPK, yang ternyata dahulu merupakan aktivis 98 yang menuntut keadilan! Bagaimana menurut Agan & Sista? Yuk komentar di bawah!

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh malaikatrindu 26-09-2019 01:06
zafinsyurga
tien212700
bukan.bomat
bukan.bomat dan 31 lainnya memberi reputasi
32
17.3K
215
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.