alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d86465b48c38d4a0f58107f/ini-dia-tidur-yang-dibutuhkan-masing-masing-umur
Lapor Hansip
21-09-2019 22:48
Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur
Past Hot Thread
Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur

Pernahkah agan merasa selalu mengantuk di pagi hari kemudian disaat malam hari rasa kantuk agan justru berkurang. Ya pasti semua orang pernah mengalaminya. Hal inilah yang dinamakan kerusakan siklus tidur.

Kerusakan siklus tidur ini memang terasa sepele bagi kita. Namun dampak yang diakibatkan ternyata jauh dari apa yang kita rasakan. Bila siklus tidur kita sudah rusak, rupanya banyak kerugian yang kita alami seperti meningkatnya tekanan darah, kualitas hormon tubuh menjadi menurun, dan bahkan regenerasi sel tubuh menjadi terhambat.

Nah oleh karena itu agan harus mengetahui waktu istirahat/tidur yang dibutuhkan oleh masing-masing umur supaya agan terhindar dari kerusakan siklus tidur. Berikut ini adalah penjelasan bagaimana jumlah waktu tidur yang optimal untuk tiap-tiap umur, lalu bagaimana agar terhindar dari kerusakan siklus tidur.


Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur

Waktu tidur yang optimal
Nah sebelum agan mengembalikan kembali siklus tidur yang baik bagi tubuh agan, agan perlu mengetahui berapakah waktu tidur yang dibutuhkan sesuai umur agan. Tidur yang lebih lama dari jatah yang dibutuhkan tiap-tiap umur tidak juga berdampak kepada hal positif. Jadi agan perlu mengetahuinya seperti gambar diatas yang mana untuk usia bayi dibutuhkan 16-17 jam perhari, usia anak-anak tk dibutuhkan 10-11 jam, usia anak-anak sd dibutuhkan 9-10 jam, usia remaja dibutuhkan 8-9 jam, dan usia dewasa hingga tua hanya dibutuhkan 6-7 jam.


Ini Dia Tidur Yang Dibutuhkan Masing-Masing Umur

Mengembalikan Siklus Tidur
Siklus tidur yang telah rusak memang tidak serta merta langsung terasa dampaknya. Tetapi baru akan muncul setelah sekian tahun lamanya. Seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, mudah lelah, mudah depresi, dan penyakit mental. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya hormon tertentu yang bisa diproduksi ketika kita tidur di waktu yang tepat.

penyakit umum kerusakan siklus tidur


Bila tidur seringkali tidak tepat waktunya maka produksi hormon tersebut akan berkurang menyebabkan abnormalitas fungsi aktivitas hormon tubuh yang mengarah ke penyakit-penyakit yang sudah disebutkan diatas. Oleh sebab itu ada baiknya dari sekarang kita harus perhatikan pentingnya siklus tidur yang baik supaya terhindar dari berbagai penyakit umum kerusakan siklus tidur. Berikut tips-tips yang telah diteliti oleh Universities of Birmingham dari Amerika, Universities of Surrey dari Inggris, dan Monash University dari Australia dalam Jurnal mengembalikan siklus tidur yang telah rusak :


Quote:1. Bangun tidur 2-3 jam lebih awal dibanding sebelumnya

2. Keluarlah di pagi hari dan jemurlah tubuh dengan matahari pagi (sebelum jam 9)

3. Tidurlah 2-3 jam lebih awal dibanding sebelumnya

4. Batasi paparan matahari sore

5. Jaga jadwal bangun tidur dan tidur yang sudah fix ini untuk selanjutnya (baik ketika hari kerja maupun libur)

6. Sarapan secepatnya setelah bangun tidur

7. Jangan telat makan malam dan kalau bisa sebelum jam 7 malam.


Nah itu dia 7 tips mengembalikan siklus tidur yang telah rusak yang dilansir dari jurnal berjudul “Resetting the late timing of ‘night owls’ has a positive impact on mental health and performance”. Semoga bermanfaat buat agan yang sedang mengalami kerusakan siklus tidur. Ane sendiri sudah mengalami dampak-dampak akibat rusaknya siklus tidur dan mulai saat ini ane lakukan tips-tips diatas supaya siklus tidur kembali normal, minimal biar nggak ngantuk pas pagi hari deh!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nourizal09 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 15
23-09-2019 10:48
kalo siklus tidur udah biasa jadi susah bangun siang gan, niat weekend kemaren mau nonton film. ane nonton ampe jam 2 lebih terus tidur, eh jam 4 udah bangun... abis subuh mau tidur lagi udah susah... ampun deh
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 10:48
waktu kerja di perusahaan sebelumnya, jam tidur ane ga tentu. siang jadi siang, malem jadi siang. tidur jam 6 pagi, bangun jam 11 siang kalo ga ada jadwal meeting ke klien. kalo ada meeting malah kadang ga tidur sebelumnya. sekarang di perusahaan baru yang jam kerjanya teratur baru berasa impact nya. sering lemes, cape, sakit-sakitan. tapi setahun begini terus secara teratur, lama-lama badan makin enak & jam tidur terjadwal dengan baik
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 11:02
jam tidur ane 6 jam klo masuk sekolah dulu dan kalo libur ane sampai 10 jam emoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 11:10
Quote:Original Posted By pakolihakbar
Kalo mau ketemu nyokap gw silahkan aja

Dia ada di tempat dimana biasa orang² baik berada

Coba aja lo sayat dulu nadi lo kalo mau ketemu nyokap gw

Itu pun kalo ketemu emoticon-Smilie


Dunkin Donut Gambir besok jam 12. Deal?
0
23-09-2019 11:13
Quote:Original Posted By binyomin
Dunkin Donut Gambir besok jam 12. Deal?


