thezahilda
TS
thezahilda
Cara Memilih dan Menyimpan Jengkol untuk Membuat Semur Jengkol

Seluruh masyarakat indonesia pasti familiar dengan jengkol. Jengkol merupakan tumbuhan khas asia tenggara yang sering dijadikan bahan pangan. Banyak orang yang beranggapan bahwa jengkol hanya ada di Indonesia. Padahal sebenarnya jengkol juga ada di negara tetangga seperti Malaysia, Myanmar dan Thailand. 


Jengkol diketahui memiliki manfaat kesehatan antara lain dapat mencegah diabetes, dan baik untuk kesehatan. Namun karena biji jengkol sedikit beracun, jadi untuk para penggemar jengkol disarankan untuk membatasi konsumsi jengkol agar tidak terkena dampak negatif dari jengkol. Salah satu dampak negatif jengkol yang paling terkenal adalah timbulnya bau mulut, keringat, feses dan urin. Namun bau ini sebenarnya dapat diatasi asal orang yang mengkonsumsi jengkol mau membersihkan diri dengan benar.


Di Indonesia, jengkol biasa dijadikan makanan pendamping nasi. Jengkol bisa diolah menjadi hidangan lezat seperti dibuat rendang, balado, ataupun semur. Ada beberapa orang yang menjadikan jengkol sebagai lalapan dan dimakan mentah – mentah atau hanya di goreng saja. Salah satu hidangan yang paling banyak diminati adalah semur jengkol. Hampir seluruh masyarakat yang memiliki jengkol, menjadikan hidangan ini sebagai hidangan andalan.


Berikut ini cara memilih dan menyimpan jengkol untuk membuat semut jengkol yang bisa kamu coba.


Pilih Jengkol yang Sudah Tua




Agar hidangan yang dibuat memiliki rasa yang lezat, kamu harus teliti saat memilih bahan yang akan digunakan. Untuk membuat semur, jengkol yang digunakan adalah jengkol yang sudah tua. Hal ini dikarenakan jengkol ini dinilai memiliki rasa paling enak setelah diolah. Meskipun tingkat asam jengkolat dalam jengkol tua lebih tinggi dari pada jengkol muda, namun jengkol tua tetap dinilai bisa memberikan rasa yang lebih lezat untuk dibuat semur jengkol.


Jengkol tua dinilai lebih cocok untuk para penggemar jengkol yang ingin mengolah jengkol menjadi sebuah hidangan. Meskipun jengkol tua memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan jengkol muda, namun jengkol tua ini akan berubah menjadi lunak dan empuk setelah dimasak menjadi semur jengkolatau hidangan lainnya. Sementara jengkol muda lebih cocok digunakan sebagai lalapan.


Simpan Dalam Kondisi Matang




Selain pemilihan bahan, penyimpanan bahan juga perlu diperhatikan saat akan membuat semur jengkol. Jika kamu berencana untuk mengkonsumsi jengkol untuk beberapa hari kedepan, ada baiknya jengkol disimpan dalam kondisi matang. Sebelum disimpan, jengkol harus direbus terlebih dahulu selama 3 sampai 5 menit dengan air mendidih. 


Setelah di rebus, jengkol harus di tiriskan dahulu sebelum disimpan. Setelah jengkol di tiriskan dan memiliki suhu ruangan, maka jengkol bisa ditempatkan dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam lemari es tepatnya di chiller. Jika jengkol disimpan di dalam lemari es, jengkol bisa digunakan beberapa hari kemudian.


Rendam Menggunakan Air Es




Seperti yang dibahas sebelumnya, jengkol sudah terkenal dengan dampaknya yang bisa menimbulkan bau kurang sedap. Jika kamu salah saat mengolah jengkol, nantinya jengkol akan menimbulkan rasa dan bau yang kurang sedap. Namun, jika mengolah jengkol dengan teknik yang benar, maka bau yang ditimbulkan oleh jengkol bisa dihilangkan. 


Untuk menghilangkan bau pada jengkol, sebaiknya jengkol di rendam menggunakan air es selama satu malam dahulu sebelum direbus. Setelah direndam, jengkol bisa direbus dengan menambahkan daun jeruk purut atau daun jambu biji. Kedua daun tersebut akan membantu menghilangkan bau tidak sedap dari jengkol dan bahkan bisa membuat tekstur jengkol lebih cepat empuk dan lunak. 


Itulah cara memilih dan menyimpan jengkol untuk membuat semut jengkol yang bisa kamu coba. Selain pemilihan dan penyimpanan bahan, proses penambahan seasoningjuga menentukan rasa dari hidangan yang dibuat. Hayo siapa disini yang suka masakan jengkol? Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian, ya!

andrabedychisaatata604
tata604 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.7K
42
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.