News
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8d5cbe018e0d3e561dc1c9/ananda-badudu-ditangkap-dandhy-laksono-dijadikan-tersangka
Polisi menangkap Ananda Badudu, penghimpun dana publik untuk aksi 23-24 September 2019, di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta. Ananda dijemput Jumat (27/9/2019) dini hari.
Lapor Hansip
27-09-2019 07:50

Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka

Past Hot Thread
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
Dandhy Dwi Laksono, di kantor WatchdoC, kawasan Pondok Gede, Bekasi, Kamis (18/4/2019).
Polisi menangkap Ananda Badudu, penghimpun dana publik untuk aksi 23-24 September 2019, di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta. Ananda dijemput Jumat (27/9/2019) dini hari.

Lewat akun media sosialnya, Ananda menyatakan dijemput polisi, karena mentransfer sejumlah dana kepada para mahasiswa yang menggelar aksi kemarin. Dalam rekaman instastory yang diunggah Ananda, tampak beberapa polisi berpakaian sipil mengaku dari Polda (Metro Jaya) mendatangi tempat tinggalnya.

Wakil Koordinator KontraS Feri Kusuma, kolega yang mendampingi Ananda saat ditangkap, membenarkan Ananda ditangkap. "Iya (Ananda Badudu ditangkap), ini lagi (di) Resmob," kata Feri ketika dihubungi Kompas.com, Jumat pagi.

Mereka menolak direkam, dan menunjukkan surat penangkapan. Hingga berita ini ditulis, belum ada informasi lanjut tentang penangkapan Ananda.

Ananda selama ini aktif menghimpun dana untuk kebutuhan para pendemo. Lewat platform urun dana bersama, Kitabisa. Dana yang terkumpul sudah mencapai Rp175 juta dan baru terpakai Rp38 juta. Pengeluaran terbesar untuk kebutuhan konsumsi, ambulans, dan kesehatan.

Feri mengatakan dia tengah mengecek lebih lanjut mengenai dugaan tindak pidana beserta pasal yang disangkakan. "(Ditangkap karena mentransfer dana ke mahasiswa) itu masih dugaan. Kami belum lihat surat penangkapannya. Ini masih kita cek," tutur dia.

Selain Ananda, jurnalis dan pembuat film Dandhy Laksono turut ditangkap, pada Kamis (26/9/2019) malam. Dandhy ditangkap karena cuitannya tentang Papua.

Menurut istri Dandhy, Irna Gustiawati suaminya ditangkap pukul 22.45, tak lama usai pulang. "Pukul 22.45 ada tamu menggedor pagar rumah lalu dibuka oleh Dandhy," ujar Irna, seperti dikutip dari Kompas.com. Rombongan yang dipimpin seorang bernama Fathur itu lalu menangkap Dandhy karena unggahan mengenai Papua dan membawanya ke Polda Metro Jaya.

Cuitan yang dipersoalkan itu diunggah pada Senin (23/9/2019), berisi foto dua korban di Papua.

Foto 1, Mahasiswa Papua yang eksodus dari kampus-kampus di Indonesia, buka posko di Uncen. Aparat angkut mereka dari kampus ke Expo Waena. Rusuh. Ada yang tewas. WAMENA

Foto 2, Siswa SMA protes sikap rasis guru. Dihadapi aparat. Kota rusuh. Banyak yang luka tembak.

Cuitan itu dicuit ulang hingga 1.300 kali dan mendapat 900-an like.

Usai diperiksa beberapa jam dan diberondong 44 pertanyaan, Dandhy dilepaskan. Dandhy ditangkap karena diduga melanggar Pasal 28 ayat (2), jo Pasal 45 A ayat (2) UU No.8 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 14 dan Pasal 15 No.1 tahun 1946 tentang hukum pidana.

Pengacara Dandhy, Alghiffary Aqsa menyatakan Dandhy jadi tersangka. "Kasusnya ada karena laporan dari polisi sendiri laporan tipe A, pelapor dari polisi," ujar Alghiffary saat dihubungi detikcom, Jumat (27/9/2019).

Alghif mengatakan, Dandhy mendapat banyak bantuan hukum atas kasusnya. "Ada banyak teman-teman yang datang, LBH Jakarta, YLBHI, Imparsial, KontraS, Walhi, Amar Law Firm," katanya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan dari polisi yang menangkap Ananda dan menyematkan status tersangka buat Dandhy.

Penangkapan ini memanen kritik. Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menilai penangkapan ini tak berdasar. "Penangkapan terhadap Dandhy ini bertentangan dengan kebebasan berekspresi dan berpendapat yang dijamin oleh konstitusi Indonesia," ujar Sekjen AJI Indonesia, Revolusi Riza, Jumat (27/9/2019).

