News
Batal
KATEGORI
link has been copied
289
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8a743ac8208442507a3eff/jokowi-gaji-pengangguran-rp500-ribu-bulan-mulai-januari-2020
Kartu pra kerja mulai bisa digunakan pada Januari 2020. Lewat program kartu pekerja ini, para pengangguran akan mendapat pelatihan dan gaji dari pemerintah Rp300-500 ribu per bulan selama 3 bulan saja.
Lapor Hansip
25-09-2019 02:53

Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020

Past Hot Thread
Quote:
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
NEWS - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
 24 September 2019 21:49

Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Kartu pra kerja mulai bisa digunakan pada Januari 2020. Lewat program kartu pekerja ini, para pengangguran akan mendapat pelatihan dan gaji dari pemerintah Rp300-500 ribu per bulan selama 3 bulan saja.

Pemerintah menargetkan ada 2 juta orang pengangguran yang menerima gaji dari pemerintah sembari menunggu mendapatkan pekerjaan.
 Pemerintah akan menggandeng platform dompet digital atau e-wallet untuk penyaluran gaji para peserta.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerangkan pemerintah akan membantu mereka dengan kursus seperti kursus nyetir, barista, dan keterampilan lainnya.

"Anggarannya ini sementara yang akan diselenggarakan kurang lebih 2 juta," kata Moeldoko di Kemenko Perekonomian setelah Rakor Persiapan Kartu Pra Kerja (24/9/2019).

Program ini sifatnya terbuka, siapa saja berhak mendaftar untuk mendapatkan kartu pra kerja tanpa ada pembatasan usia.

"Ya harapan kita Januari sudah On," katanya.



Mekanismenya saat seorang mendaftar kursus di PT X atau di perusahaan X, maka PT X ini akan lapor ke Project Management Officer (PMO) program kartu pra kerja. 

"Ini Moeldoko daftar di sini, ini kursus ini, kan itu PMO akan mengikuti ini anak ini aktif atau tidak. Main-main atau tidak," katanya mengumpamakan. (hoi/hoi)




Quote:
Pengangguran Dapat Rp 500 Ribu/Bulan dari Jokowi Mulai 2020

Selasa, 24 Sep 2019 18:47 WIB 
Hendra Kusuma - detikFinance

Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020


Jakarta
 - Pemerintah memastikan bahwa pelaksanaan program Kartu Pra Kerja akan diberikan ke 2 juta orang dan dimulai pada awal tahun 2020. Dalam RAPBN 2020, anggaran yang disediakan untuk program ini sekitar Rp 10 triliun.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan, para peserta program Kartu Pra Kerja nantinya akan mendapat insentif sebesar Rp 300-Rp 500 ribu per bulannya.

"Sambil mencari pekerjaan itu lah nanti akan menyiapkan insentif kepada mereka, kurang lebih antara sekitar Rp 300-Rp 500 ribu paling lama 3 bulan," kata Moeldoko usai rakor di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Moeldoko menjelaskan, program Kartu Pra Kerja merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan skill atau keterampilan bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah pun tidak membatasi atau mengklasifikasi umur masyarakat yang ingin mengakses program tersebut.

"Jadi terhadap masyarakat Indonesia yang belum punya pekerjaan atau yang kena PHK dan seterusnya nanti ini akan disiapkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan," ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah lewat Kementerian Ketenagakerjaan menyebut ada tiga kelompok yang bisa mengakses program Kartu Pra Kerja. Pertama, para pencari kerja dalam hal ini masyarakat yang baru lulus sekolah baik SMA maupun perguruan tinggi. Kedua, mereka yang membutuhkan peningkatan keterampilan (upskilling). Ketiga, para korban PHK.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan di dalam Kartu Pra-Kerja ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Mulai dari pelatihan selama tiga bulan lalu mendapat sertifikasi dan mendapat insentif usai pelatihan.

Lalu, untuk peningkatan keterampilan dilakukan selama dua bulan dan bagi pekerja yang menjalani itu akan mendapat insentif pengganti karena selama pelatihan tidak diberi upah oleh perusahaan.

Fasilitas selanjutnya adalah re-skilling bagi para korban PHK. Durasi pelatihannya selama dua bulan lalu diberikan sertifikat dan mendapatkan insentif selama masa pelatihan.



Quote:Wah kira-kira yang ngajarin pelatihan dapat gaji berapa nih ? emoticon-Maluemoticon-Malu
Apakah yang ngajarin pelatihan statusnya pekerja kontrak biasa atau pekerja lepas atau honorer ? 

wah asik tuh ga dibatasi umur yang nganggur bisa ikut pelatihan dan disalurkan. emoticon-shakehand
Tapi jangan cuma ambil duitnya yah pas nganggur, berusaha juga cari kerja atau membuat usaha sendiri dari modal duit nganggurnya. emoticon-coffee

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepoknyamuk21 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 14
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:27
Kalau mengurus orang 1 keluarga bisa saja ngomong begitu ,kalau sudah wilayah satu negara indonesia , tiap orang pengangguran di anggarkan 2 juta per orang.. Apa gak jebol apbn??
Orang yg mengaku pengangguran di kira hanya puluhan orang.. Kalau misal yang ngaku pengangguran 20 juta orang, apa gak keluar 20 juta x 2 juta= 40 Trilyun?? Sedang hasilnya tidak ada.

Program seperti itu sebenarnya tidak efetif dan malah membuat keuangan negara tambah kacau
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:28
Quote:Original Posted By jagotorpedo
sama gak sih dgn pelatihan di BLK Disnakertrans..??

latihan 3 bln, dapet "duit transport" (jumlahnya gw gak tau)emoticon-Hammer


Sekarang peserta BLK udah ga dapat uang transpor lagi gan.. alhamdulillah makan siang masih di kasih sama seragam itu dah pasti.
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:28
mental ingin hidup enak tanpa susah payah malah diempanin duid tiap bulan, enak donk
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:30
buat kopi sama udud
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:30
Ane mah ngincer sertifikatnya, gk punya duit ane klo ikut pelatihan
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:34
okeh program duit gratis buat pengangguran yang didapat pemerintah dari pajak penghasilan dan pajak2 tetek bengek lain nya yg sudah mulai melambung di masyarakat...naiiissss
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:37
Quote:Original Posted By Aparatkaskus
@angelkawaii kok kebijakannya mau seperti negara eropa yg udah maju, ingat lho, kita ini masih negara miskin


Kalau ukurannya GNP /PDB kita masih diurutan 2 di Asia Tenggara.

Kalau ukurannya Gini ratio, saya lupa hehe monggo dicari ya...emoticon-thumbsup
Diubah oleh Jazed
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:40
jadi pengangguran sampe memenuhi syarat.habis itu cari kerja emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:42
oh gituemoticon-Cool
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:43
pengangguran di indo banyak bener.
yakin tuh gope dpt tiap bulan seorang??
bpjs aja benerin dulu
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:44
ah lu sih jokoLOL
profile-picture
kristalbiru memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:44
Patut diapresiasi
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:49
mayan nih para pengangguran dapet uang saku
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:49
Sistemnya nggak jelas, rawan disalah gunakan, Lagian 10T bukanya sedikit tuh...emoticon-Cape d...
trus kalo 3 bulan blom dapet kerja gmana ...??
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:52
Quote:Original Posted By nuclearjahanam
Jumlah pengangguran di indo ada berapa ?


Banyak, termasuk ane gan 😭
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:54
Wah mantrp idenya
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:57
Quote:Original Posted By karimuntajit
Sekarang peserta BLK udah ga dapat uang transpor lagi gan.. alhamdulillah makan siang masih di kasih sama seragam itu dah pasti.

jd dlam bentuk makan siang gitu..??
gak berupa uang lg...??emoticon-Bingung (S)
profile-picture
karimuntajit memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:58
yang boneng nih? tunggu 2020 dagg emoticon-Big Grin
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 11:58
ada2 saja ini malah membuat org mkin ingin jd pengangguran. Lah pengangguran aja digaji kok. mending gak kerja. ongkang2 kaki saja di tmpt konkow.
0 0
0
Jokowi Gaji Pengangguran Rp500 Ribu/Bulan Mulai Januari 2020
25-09-2019 12:01
banyak duit rupanya
0 0
0
Halaman 6 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia