• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sesuatu yang Vulgar dalam Penamaan Produk, Bagus atau Malah Sebaliknya?

tafakoer
TS
tafakoer
Sesuatu yang Vulgar dalam Penamaan Produk, Bagus atau Malah Sebaliknya?
Tak dapat dipungkiri bisnis adalah merupakan sesuatu yang menarik dan menjadi sesuatu hal yang dilakukan oleh banyak orang termasuk para artis. Dari bisnis tak jarang meraih banyak keuntungan meskipun memang resiko rugi akan selalu ada. Menjalani bisnis di masa kini memang bukan sesuatu yang mudah, hal ini karena ketatnya sebuah persaingan yang mau tak mau harus bisa kreatif dan inovatif dalam memasarkan sebuah produk agar bisa di terima di masyarakat.

Credit : hipwee.com

Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan bisnis Lucinta luna dalam produk minuman kopi. Lucinta Luna sendiri adalah sosok yang kontroversial dan menjadi sorotan banyak orang karena dianggap seorang transgender oleh para netizen, kabar tersebut hingga kini masih tetap dibahas netizen karena Lucinta Luna sendiri seringkali menyebar sensasi ke publik. Bisnis Kopinya sendiri menjadi sorotan netizen karena nama produknya atau brandnya dianggap vulgar dan tidak pantas. Bisnisnya sendiri dinamai dengan kata "KO&THOL" yang berarti kopi dan mentol.

Penamaan produk yang aneh dan dianggap vulgar tersebut memicu banyak reaksi dari para netizen, hal ini terlihat dengan trendingnya produk tersebut di dunia maya. Jika dilihat dari sisi bisnis sendiri tentu bisa dibilang sebagai strategi jitu dalam pemasaran bisnis karena banyak orang yang membicarakan nama produknya dan tak perlu bersusah payah untuk memasarkannya dan bisa jadi orang yang mengetahuinya menjadi penasaran ingin mencoba produknya. Terlebih dengan citra atau imej lucinta luna sendiri yang kontroversial tentunya bisa mendongkrak kepopuleran produknya di pasaran.

Sesuatu yang vulgar dalam sebuah nama produk sendiri bagus atau malah sebaliknya? Secara instan atau jangka pendek memang bagus karena hal ini menjadi perhatian banyak orang dan bisa saja membuat banyak orang mencoba produknya karena tertarik dengan nama produk yang vulgar tersebut. Stategi tersebut bisa dibilang sukses karena menggunakan strategi pemasaran WOM atau word of mouth yang berarti promosi mulut ke mulut yang tak perlu menghabiskan biaya yang besar untuk mempromosikan sebuah produk di pasaran.

Akan tetapi nama sebuah produk bukan hanya sekedar sensasi semata yang dibesar-besarkan, akan tetapi juga citra sebuah produk sendiri merupakan sesuatu yang semestinya diperhatikan karena hal itu tetap penting. Hal ini karena ketika citra sebuah produk negatif tentunya hal ini akan membuat suatu produk menjadi negatif dan bisa jadi konsumen pun enggan untuk membeli. Belum lagi jika nama sebuah produk dipermasalahkan oleh banyak orang karena kevulgarannya sehingga dikecam oleh banyak pihak yang seringkali dihubungkan dengan perlindungan anak seperti halnya kasus bihun bikini yang terjadi beberapa tahun lalu.

Credit : tribunnews.com

Nama produk memang sudah seharusnya dibuat unik dan menarik, akan tetapi perhatikan pula dalam penamaan produk agar tidak menjadi kontroversi di masyarakat dan menjadi boomerang bagi produknya sendiri. Penamaan produk yang mengandung kata vulgar memang bagus secara jangka pendek karena mudah ingat banyak orang, akan tetapi hal tersebut akan menajdi angin lalu begitu saja karena seiring waktu berganti sensasi kepopuleran produk tersebut yang mudah dikenal akan kembali tenggelam seiring berjalannya waktu. Berbeda dengan produk yang susah payah mengenalkan produknya bertahap demi bertahap yang seringkali bertahan lama di pasaran. Untuk itulah hindari kata-kata vulgar dalam penamaan sebuah produk karena kurang baik bagi siklus produk itu sendiri dalam jangka panjang dan lebih banyak kerugiannya dibandingkan keuntungannya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Pembelajaran Semasa Kuliah
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber gambar via google images
hvzalfanasabilaGresta
Gresta dan 17 lainnya memberi reputasi
18
15.8K
185
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.