carrpirates
TS
carrpirates
Industry 4.0, Big Data, Artificial Intelligence, Oppooo Iku ?
Halo agan dan sista sekalian, semoga masih semangat kerjanya. Kali ini ane akan membuat thread yang agak serius membahas beberapa isu di dunia industri ke depan. Secara lebih spesifik untuk menyongsong Industri 4.0 yang akan terjadi dan bahkan sebagian sudah terjadi. Berbicara tentang Industri 4.0, tidak akan lengkap tanpa membahas tentang Big Data dan Artificial Intelligence. Lalu bedanya apa dengan industri 3.0 atau revolusi industri sebelumnya ? Berikut adalah pembahasannya.


Selama ini kita sudah berkutat dengan digitasi data dan hal tersebut merupakan jalan menuju industri 4.0 Selanjutnya di industri 4.0 data - data tersebut akan digunakan sebagai bahan untuk memperoleh informasi dan kemudian memanfaatkannya. Berbeda dengan konsep digitasi pada revolusi industri sebelumnya, industri 4.0 lebih menekankan pada otomasi. Artificial Intelligence menjadi otak otomasi yang akan dijalankan dan data mining dari big data menjadi acuannya.



Kemudian apa bedanya artificial intelligence dengan mesin - mesin yang sudah ada, misalnya mesin untuk merakit mobil ? Sebelumnya dan sampai saat ini mesin - mesin tersebut dirancang untuk tujuan spesifik dengan variable yang telah ditentukan. Misalnya mesin untuk merakit mobil mempunyai presisi sekian dan ketika ada perubahan, maka harus disesuaikan oleh manusia. Sedangkan artificial intelligence bisa membuat penyesuaian sesuai dengan data yang mereka peroleh tanpa perlu, atau sedikit sekali campur tangan manusia. Jangan dulu bayangin sky net di film Terminator ya, kita masih jauh untuk sampai ke situ.

Contoh konkret yang sederhana adalah iklan di facebook. Pernah gak agan dan sista googling sesuatu dan waktu membuka facebook akan ada iklan yang sesuai dengan apa yang agan dan sista cari ? Walaupun menurut ane tindakan tersebut ilegal dan mengancam privasi, tapi hal tersebut bisa menjadi contoh pemanfaatan big data. Kecerdasan buatan facebook mempelajari bagaimana kita berinteraksi dengan internet. Mulai dari apa preferensi kita, apa yang kita mau, apa yang akan kita lakukan. Data - data tersebut akan dijadikan big data yang kemudian diolah menjadi informasi oleh kecerdasan buatan.



Satu contoh sederhana lagi, misal agan atau sista pergi ke supermarket. Agan dan sista membeli sabun mandi dan juga pasta gigi. Transaksi yang kalian lakukan akan menjadi data. Sekumpulan transaksi yang terjadi akan menjadi informasiseperti kapan paling sering terjadi transaksi, barang apa yang paling banyak dibeli dan lain - lain. Kemudian informasi tersebut ditransformasikan menjadi pengetahuan seperti apa yang membuat transaksi menjadi banyak dalam satu waktu. Tidak berhenti sampai di situ, pengetahuan bisa digali lagi untuk mendapatkan wisdom untuk lebih meningkatkan efektifitas. Misalnya ketika ada orang membeli sabun mandi, ternyata sebagian besar dari mereka juga membeli pasta gigi. Maka di masa depan, bisa dilakukan penyesuaian penempatan sabun mandi dan pasta gigi.

Nah, sudah ada bayangan ? Pengumpulan data saat ini sudah canggih. IoT (Internet of Things) sudah menjalar di mana - mana. Di mall mungkin ada cctv yang mengawasi rute pengunjung. Dari data tersebut saja sudah bisa mendapkan insight lokasi mana yang paling strategis di dalam mall. Saat ini segmen manufaktur sudah berlomba - lomba untuk mengadopsi industri 4.0. Kedepannya, bahkan saat ini, pekerjaan yang sifatnya repetitif sudah digantikan oleh mesin. Sebut sama Amazon yang sudah menggunakan robot untuk menyortir barang.

Kedepan saingan kita bukan cuma manusia, tapi juga mesin. Terus apa yang membedakan manusia denga mesin ? Apa yang harus kita lakukan agar tetap kompetitif ? Tenang, manusia masih memiliki keunggulan yaitu kesadaran dan kemampuan untuk mendapatkan inspirasi. Tidak seperti mesin, kita punya kesadaran untuk mengupgrade skill kita. Kita juga bisa mendapat inspirasi dari hal yang sama sekali tidak relevan. Hal yang paling mudah dilakukan saat ini adalah mempelajari sesuatu yang kira - kira tidak bisa dilakukan oleh mesin. Dengan meningkatkan skill, kita masih bisa lebih kompetitif dibandingkan dengan mesin.

***

Sekian dulu thread dan ocehan dari ane tentang industri 4.0 gan, semoga bisa menambah wawasan. Jika ada kesalahan tolong dikoreksi dan dimaafkan. Jika punya pendapat lain jangan sungkan untuk menyampaikan di kolom komentar yang sudah disediakan. Ane undur diri dan sampai bertemu di thread ane selanjutnya.

Quote:



Diubah oleh carrpirates 24-09-2019 01:57
sebelahblogzafinsyurgadarwinsilb
darwinsilb dan 28 lainnya memberi reputasi
29
10.9K
143
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.