Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
201
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8898a2c8393a06834de82e/negara-berbahasa-jawa-ini-berhasil-mempertahankan-hutan-98-dari-luas-negaranya
Di Suriname hutan dijadikan spot wisata terbesar di sana. Hal ini berdampak pada minimnya aktivitas pembalakan liar dan alihfungsi lahan karena masyarakatnya mayoritas mengandalkan pariwisata “forest hiking” (jalan-jalan di hutan).
Lapor Hansip
23-09-2019 17:04

Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya

Past Hot Thread
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya

Hutan merupakan kawasan yang paling vital saat ini. Bagaimana tidak? Pengaruh pemanasan global sudah semakin terasa. Ambil contoh yang paling kecil saja, saat agan keluar rumah pasti terasa lebih panas dari sebelum-sebelumnya sehingga aktivitas sehari-hari makin terasa berat terutama di musim kemarau. Peran hutan sekarang ini makin terasa sangat penting.

Disamping mejadi solusi yang sangat efektif untuk menyerap karbon dan mencegah pemanasan global berdampak makin parah, Hutan membantu menyediakan oksigen bersih untuk kita bernapas, menyerap polutan, menyimpan air dan menjadi habitat hewan-hewan liar yang tentunya berperan penting dalam jaring-jaring makanan.

Nah mengatasi permasalah tersebut nampaknya banyak negara berlomba-lomba melakukan penanggulangan dampak pemanasan global dengan menghadirkan alternatif produk yang bisa mengurangi emisi karbon. Namun dari ratusan negara hanya negara inilah yang rupanya benar-benar melakukan solusi yang lebih nyata manfaatnya. Yakni dengan mempertahankan kawasan hutannya supaya dapat mencegah pemanasan global!.

Penasaran siapa negara yang berhasil mempertahankan kawasan hutan sebanyak 98% dari total luas negaranya ini, yuk check thread berikut!

Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya

Di Suriname hutan dijadikan spot wisata terbesar di sana. Hal ini berdampak pada minimnya aktivitas pembalakan liar dan alihfungsi lahan karena masyarakatnya mayoritas mengandalkan pariwisata “forest hiking” (jalan-jalan di hutan) sebagai wisata favorit untuk turis yang ingin mendapatkan suasana alami, tenang dan hijau. Karena kondisi alami yang tak tergantikan inilah yang menyebabkan tak habisnya turis-turis dari luar negeri berkunjung ke Suriname.

Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
“Central Suriname Nature Reserve”

Ketika berkunjung ke Suriname agan pasti disuguhkan pariwisata forest hiking pada kawasan konservasi nasional bernama “The Central Suriname Nature Reserve” seluas 1,6 juta hektar. Kawasan hutan tersebut ditetapkan pemerintah di sana sebagai kawasan ekowisata berkelanjutan.

Brownsberg forest


Sebenarnya masih banyak sekali kawasan hutan pariwisata selain yang yang paling luas seperti diatas, salah satunya adalah Brownsberg forest. Brownsberg forest di Suriname pun juga menjadi pilihan banyak turis karena banyak air terjun di sana. Terlepas dari semua keindahan alam yang ada, Negara ini diberi predikat sebagai negara dengan tutupan hutan terluas di dunia, yakni menyelimuti 98% dari total luas negaranya.

data total tutupan hutan


Memang negara ini memiliki kekerabatan dengan Indonesia lewat persebaran suku Jawa yang menetap di sana. Namun untuk urusan konservasi, negara ini tidak main-main. Masyarakat di negara ini ternyata lebih pintar mengelola hutan dan sangat sadar betapa pentingnya kawasan hutan bagi masa depan bumi ini.

Mereka sadar kalau kasus-kasus pembakaran hutan untuk dialihfungsikan menjadi perkebunan, pemukiman, dan industri akan melepaskan gas karbondioksida yang mana akan mempercepat terjadinya dampak pemanasan global. Bahkan mereka juga mengetahui bahwa kebakaran hutan minggu lalu di Brazil telah berperan dalam melepaskan 228 megaton karbondioksida ke atmosfer.

Trends pembalakan liar yang terjadi di hutan Amazon, Brazil rupanya tidak terjadi di Suriname, karena tingginya tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan. Penasaran bagaimana keindahan hutan di Suriname yang membuat negara tersebut banyak dipilih oleh wisatawan luar negeri, yuk check potret-potret berikut :

hutan brownsberg suriname

The Central Suriname Nature Preserve

spesies endemik suriname 1

spesies endemik suriname 2

spesies endemik suriname 3

banyak air terjun di hutan brownsberg


Wah rupanya indah juga ya kawasan hutan di Suriname. Pantas saja hutan di negara tersebut terjaga dengan baik karena masyarakat mayoritas mengandalkan ekowisata hutan sebagai sumber pendapatan tetap. Ya kalau dipikir-pikir mereka ternyata pikirannya lebih maju ya!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 11
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 18:17
Quote:Original Posted By kingoftki
sebenernya mrk bukan turki tapi assyirian. saty dari bbrp bangsa tanpa tanahair. dari tampilan udah keliatan.


Mungkin itu yg lama kali om.

Yg second generation Turkish immigrant Keknya ada lah om. kawan saya yg second generation Turkish jg cerita klo mafia Turki udah buka banyak "cabang" di NL. Dari bisnis ngirim duitnya illegal immigrants, nyewain tempat, sampe nylundupin brg dari Turki. Soalnya saya pernah diajak ke sodaranya yg punya usaha tour & travel agent, yg bisnis sampingannya ya ngirim duit illegal immigrants lewat WU.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 18:18
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Yups betul sekali agan! Tetapi sayangnya sejak tahun 1950-2010 Populasi fitoplankton menurun sebanyak 40% akibat banyaknya timbunan sampah yang berceceran di laut. Menyebabkan kondisi anoxic yang mematikan popolasi fitoplankton. Artinya kita tidak bisa mengandalkan laut lagi sebagai penghasil oksigen

emoticon-Sorry


Yg buang sampah sembarangan ceburin laut aja biar jadi makanan ikan
emoticon-DP

Gak berterima kasih sama alam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
Lapor Hansip
24-09-2019 18:29
Balasan post samradler
Quote:Original Posted By samradler


Emng klo treatment di FBR tertutup, lipid naek tapi disitulah masalahnya karena cost nya gak akan kompetitif dibanding Sawit sekalipun. Di GEO-kan pun masih belum kompetitif karena harus di FBR.

Walaupun sudah tertutup, FBR kan masih ada celah utk keluarnya oksigen, biar Microalgaenya ga keracunan, nah biasanya dari situlah predator mikro nya muncul.

Ngontrol FBR tu ada biayanya. Macem Pompa udara, suhu, Belum lagi treatment airnya yg mahal sebelum masuk FBR dan airnya juga rebutan sama agrikultur. Makanya yg dulu bnyk pake Microalgae utk biofuel, skrg malah produksi vitamin sama supplements Spirulina. Karena faktor cost td yg gak sebanding.

Diatas kertas, iya lebih produktif karena microalgae tumbuhnya gak cumn 2 dimensi macem Sawit, dia tumbuhnya dimensi Volumetrik. Jd luasan hektar gak pengaruh sepanjang masih bisa naek ke atas dapet matahari. Tp malah dsitulah mahalnya.

Manalagi metode harvestnya yg ribet (terlalu kecil harus di "endapin", klo mekanis ya pake disaring dan itu lama, kedua ya pake gelombang listrik baru diserokin), setelah itu microalgae harus di keringin (waktu = Cost) trus baru diperes biar kluar minyaknya.

Klo macroalgae langsung dikeringin trus langsung masukin pyrolysis bisa, Jadi biocrude oil. Ato di Fischer-Tropsch kan mungkin jg bisa.

Klo ekstraksi biocrude oil nya blum setara/menyamai kadar energi crude oil, susah. Kalo baru bisa dijadiin biodiesel saja, maaf, itu masih bisa dikatakan tingkat hidrokarbonnya rendah, klo mau kompetitif ya paling minim harus setara MFO (Marine Fuel Oil). Kenapa?

1. Karena crude oil klo di refined jadinya macem2 gak cuman Diesel ato Kerosene, tp juga gasoline, aspal, naptha, ethylene glycol, propylene, itulah yg bikin crude oil lebih ekonomis. Makin panjang rantai HC, nakin bnyk turunannya.

