royani1975
TS
royani1975
5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu
Catatan Kumpulan Ide Masak Modal Rp 10 Ribu Tahun 2019



Sumber gambar www.liputan6.com


Memasak menu makanan bermodal 10 ribu rupiah saja? Bisakah? Tentu saja bisa. Seperti yang tadi diungkapkan, lengkapi dulu bahan-bahan pendukung di dapurmu lalu silakan praktikkan 5 menu berikut. Rekomendasi penulis buat anak kos atau siapa saja, boleh praktik hehehe.
 
Nah, supaya Gansis yang dimaksud mengenai bahan pendukung di sini adalah seperti : Gas, minyak goreng, tepung terigu dan aneka bumbu dapur selain bawang merah+putih, cabai, kemiri dan kawan-kawannya. Kecap dan aneka saus juga wajib ada di dapurmu sebelum mengeksekusi nukilan resep menu yang diberikan penulis ini.
 
Nah, Gansis sudah siap? Oh, ya yang anak kos wajib merapat nih. Sebab apa yang akan ditulis nanti bagus kalian tiru ketika uang gajian belum juga turun.
 
Maka, tanpa banyak kata langsung simak yuk!
 
1.      Tumis kangkung dengan balado telur dan tahu


 
Di kampung penulis, kangkung seikat masih boleh dibeli seharga Rp 2 ribu, ini harga paling mahal loh. Entah di tempatmu. Nah, sisa uang tadi bisa buat beli telur sebanyak ¼ kg sisanya buat beli tahu. Masih mendapat sekitar 5 buah. Tapi bila di tempatmu tidak bisa ya, baladonya tak usah memakai tahu ya. Resep bisa kamu cari di Google dan Youtube.
 
2.      Balado terung dan goreng ikan mujaer


 
Terong ungu di kampung penulis ¼ kg masih bisa dibeli seharga Rp 2.500,-. Sedangkan untuk ¼ kg ikan mujaer berisi 3 ekor seharga Rp 7.500,-. Gimana tempat Gansis? Sama tidak? Nah, dengan uang Rp 10 ribu kita sudah bisa makan sayur yang ditemani ikan.
 
3.      Orek tempe dan sayur bening


 
Ini mungkin lebih masuk akal ya, masalah harganya? Hehehe. Satu papan tempe yang paling besar mungkin seharga Rp 3 ribu. Kalian bisa mendapat 2 potong. Sisa uang bisa untuk membeli sayur bayam. Jangan lupa, saat masak tempe mantapkan bumbunya agar sedap buat makan nasi. Misalnya tambahi lagi irisan cabainya. Supaya lebih mantap di lidah. Oh, ya kalau kalian kurang suka dibuat orek, tempe penyet yang dimakan sama lalap daun kemangi atau buah mentimun juga sedap kok.
 
4.      Urap sayur dan tempe goreng


 
Namanya urap pasti memakai kelapa. Entah itu direbus dulu atau bumbu mentah secara langsung yang ditaburkan ke sayuran rebus. Dengan uang Rp 10 ribu, Gansis sudah dapat aneka sayur, kelapa plus 1 papan tempe ukuran sedang seharga Rp 2.500,-. Gimana tertarik mencobanya?
 
5.      Orak arik telur lalap mentimun


 
Mentimun di tempat penulis, hanya Rp 2 ribu sudah dapat 3 biji. Telur ¼ kg seharga Rp 6 ribu. Sisanya buat beli buncis, masih bisa loh! Jadi deh, kita bikin orak-arik telur dan lalap mentimun. Jangan lupa, agar lebih mantap tambahi irisan cabai pada orak-arik telurmu ya.
 
Sekali lagi, resep-resep yang telah dibagikan penulis hanya bisa dilakukan bila bahan perlengkapan lain sudah tersedia lengkap ya. Bila tidak, tentu rekomendasi ini tidak bisa diterapkan. Dan satu lagi, sebab penulis tinggal di kampung di mana lapangan kerja juga terbilang sulit didapat, maka sangat wajar jika bahan makanan tidak seperti harga bahan pokok lain yang di kota. Entah jika ini di tempatmu. Mungkin resep di atas bisa berubah menjadi modal Rp 15 ribu dan bukan Rp 10 ribu lagi hehehe.
 
Yuk, ah! Tetap semangat ya Gansis untuk hidup hemat. Tapi tetap tidak melupakan kecukupan gizi tubuhmu. Oke?
 
Sumber tulisan : Opini Pribadi
 
Sumber-sumber gambar : www.cookpad.com 



#BBB#


Diubah oleh royani1975 23-09-2019 04:01
trifatoyahaygilagilityceuhetty
ceuhetty dan 21 lainnya memberi reputasi
22
13.5K
123
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.