tong.sampahAvatar border
TS
tong.sampah
4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang.
4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang.

Lahir dan besar di era kemajuan teknologi, membuat generasi Alpha, atau mereka yang lahir di tahun 2010/2011 hingga 2025, akan menghadapi berbagai macam tantangan dan kesempatan di masa depan. 

Menurut Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, beberapa tantangannya, antara lain ialah menanggung beban ekonomi yang tidak selesai di masa masa sekarang, bersaing dengan robot, harus memiliki pendidikan yang tinggi hingga akan adanya jutaan lapangan pekerjaan baru yang tercipta. 


"Ada 2,5 juta bayi generasi Alpha yang lahir setiap minggunya. Tapi angka ini akan sedikit jumlahnya, karena saat mereka dewasa, akan ada banyak orangtua tidak produktif daripada yang produktif. Ini tentu menjadi tantangan juga bagi mereka," ujar Rosdiana dalam peluncuran inovasi terbaru S-26 Procal Gold di Jakarta, Kamis (19/9/2019).


Untuk itu, lanjut Rosdiana, generasi Alpha perlu memiliki kemampuan belajar yang progresif, yaitu kemampuan belajar yang terus berkembang, tidak hanya berhenti pada pendidikan formal. Hal ini dapat dimulai dengan membentuk sikap belajar yang dapat diasah, dengan melibatkan anak dan lingkungan.


Selain itu, di sekolah pun kata Rosdiana, anak bisa belajar dengan cara teamwork, berpikir kritis, kreatif dan berpikir secara mandiri. Cara belajar seperti ini akan membentuk empat karakter penting bagi anak, yang bermanfaat bagi mereka untuk bersaing di tengah tantangan yang akan datang.


Ilustrasi orangtua membantu anak mengerjakan PR. [Shutterstock]


Empat karakter tersebut, lanjut dia ialah, eksplorasi, di mana anak mau terus mencari hal baru yang dapat ia kembangkan, baik di dalam diei sendiri, maupun lingkungan.


"Untuk menemukan sesuatu yang baru, dia harus berpikir kritis. Berpikir di luar apa yang sudah ada dan mau banyak bertanya. Ketiga ialah memiliki jiwa kepemimpinan, dia dapat memimpin dirinya sendiri dan orang lain. Jiwa leadership harus dipupuk dari kecil agar dia bisa lebih fleksibel saat ia menjadi penduduk dunia," jelasnya. 
Terakhir ialah rasa empati, yakni memahami kebutuhan orang lain agar menciptakan solusi bagi lingkungannya. Nantinya, hal ini membuat mereka bisa menjadi seoramg spesialis di bidang yang mereka sukai. 


Sumber : Suara.com

Gimana komeng agan2? setuju gak nih?

coba berbagi dong, gimana cara agan didik anak yang usia lagi bengal2nya nih 4-10 thn?
siapa anaknya yang susah bener dikasih tau? heheemoticon-Big Grin

kalo ane masih terapkan tindakan tegas dan sentil kalau anak lagi kelewatan, dan apresiasi kalau dia lakukan hal baik.
tata604
sukuu04
UriNami
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
1
2.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.