• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Jadul Unik Bermesin Radial 5 Silinder Yang Letaknya Ada Di Roda Depan

Odleva
TS
Odleva
Motor Jadul Unik Bermesin Radial 5 Silinder Yang Letaknya Ada Di Roda Depan
Motor klasik itu biasanya sering muncul model yang unik-unik dengan keunggulan dari keunikan masing-masing yang bervariasi bahkan menjadi sebuah penemuan baru sebagai karya yang tidak biasa, salah satunya Megola ini. Diproduksi pada tahun 1920 hingga 1925 tak ayal motor ini juga memiliki keunggulan atau pun keunikan yang tak kalah dengan motor keluaran era baru seperti saat ini.

Seperti memiliki prestasi tersendiri motor hasil karya dari Fritz Cockerell ini, mengadopsi mesin layaknya pesawat dengan konfigurasi radial engine 5 silinder yang nampak menyeramkan melekat pada as roda depan. 

Motor buatan Jerman ini meski mengusung mesin yang unik tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satunya kelebihan letak mesin yang berada pada as roda depan hanya memiliki sedikit hambatan daya mekanis karena tenaga yang disalurkan langsung melalui ban depan tanpa melewati perantara seperti motor konvensional yang menggunakan rantai sebagai penggeraknya. 

Sedangkan untuk sisi negatifnya, karena mesin ini melekat pada roda depan penggunaan gearbox pun tidak dapat disematkan di motor ini, cara kerja hampir sama dengan transmisi automatic hanya saja jika pengendara ingin memberhentikan motor ini harus mematikan mesin terlebih dahulu jika tidak motor akan terus melaju, lalu jika ingin menggunakannya kembali pengendara harus menghidupkannya kembali. 

Disisi lain pada tahun 1920 lampu lalu lintas masih jarang ditemukan maka untuk menghindari masalah tersebut dapat teratasi jika sering mematikan menghidupkan mesin saat berhenti di lampu merah. Meskipun motor ini terbilang aneh namun Megola pernah mengikuti perlombaan dengan pembalap dengan pembalap seperti Toni Bauhofer, JosefStelzer dan Albin Tommasi. 

Fritz Cockerell sangat cerdas dalam menciptakan desain bentuk pada motor ini, motor yang dibalut rangka besi ini didesain menyerupai motor cruiser sehingga kesan pada saat berkendara lebih santai. Karena diproduksi tahun 20an makan dari segi suspensi yang diberikan masih sederhana, dibekali dengan suspensi model Leaf-sprung leading-link fork untuk bagian depan dan Rigid frame, sprung saddle untuk bagian belakang. 



Sektor kaki-kaki ini terbilang sangat unik karena ukuran yang sangat besar berukuran velg ring 28 inci dan hanya terpasang pengereman pada sektor bagian belakang dengan pengereman model dual drum. Kabarnya dari jumlah produksi 2000 unit yang terjual hanya ada 10 unit yang layak bertahan hingga pada era sekarang ini. Untuk lebih lengkap mengenai spesifikasi pada motor ini mari kita simak seperti dilansir motorcyclistonline.com(13/12/2011).

Kapasitas Mesin : 637cc 10 Side Valve
Pendingin : Udara
Konfigurasi : Radial Engine 5 Silinder
Tenaga : 25bhp @3600rpm

Top Speed : 140kmh
indrastridkoi7
koi7 dan indrastrid memberi reputasi
2
3.6K
27
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.