Di media sosial, tagar #BebaskanAnandaBadudu #BebaskanDandhyLaksono bertengger di paling pucuk.
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ikan-tersangka

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka RUU PKS ditunda, nasib korban kekerasan seksual semakin terlunta

- Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka Kota dengan kualitas udara terbaik dan terburuk di dunia (Jumat, 27/09/2019)

- Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka DPR mengabaikan masyarakat, cuma melayani elite politik dan penguasa

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eShopSulis dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 8
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 13:43
Udahlah ga usah main sosmed, kalau sampai pemerintah tersinggung bisa2 langsung diciduk polkis.
Sepertinya Indonesia sedang otw menuju orba ver.2 emoticon-Tepuk Tangan
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 13:49
Kalau udah kek gini siapa yang mau di salahkan emoticon-Cape d...
jangan dibuka
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 14:05
kirain software dari cina, baidu
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 14:07
semoga 2 orang ini diberikan keselamatan sama YME.
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 14:07
untung sudah dibebaskan ananda...
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 14:18
Tenang, kalo emang gak salah dan gak ngglanggar UU ITE juga bakal bebas kok,
Semua ada aturannya, kritik pun demikian
Melontarkan kritik bebas, asal caranya juga benar
emoticon-Bettyemoticon-Betty
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 14:31
Quote:Original Posted By hawk
Bukan Hoax tapi fakta ambulans ada batu, untung diamankan klo ga berapa polisi yg bakal bocor palanya?
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka


Serang teruusss siapa yg bener siapa yg salah yg bacanya makin tambah bingung
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 14:50
dianggep provokator ya emoticon-Wow
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 14:51
udah waktunya copot si tito.
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
Lapor Hansip
27-09-2019 14:58
Balasan post e.saurus
Ga setuju kalo kondisi jadi adem gan @pdt.henderson?
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 15:46
emoticon-Sundul Up
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
27-09-2019 19:52

welcome to indonistan

hutan dibakar, ham dituduh jahat, menyebarkan kenyataan dituduh SARA, donasi buat aspirasi mahasiswa membela hak indonesia dianggap dana teroris, aktivis dan jurnalis dipenjara dan dipukuli

dana teroris pak ustad dianggap halal wtf emoticon-Cape d... (S) welcome to indonistan
profile-picture
firaga memberi reputasi
1 0
1
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
28-09-2019 05:23
Quote:Original Posted By salmino
Tenang, kalo emang gak salah dan gak ngglanggar UU ITE juga bakal bebas kok,
Semua ada aturannya, kritik pun demikian
Melontarkan kritik bebas, asal caranya juga benar
emoticon-Bettyemoticon-Betty


kalo deny siregar penyebar hoax ambulan bawa batu gmna bro..karena kubu ono..jadi bebas gitu?
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
28-09-2019 07:01
menarik sekali untuk di baca...sukses ya emoticon-Sundul Up emoticon-Traveller emoticon-Toast
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
28-09-2019 08:11
banyak juga bikin thread tentang ini...
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
28-09-2019 11:11
yg cuit cuit, yg bagi foto dan info tangkap semua, internetnya matiin aja biar damai gak ada kerjaan lagi si werengemoticon-Big Grin
0 0
0
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
Lapor Hansip
28-09-2019 11:14
Balasan post hawk
Quote:Original Posted By hawk


Bukan Hoax tapi fakta ambulans ada batu, untung diamankan klo ga berapa polisi yg bakal bocor palanya?
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka


nah ini kan goblog petugas pmi, atau emang suasana kacau balau sehingga dititipin barang gak jelas malah di terima, lagian kalo nyimpen kardus gak jelas dlm mobil ambulance kek gimana ya, semua ruang udah pas pas an
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
28-09-2019 11:26
Quote:Original Posted By firaga
nah ini kan goblog petugas pmi, atau emang suasana kacau balau sehingga dititipin barang gak jelas malah di terima, lagian kalo nyimpen kardus gak jelas dlm mobil ambulance kek gimana ya, semua ruang udah pas pas an


Jorok kotor juga campur kardus isi batu berdebu. Ruangan ambulans harusnya steril bersih
profile-picture
profile-picture
Moccacino.F1 dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Ananda Badudu ditangkap, Dandhy Laksono dijadikan tersangka
Lapor Hansip
28-09-2019 12:24
Balasan post hawk
Quote:Original Posted By hawk


Jorok kotor juga campur kardus isi batu berdebu. Ruangan ambulans harusnya steril bersih


ambulance gak harus steryl, bersih iya


tapi bawa barang yg bukan alat medis ambulance itu sendiri mau ditaruh dimana tuh, itu bakal sangat mencolok, kenapa petugas pmi membiarkannya
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia