• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Demo Mahasiswa Tuntut Pembatalan RUU KUHP dan UU KPK, Bukan Lengserkan Jokowi!

VolkswagenPutih
TS
VolkswagenPutih
Demo Mahasiswa Tuntut Pembatalan RUU KUHP dan UU KPK, Bukan Lengserkan Jokowi!


Walaupun matahari di Jakarta sedang cerah pada siang hari ini, namun tidak secerah respon pejabat kita dalam menyikapi penolakan mahasiswa tentang RUU KUHP dan UU KPK.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, merespon demonstrasi yang dilakukan mahasiswa berargumen bahwa jangan memaksa Presiden untuk menerbitkan Perppu KPK. Menurut Ngabalinseharusnya mahasiswa menempuh jalur judicial review di Mahkamah Konstitusi ketimbang menuntut Jokowi menerbitkan Perppu untuk membatalkan UU KPK yang baru.

Padahal jika berkaca pada sejarah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat itu menjabat sebagai Presiden RI ke-6 pada tahun 2009 pernah mengeluarkan Perppu Nomor 4 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Bisa dibilang, saat itu SBY lebih berani dibanding sikap dingin Jokowi saat ini.

Selain itu, yang juga membuat kecewa adalah respon dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. Yasonna menyebut RUU KUHP tidak dapat diulang atau diubah dari awal. Menurutnya, dalam membuat aturan tidak memungkinkan meminta persetujuan seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki berbagi kultur dan budaya. Padahal, walaupun masyarakat Indonesia memiliki perbedaan yang sangat beragam, namun akan sangat mustahil mayoritas masyarakat menyetujui berbagai RUU yang kontroversial tersebut. Kalau kalian bingung apa yang kontroversial, silahkan baca thread yang sudah pernah dibuat disini.



Memang tidak akan mungkin bisa menyeragamkan pandangan seluruh masyarakat Indonesia tentang RUU KUHP. Tapi, gerakan unjuk rasa mahasiswa dari berbagai daerah, yang juga didukung oleh elemen-elemen masyarakat lainnya adalah bukti konkret yang menunjukan bahwa berbagai RUU yang dirancang ini sangat ditentang oleh masyarakat dan secara sadar masyarakat menilai RUU ini jika disahkan akan menuai banyak polemik dikemudian hari.

Memang, pro dan kontra akan kerap terjadi dalam suatu pembahasan produk politik seperti Rancangan Undang-Undang (RUU). Dan, sah-sah saja jika kalian berada di pihak yang pro atau yang kontra. Namun jangan pernah sekalipun menggiring narasi bahwa bentuk kontra masyarakat atau mahasiswa terhadap RUU melalui demonstrasi adalah hal yang dianggap mengedepankan emosi dan mudah terprovokasi. Kenapa gue bisa bilang seperti itu? Karena agan @londo.046yang keren ini pernah membuat thread berjudul "Andai Jokowi Jatuh" yang di awal paragraf ketiganya berisi:

"Bagi yang mengedepankan emosi dan mudah terprovokasi, tanpa mau membaca situasi dan kondisi, ya mudah saja diajak aksi. Entah aksi itu muaranya kemana dan untuk kepentingan siapa, pokoknya aksi dulu. Narasi dibangun dengan tidak masuk akal."


Agan @londo.046memang sah-sah saja untuk berargumen apa saja, karena kita ini hidup dalam alam demokrasi yang bisa bebas berekspresi dan berpikir kritis. Namun, disini gue juga boleh dong untuk melawan balik argumen beliau dalam thread-nya tersebut.

Sebelumnya gue gak ada masalah dengan judulnya, agaknya akan menarik jika kita bisa berandai-andai kalau Presiden kita lengser. Tentunya akan menjadi sesuatu yang menyeramkan karena akan ada kekosongan sosok pemimpin yang potensial berdampak pada gejolak sosial, ekonomi, hingga politik. Contoh konkretnya ada tuh di Sudan yang sekarang ini sedang dalam krisis perang karena Presidennya digulingkan oleh militer setelah 30 tahun berkuasa.

Tapi, memangnya siapa yang mau melengserkan Presiden Jokowi? Kenapa harus berandai-andai Jokowi jatuh dari kursi kepresidenannya? Sebenarnya agan @londo.046 tahu gak sih apa yang dituntut mahasiswa dan rakyat kemarin itu?



Agan @londo.046yang super keren ini kemarin juga menulis dalam thread-nya yang mempertanyakan kondisi baru-baru ini mengenai bangsa yang menuntut Jokowi turun. Berikut kutipannya:

"Dari sini kan ujungnya jelas, Jokowi turun! Teriakan Jokowi turun pun menggema di jalan. Coba deh mikir sejenak, ada yang aneh tidak dengan kondisi hari ini?"


Disini gue penasaran, sebenarnya di jalan mana ada teriakan Jokowi turun yang disebut-sebutnya menggema itu? Karena dari pantauan gue dan buaaanyak sekali rekan gue yang ikutan aksi demonstrasi di Gedung DPR RI kemarin, narasi yang mereka suarakan dan perjuangkan adalah penolakan atas RUU KUHP dan menuntut Jokowi untuk menerbitkan Perppu yang membatalkan UU KPK yang baru saja disahkan.

Selain itu, gue juga sangat terusik dengan argumen @londo.046yang menyebut:

"Terus kalian yang hari berdemonstrasi jadi apa? Jadi dengkulnya reformasi kayak dulu? Bukan kesejahteraan yang kalian dapat, tapi menaikkan sengkuni pada posisi terhormat. Itu yang kalian mau? Mikir boss!!"


Gini gini adek @londo.046yang ane sayangi, yang mereka (mahasiswa) mau saat demonstrasi adalah pembatalan UU KPK terbaru dan juga menolak RUU KUHP. Bukan menaikkan sengkuni pada posisi terhormat. Jangan melenceng dari narasi yang dibawa mahasiswa, sebelum nulis mikir boss!! emoticon-Embarrassment

Gak cuma itu aja, @londo.046 yang sepertinya sangat cerdas ini juga menggiring isu banyak orang untuk menilai bahwa mahasiswa yang bergerak untuk demonstrasi adalah manusia yang pemalas dan hanya sekadar aksi tanpa membawa substansi yang jelas. Seperti ini katanya:

"Polanya sama. hembuskan isu, mainkan parlemen, gerakkan manusia-manusia yang malas mikir, yang penting aksi, chaos, ambil kekuasaan. Mau seperti itu terus? Lalu kapan akan mensejahterakan buruh, petani dan masyarakat mikin kota yang kalian dengungkan selama ini?"


This is so dumb. Diawal kalimat dia berargumen tanpa fakta yang jelas. Tapi gue masih berpikir positif, mungkin yang menjadi dasar @londo.046menulis seperti itu karena dia abis bertanya ke mahasiswa yang enggak jelas kampusnya. Tapi, gue rasa puluhan ribu mahasiswa yang unjuk rasa di berbagai daerah di Indonesia itu kagak malas mikir dan yang penting aksi aja. Karena sangat jelas kok substansi yang diperjuangkannya.

@londo.046 juga berargumen kalau kondisi seperti itu terus, mereka yang demonstrasi kapan mau mensejahterahkan butuh, petani, dan masyarakat miskin kota?

Well, lagi-lagi gue harus bilang @londo.046 ini gak mengerti apa-apa soal unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa kemarin. Ente tahu kalau RUU Pertanahan pasal 91 sangat potensial merugikan petani karena bisa memberikan legitimasi bagi aparat untuk memidanakan masyarakat yang ingin membela hak tanahnya? Gue rasa ente gak tahu.

Tahu juga kalau masyarakat miskin kota seperti gelandangan bisa dipidana denda 1 juta rupiah berdasarkan pada RUU KUHP pasal 432? Gue rasa ente gak tahu juga.

Dari sini aja gue udah bisa liat kalau @londo.046 sebenarnya gak tahu apa-apa soal narasi yang dibawa mahasiswa. Dia cuma berusaha mendiskreditkan perjuangan mahasiswa dan rakyat yang seakan-akan ingin Jokowi turun, padahal salah besar. Mahasiswa hanya membawa narasi yang menuntut DPR tidak mengesahkan RUU KUHP, dan menuntut Jokowi untuk menerbitkan Perppu membatalkan pengesahan UU KPK yang baru. Bukan yang lain.

Kalau memang menurut @londo.046 ada oknum yang menginginkan Jokowi turun dalam unjuk rasa yang diselenggarakan mahasiswa. Gue anggap itu informasi keliru yang dia terima. Dan, sayangnya dia gak klarifikasi dahulu fakta sebenarnya sebelum membuat thread imajinatif berjudul "Andai Jokowi Jatuh".

Kalau mahasiswa masih akan unjuk rasa di Gedung DPR, kayaknya ente @londo.046 harus ikut deh. Biar tahu narasi yang dibawa itu sebenarnya apa.
emoticon-Angkat Beer

Gak ada yang salah dengan kegiatan demonstrasi, karena kita dan semua masyarakat Indonesia hidup di alam yang menganut demokrasi. Melansir dari detikcom, Wakil ketua DPR RI. Fahri Hamzah aja menyambut baik adanya demonstrasi yang dilakukan mahasiswa.

"Sekarang mahasiswa harus tetap bergerak dan bergerak lah ke Senayan. Memang parlemen itu tempat demonstrasi. Makanya saya pernah usulkan adanya alun-alun demokrasi tempat rakyat Indonesia dan mahasiswa berdemo di Senayan. Tapi belum terlaksana karena banyak yang nggak paham," kata Fahri

Jadi, jangan alergi ya dengan demonstrasi.. emoticon-Wink

Sekian, semoga thread gue ini bisa mencerdaskan banyak orang.
emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh VolkswagenPutih 25-09-2019 08:14
ceuhettysebelahblogzafinsyurga
zafinsyurga dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.8K
47
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.