Baca aja dulu yg bener pesen gw apa emoticon-Smilie
0
23-09-2019 11:18
tips bagus nehhh emoticon-Jempol









konveksi tas
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 11:23
berarti kalo ane 6-7 jam,, kalo kurang dari itu berasa pusing kepala pas bangun emoticon-Big Grin
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 11:25
2. Keluarlah di pagi hari dan jemurlah tubuh dengan matahari pagi (sebelum jam 9)

untuk ini kayaknya pernah baca bahwa sinar matahari yang baik itu diatas jam 10 karena beberapa faktor ilmiah, cuma threatnya ane ga simpen (mungkin bisa digoogle) dan karna ini sesi sharing jadi seandainya kalo ane ada salah mohon dikoreksi gan emoticon-Big Grin

Perlu juga kita menghindari aktifikas gadget 1 jam sebelum tidur untuk kualitas tidur yg baik, mungkin ini lebih berpengaruh karena ketagihan maen gadget pas jam tidurnya udah tiba. Bisa diganti baca buku, ngobrol ama keluarga, meditasi, dsb.

Kalo ane sih sarankan utk org dewasa waktu tidurnya 7-8 jam. Kalo ane senin-sabtu 7jam, minggu 8 jam.

Well, this threat deserve more cendol

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Diubah oleh ulermaboq
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
23-09-2019 11:29
ane juga lagi ngalamin ini gan, dan ane takutt, berasaa zombie, cape tapi ga bisa tidur, mungkin siklus tidur ane lagi rusak, mudah2an ane juga bisa ngatur ulang siklus tidur ane yang baiik gan
emoticon-Sorry emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
23-09-2019 11:30
Balasan post pakolihakbar
samaa gaan , gimanaa yah caraa biar ga begituu lagiiiii, ya allah sediih banget kebangun tengah malem ituuuh, paginyaa lemes ngantuk berasa zombiee
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 11:50
ane (umur 28) tidur lama cuma kalau capeeeeeeeeeeeek banget Gan, entah weekend atau weekday, namun sangat jarang terjadi emoticon-Berduka (S)
seringnya sehari tidur 5 jam dah, walau aktivitas fisik banyak, ngegym pulang kantor gitu... tubuh ini lelah, apa daya mata ane seger bener, apalagi abis gym mandi emoticon-Ngakak (S) nyampe rumah baca buku sampe jam 2 an gtu

nah tapi pernah bisa tuh tidur jam 19.30, bangun jam 07.00 pagi, itu pun karena alarm emoticon-Ngakak (S)



emoticon-Kiss
Senam tuh jangan disitu-situ aja, sama yang itu-itu aja.
Yuk Sehat dan Ceria Bersama Berbagai Komunitas Joged!
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 11:55
Hmmm woalah gitu amat yak? emoticon-Sorry
jangan dibuka
0
23-09-2019 11:58
Quote:Original Posted By gittagitte
samaa gaan , gimanaa yah caraa biar ga begituu lagiiiii, ya allah sediih banget kebangun tengah malem ituuuh, paginyaa lemes ngantuk berasa zombiee


Ane aja ga tau mesti gimana emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
23-09-2019 12:11
Balasan post pakolihakbar
yaaaaah, kirain ente punya solusi gaan..
ane dari minggu kmren ngerasaain banget bgtu gan,
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 12:18
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Hmmm soal bangun dan tidur ye
emoticon-Big Grin
Cukup gak imbang tapi bisa senang
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngacir
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-09-2019 12:19
Quote:Original Posted By pakolihakbar
Baca aja dulu yg bener pesen gw apa emoticon-Smilie


Jah jiper ini anak haram emoticon-Smilie
0
23-09-2019 12:27
Quote:Original Posted By binyomin
Jah jiper ini anak haram emoticon-Smilie


Gw ga ada takut sama siapapun selama gw masih ngerasa bener
Gw ga merugikan lo yg semangat banget bahas soal coli dan ngatain orang sembarangan
Ngatain nyokap gw
Kalo lo pinter coba dibaca ulang
Lo sayat dulu nadi lo baru bisa ketemu nyokap gw
Segitu udah paham orang suci?
0
23-09-2019 12:28
Quote:Original Posted By gittagitte
yaaaaah, kirain ente punya solusi gaan..
ane dari minggu kmren ngerasaain banget bgtu gan,


Banyak yg bilang sih minum susu sama teh anget sebelum tidur supaya badan kerasa lebih rilex
Gw sih minum obat tidur buat sekarang² ini emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
23-09-2019 12:30
Balasan post pakolihakbar
minum obat tidur?ga ngeri gan?ga pake cara alami kayaa mandi air hangat or terapi akupuntur gan emoticon-Belo
*serius tanyaa
0
23-09-2019 12:31
Quote:Original Posted By gittagitte
minum obat tidur?ga ngeri gan?ga pake cara alami kayaa mandi air hangat or terapi akupuntur gan emoticon-Belo
*serius tanyaa


Gw udah konsultasi sama dokter bahkan ke psikiater daripada gw stress sendiri ga bisa tidur emoticon-Ngakak (S)
Gw udah nyoba terapi ABCD dan ga mempan emoticon-Embarrassment
0
Lihat 1 balasan
Halaman 11 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.