2. Produk crude oil yg paling laris di dunia ya MFO/Bunker Fuel, HSD (High Speed Diesel, Kerosene/Avtur sama Gasoline. Klo Gasoline mungkin starch lebih cocok sebagai substitute, dilihat dari rantai HC nya. Nah tinggal MFO, HSD sama Kerosene yg rantai HC nya mirip, klo udah setara MFO, pasti bisa refining Kerosene sama HSD. Klo dibalik ga bisa.

Dan dari market lebih besar ketimbang diesel retail. MFO itu satu kpal kargo kecil sekelas Handymax aja sehari rata2 20Metric Ton konsumsinya. Di dunia ada ratusan ribu (bahkan jutaan mungkin) yg pake MFO. Klo kapal kecil macem tugboat, high speed boat, high speed ferry catamaran ya pake HSD, ini jg konsumsinya lumayan, sekali manasin tug boat ocean going tuh paling gak ngeluarin fuel harga hari ini $2000-$3000, ini beneran manasin aja lo ya, blum jalan.

Klo kapal perang modern, terutama standard NATO ya biasanya udah pake JP fuel (Jet Propellant, biasanya JP-8) karena propulsion nya pake Turbin, alias mesin jet. Tp ya yg Diesel masih ada jg yg pake MFO.


Terima kasih expanasinya gan. Berarti agan lebih condong ke kultivasi makroalga ya?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 18:52
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Terima kasih expanasinya gan. Berarti agan lebih condong ke kultivasi makroalga ya?


Sejauh ini yg saya rasa paling viable, simple, cost effective, pengembangannya ada dan peluangnya bnyk ya itu.

Kenapa?

Karena klo mau bner2 jd biofuel yg bisa gantiin crude oil, harus bisa nyaingin lifting cost nya Saudi yg kurang dari $10 per barrel (yg udah termasuk biaya admin sama delivery).

Klo dukungan riset jg gak akan berhenti. Kenapa?

Riset macro-microalgae utk biofuel tuh yg inisiasi US Navy loh sama Caltech tahun 1970-an waktu Iran Oil Crisis. Dan US Navy udah praktekin JP mereka di blending sama biofuel dari algae tuh bisa, termasuk untuk kapal dan operasi carrier wing mereka. Klo full biofuel, pas tes, harga emng waktu itu blum kompetitif. Tp sekarang bbrapa kpal tempur udah di blending fuel nya. Karena energi itu termasuk national defense.

Klo udah masalah national defense, US mau bayar mahal.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
Lapor Hansip
24-09-2019 19:24
Balasan post samradler
Quote:Original Posted By samradler


Sejauh ini yg saya rasa paling viable, simple, cost effective, pengembangannya ada dan peluangnya bnyk ya itu.

Kenapa?

Karena klo mau bner2 jd biofuel yg bisa gantiin crude oil, harus bisa nyaingin lifting cost nya Saudi yg kurang dari $10 per barrel (yg udah termasuk biaya admin sama delivery).

Klo dukungan riset jg gak akan berhenti. Kenapa?

Riset macro-microalgae utk biofuel tuh yg inisiasi US Navy loh sama Caltech tahun 1970-an waktu Iran Oil Crisis. Dan US Navy udah praktekin JP mereka di blending sama biofuel dari algae tuh bisa, termasuk untuk kapal dan operasi carrier wing mereka. Klo full biofuel, pas tes, harga emng waktu itu blum kompetitif. Tp sekarang bbrapa kpal tempur udah di blending fuel nya. Karena energi itu termasuk national defense.

Klo udah masalah national defense, US mau bayar mahal.


Oh karena murahnya harga minyak mentah saudi $10 perbarrel pantas saja masih minim sekali minat investor untuk ikut serta dalam investasi kultur mikroalga sebagai biofuel. Berarti musti nunggu minyak arab saudi habis supaya produk biofuel mikroalga bisa diterima publik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samradler dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 19:27
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Memang bukan bahasa resmi gan, kan judulnya "negara berbahasa jawa" bukan "negara berbahasa resmi jawa"

emoticon-Request


Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Emang pake bahasa belanda, kan judulnya "negara berbahasa jawa" bukan "negara berbahasa resmi jawa" gan
emoticon-Request


