• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Smart SIM Resmi Diluncurkan, Bisa Dipakai Buat Bayar Tol Gan!

KarjoKare
TS
KarjoKare
Smart SIM Resmi Diluncurkan, Bisa Dipakai Buat Bayar Tol Gan!
Akhirnya smart Surat Izin Mengemudi (smart SIM) resmi diluncurkan GanSis. Smart SIM ini diluncurkan pada 22 September 2019 di Korlantas Polri. Sebelum resmi diluncurkan, SIM baru ini terlebih dahulu telah diperkenalkan atau disosialisasikan kepada msayarakat.
 

Dari sisi tampilan, SIM yang baru ini memiliki tampilan atau desain yang berbeda dengan yang sebelumnya. Di bagian atas SIM terdapat tulisan “INDONESIA” dengan latar berwarna merah. Untuk keterangan pemilik, di SIM baru ini tidak terdapat tulisan nama, alamat, tempat & tanggal lahir, tinggi, pekerjaan, nomor SIM, dan masa berlaku. Semua itu diganti dengan angka 1 – 6. Akibatnya, SIM jadi terlihat lebih simpel.

Selain itu, keterangan tinggi badan juga udah diilangin GanSis. Sekarang ada informasi baru yakni golongan darah yang punya. Terdapat dua foto juga GanSis, foto berwarna dan foto hitam putih yang terletak di kanan bawah.

Itu dari sisi tampilan GanSis, kalau dari fungsinya, selain untuk tanda diperbolehkan mengemudi, smart SIM juga punya fungsi lain. SIM baru ini bisa merekam data forensik pemilik dan merekam pelanggaran yang dilakukan pemilik. Rekam jejak kecelakaan pemilik juga terekam disini GanSis.

Fungsi lain yang cukup menarik adalah fungsi sebagai uang elektronik. Pemilik bisa menggunakannya untuk membayar parkir, bayar tol, dan bisa juga untuk belanja GanSis. Pemilik bisa naro duit disini maksimal Rp 2 juta. Selain itu SIM baru ini juga juga punya fitur augmented reality yang bisa digunakan untuk mengakses edukasi keselamatan berlalu lintas.

Bagi calon pengemudi yang belum punya SIM dapat langsung mengajukan permohonan untuk membuat smart SIM ini. Sementara bagi yang udah punya SIM, bisa mendapatkannya pada saat perpanjangan SIM. Jadi bagi Agan dan Sista yang SIM lamanya masih berlaku, boleh menggunakannya terlebih dahulu sampai habis masa berlaku.

Nah, kalau untuk biaya pembuatan, Agan dan Sista gak usah takut, soalnya tarif pembuatannya masih sama ama yang lama GanSis.



Diubah oleh KarjoKare 23-09-2019 11:46
0
3.3K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.