Harusnya dikasih penjelasannya di page one biar gak salah tangkap emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dompetjadipeci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 19:39
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Oh karena murahnya harga minyak mentah saudi $10 perbarrel pantas saja masih minim sekali minat investor untuk ikut serta dalam investasi kultur mikroalga sebagai biofuel. Berarti musti nunggu minyak arab saudi habis supaya produk biofuel mikroalga bisa diterima publik


Klo biofuel lebih baik kualitasnya sama lebih ekonomis, gausah nunggu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
Lapor Hansip
24-09-2019 20:22
Balasan post comrade.frias
Quote:Original Posted By comrade.frias


Harusnya dikasih penjelasannya di page one biar gak salah tangkap emoticon-Hammer (S)


Makasih koreksinya gan, mohon maaf ketidaknyamanannya
emoticon-Salam Kenal
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
Lapor Hansip
24-09-2019 23:05
Balasan post santaikalus
Quote:Original Posted By santaikalus
Di masa depan kemungkinan besar hutan adalah aset yg paling berharga untuk sebuah kawasan yg di idamkan mungkin malah di perebutkan dari dampak amukan alam khusunya pemanasan global, dan mungkin saat itu kita hanya bisa membangun monumen yg tertulis "di sini pernah menjadi paru2 dunia dari kelestarian hutan dan kami menjual harta karun itu terlalu murah hanya untuk di jadikan lahan perkebunan RIP hutan kami yg dulu kami sia2kan" 😢


kenapa? karena banyak yang sok kearab2an. mindset padang pasir kan cuma tau merusak dan menghancurkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adfaisal dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:05
ntar kapan2 ane ke sono ane bakar hutannya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:06
Mengerti akan hal yang bisa menunjang kehidupan mereka, respect emoticon-Jempol
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:09
bener banget, sekarang panasnya cetar (klo siang) aku sampai pakai helm klo jemur baju 🙈
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:14
Quote:Original Posted By istijabah
bener banget, sekarang panasnya cetar (klo siang) aku sampai pakai helm klo jemur baju 🙈


Lah ane, baru mau jemur pakean eh udah kering duluan.
profile-picture
profile-picture
istijabah dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:15
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Emang pake bahasa belanda, kan judulnya "negara berbahasa jawa" bukan "negara berbahasa resmi jawa" gan
emoticon-Request


Panjenengan pun nate ting suriname mas...??? emoticon-Matabelo
profile-picture
iban55 memberi reputasi
1 0
1
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:15
wahhhh ini keren sih.. pariwisatanya tetep menjaga.. asal jangan sampe jadi mass tourism aja. salut!
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:15
mungkin kearifan lokal nusantara yg ikut kesana gan..mungkin loh😀
profile-picture
Mooneigzh memberi reputasi
1 0
1
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:16
Quote:Original Posted By kamuhujat21
ntar kapan2 ane ke sono ane bakar hutannya emoticon-Ngakak


weeeeeeey jangan dong gaaan tanah punya orang tuhhh wkwkw mending kite bakar2 ikan aja sedep
0 0
0
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:20
Quote:Original Posted By saya.kira
Lah ane, baru mau jemur pakean eh udah kering duluan.


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Lawong belum dicuci 🙄
0 0
0
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:21
Quote:Original Posted By samradler
Gak lah. Pake bahasa Belanda. Yg ngirim org Jawa kesitu ya Org Belanda, buat kerja di perkebunan Tebu sama Karet. Tentu mereka masih pake bahasa Jawa klo di komunitas. Komunitas Ambon di NL juga masih pake bahasa campuran Ambon-Melayu klo ngomong di komunitas.


hoooo begitu ternyata kisahnya.. terimakasih gan atas pencerahannya emoticon-Jempol
0 0
0
Negara Berbahasa Jawa Ini Berhasil Mempertahankan Hutan 98% dari Luas Negaranya
24-09-2019 23:24
Quote:Original Posted By megatron21
hmmm... kalo dibilang pemikiran mereka lebih maju, mungkin gak juga ya. sama aja kayak kita di sini. semua cari nilai lebih alias untung.

hanya mungkin pemikiran mereka lebih bijak, bukan asal cari untung, tapi juga ngasi keuntungan buat alam dan lingkungannya


betul, pemikirannya bijak nggak mementingkan diri sendiri tapi makhluk hidup lain juga
0 0
0
Halaman 4 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia