erikkun28
TS
erikkun28
Nyari Kerja Bidang Teknologi itu Gampang.!!! [Pengalaman + Tips]
Halo gan. Balik lagi dengan ane yang postingannya ga pernah trending. emoticon-Ngakak
Kali ini ane mau share pengalaman betapa gampangnya nyari kerja untuk orang-orang dengan jurusan telnologi. Untuk teknologi sendiri ane mencakup banyak hal ya, entah itu programer, desainer, ui/ux dan lainnya. Intinya ini pengalamn ane dua tahun lalu ngelamar kerja di bidang IT.

Thread ini ane buat karna ada suatu kegelisahan (wadau gelisah) dalam jiwa tentang banyaknya meme tentang susahnya dapet kerja lah, lamaran di tolak mulu lah, surat lamaran di buang ke tong sampah lah dan banyak lah nya lah.

Selain dari banyaknya meme yang berseliweran, ane juga sering liat berita-berita tingkat pengangguran yang meningkat lah, dan lain sebagainya. 

Kalian wahai manusia yang belum bekerja (khusus yang dibidang teknologi ya) dengan alasan belum keterima atau gak lolos pas tes dll. Mari merapat,. saya akan beri pencerahan bangaimana cara saya mendapatkan pekerjaan dengan sangat mudah.. 
BETUL, SANGAT MUDAH...!!!

Ane Masih Berstatus Lulusan SMK
Sebelum terlalu jauh, perkenalkan nama saya erik lulusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak tahun 2014. Yap dari dulu sampai sekarang belum kuliah (2019 ini baru mau kuliah karena tuntutan kerja).
Dua tahun lalu setelah resign sebagai guru honor di salah satu sekolah, ane mulai menjalankan profesi sebagai freelacer web desain dimana ini adalah awal dari semua kelancaran dalam melamar kerja. 

5 bulan berlangsung sebagai Pengangguran (freelance). Akhirnya ane memutuskan untuk berangkat ke jakarta untuk ngelamar kerja. Saya sebar lamaran di Internet di jobstreet, lokerid, dll termasuk di linkedin (anak IT tau lah ya linkedin). 

Tidak berlangsung lama, ane dipanggil oleh 3 perusahaan IT. yang pertama di bandung, yang dua di jakarta. Yang di bandung saya tolak karena kondisi saat itu sedang krisis dan waktu interviewnya mepet dan terlalu jauh juga dari posisi saya yang sedang di jakarta.

Setelah memutuskan datang ke kedua perusahaan tersebut untuk interview, di hari yang berbeda pastinya (kalo ada panggilan interview di hari yang sama, kalo sekiranya ga terlalu butuh, jangan di ladenin, tar yang ada ribet sendri dan di interview kedua muka kusut, keringetan kalo jarak kantor berjauhan. Belajar nawar).

Setelah interview selesai (berjaan lancar), akhirnya tiba untuk menunggu. Mungkin karena perusahaan yang saya lamar sedang butuh saya mendapatan notifikasi bahwa saya diterima di satu perusahaan dan saya minta untuk masuk di minggu berikutnya untuk persiapan (saya tinggal di bogor). Setelah dua hari keterima kerja, saya mendapat notifikasi dari perusahaan satunya bahwa saya diterima juga..

well, well, well Disitu saya mulai sadar bahwa memang melamar kerja itu tidaklah suit. Sampai disini ane belum kasih tips ya tapi ada beberapa hal yang ane selipkan untuk kawan-kawan yang peka. Sampai disini masih cerita.

Setelah satu hari berikir keras untuk mengambil yang mana, akhirnya saya memilih perusahaan yang kedua. Perusahaan ini ada di dekat stasiun sudirman. letak pastinya tidak bisa saya sebutan ya. gak pentng juga.

Cerita tidak sampai disitu, karena derama kehidupan nyata tidak semanis teh gelas. ternyata, di perusahaan kedua merubah keputusan untuk melakukan test ulang dimana  ada dua kandidat baru yang keterima.(artinya ane keterima itu, keterima lolos seleksi, padahal kan udah di interview, kebayang ga tuh nyeseknya). Mana perusahaan pertama udah di tolak sambil minta maaf besar besaran. Gimana kalo ane gak lolos di tahap ini? Akhirnya, ane ikut seleksi selanjutnya dengan datang ke kantor tsb dengan penuh harapan.

Sampainya di tempat, ternyata mereka berdua udah datang  lebih awal. (kebayang ga tuh mental dropnya kaya gimana). Dalam hati "Aduh, skor gua turu dah". Akhirnya duduk lah kita bertiga. Dari perbincangan kita bertiga, didapatlah beberapa informasi bahwa saingan ane ini teryata baru lulus S1 semua..... MAMPUS GA TUH MENTAL...!!!!

Pandagan ane terhadap gelar memang masih belum pudar pada saat itu, nyatanya almarhum bapak adalah seorang sarjana dan dia bisa bekerja sebagai PNS pada saat itu (sebelum meninggal). Dengan demikian, ane sering berpendapat bahwa menjadi sarjana adalah jalan paling cepat untuk dapat pekerjaan (Pada masa itu).

Waktu berbincang telah selesai, akhirnya satu per satu dipanggil ke ruangan kecil yang berisikan satu meja, satu bapak bapak, dan satu laptop dewa (sekarang jadi inventaris dan ane pake :v). Kedua kandidat sudah berlalu dengan muka yang cukup cemas dan pastinya ini bikin saya  makin down..

BAGIAN MEMBAHAGIAKAN
Akhirnya ane masuk ke ruangan tersebut......
Ternyata eh ternyata, testnya super gampang wkwkw.....
Kenapa demikian? Well kita balik lagi kita ke atas, 5 bulan jadi pengangguran, ane jalani sebagai freelancer web desain diman disana ane udah pernah bikin beberapa website dan  itu jadi kunci utama dimaan ane jadi kandidat yang terpilih...

Test berlangsung cukup lama karena proses membuat satu halaman dengan tema company profile dan ide anepun terbatas. Alhamdulillahnya, Semua berjalan dengan lancar. Dan sampai saat ini, ane masih berkerja di tempat tersebut.. pastinya diatas UMR dan dengan bonus2 tiap projekan selesai. :v
CERITA DAH KELAR
Banyak juga ya. Oke, dari cerita diatas, ane mau menyampaikan bahwa memang masuk kerja itu sangat mudah. Terlepas dari berapa IPK kita, apa gelar kita. Jika kita menguasai  bidang yang sesuai dengan pekerjaan kita dan yang punya perusahaan tertarik dengan apa yang kita kerjakan sebelumnya, kita pasti bisa diterima.

Oke, mungkin sedikit rumit jika penjelasannya segitu. Saya akan jelaskan sedetail mungkin apa yang saya maksud dan semoga kalian mengerti.

Perusahaan yang saya lamar adalah perusahaan jasa website yang sudah berdiri sejak tahun 2000 lalu sampai sekarang, peruhaan ini sering sekali mengerjakan website-website company profile termasuk website milik pemerintah.

untuk website-website company profile, saat ini platform yang dipakai adalah Wordpress, dimana ini adalah platform yang memang saya kuasai dan developer  wordpress pula yang sedang di butuhkan saat itu. 
Sebelumnya, saya membuat sebuah porfolio hasil kerjaan saya sebagai freelancer di behance.net (anak desain pasti tau nih). Disanalah tahap pertama saya diterima karena mereka sudah melihat portfolio saya sebelum saya di panggil untuk interview. Portfolio ini saya cantumkan di saat lamaran dikirim. Jika kamu pernah melamar di loker.id, kamu akan dihadapkan dengan kolom yang harus di isi yang harus kamu jelaskan kenapa kamu berhak mendapat posisi tersebut.

TIPS NGELAMAR KERJA UNTUK ANAK IT/DESAINER DLL
Oke, mungkin saat ini banyak orang it yang lebih memilih jadi freelancer, buka startup dll. terlepas dari hal itu, ini untuk yang masih mau kerja saja ya.. Disclaimer aja ya,.. Anak it biasanya gengsian kalo soal profesi.

1. Portfolio
Banyak orang-orang it,web desain, desain dan apalah istilahnya banyak, tidak memperhatikan hal yang satu ini. Ini adalah hal terpenting yang saya gunakan sebagai senjata utama dikala saya kalah saing dengan pangkat. Pastikan kamu sudah memiliki 
portfolio.

NETIJEN:   Gua kan belum punya pengalaman dapat orderan buat bikin web atau bikin desain buat portfolio
GUA:   Portfolio tidak harus selalu dari orang yang pesen, sebagai web desainer, ane bukan hanya bikin web sesuai orderan, tapi ane juga bikin portfolio dari imajinasi. Bikin perusahaan sendiri, desain halaman sendiri, redesain halaman punya orang, bikinin buat sodara yang punya usaha dll. kalo lu ga bisa bikin portfolio dengan alasan diatas, FiX ente kuliahnya ga bener :v (gua jadi belagu semenjak bisa ngalahin anak sarjana dong :v)...
NETIJEN:   Gua kuliah ga ada waktu woi, jangan sotoy lu. Lu kan kaga kuliah..
GUA: Ane punya temen dan sekarang doi udah lulus sebagai sarjana. Dia anak it,. Dia ahli bikin website dan selama doi kuliah sampe sekarang, ane baru cek tadi, dia udah ada 15 portfolio hasil dia berimajinasi sendiri, hasil redesain dll. Jadi, apakah dia sibuk? Iyalah sibuk dengan imajinasi dan hasil karyanya :v 
NETIJEN:   Di kuliahan ga diajarin semua coeg, kita harus ngulik sendiri...
GUA: Lah, justru itu kuncinya, kamu cari tau apa yang jadi minat kamu dan apa yang sekiranya akan dibutuhkan untuk dipekerjaan kamu. Setelah itu, geluti sampe teler.

2. Menguasai Apa yang akan dilakukan Saat kerja
Harusnya sih ini jadi yang pertama ya. Tapi gpp lah yang pentng dapet poinnya. Intinya, kalain perlu menguasai yang memang akan dikerjakan nantinya. Ane sendiri gak punya banyak keahlian sebenarnya kalau dari bahasa pemrograman. tau la ya anak SMK sampe ana belajarnya. Bisa bikn text naek turun aja udah seneng, bisa CRUD sampe kelar jaa udah senangnya minta ampun.

Pada saat ini yang dibuthkan memang wordpress, php, css, troubleshooting wordpress, html dll. Makanya saya beranikan diri untuk melamar ya karna memang itu yang saya bisa.

Jika kamu melamar sebagai full stack developer atau desainer, ya fahami dan lancarkan keahlian-keahlian yang memang akan dipakai nantinya. Sebagai manusia IT, kita memang tidak akan luput dari yang namanya persaingan. Saya juga merasakan persaingan saat itu terasa menceckik walaupun hasil akhirnya bagus, tapi jika kamu menguasai apa yang akan kamu lamar, niscaya pekerjaan itu akan menerima kamu dengan baik. Welkom tu awer opis :v yekan.


Oke, mungkin itu saja yang bisa ane share. ya kalau standardnya agan-agan pasti tau lah ya cvnya, surat lamarannya, tata bahasanya kaya gimana ga perlu ane jelasin lengkap, karna bakal panjang kalo di bahas. Sering-sering juga cek video youtube yang bahas tentang cara melamar kerja dll. Buat yang masih belum keterima jangan prustasi karena masih ada banyak perusahaan yang masih butuh dengan keahlian agan.

Ingat dua hal yang saya bahas diatas tenatng portfolio dan juga menguasai apa yang akan dikerjakan nantinya.
Mungkin saya sedang beruntung saat itu dan bisa kerja disana. Well siapa yang tahu ya kan. Intinya tetap semangat lah buat agan-agan sekalain. Jangan mudah menyerah. 

Jangan lupa follow kalo lagi gabut ya.
Kalo thread kali ini rame, ane mau bikin tread original lainnya biar makin rame. Kalo thread panjang-panjang tapi gada yang baca kegimana gitu :v  mungki  karna ga menarik atau karna emang lagi sepi ni kaskus :v
Salam sukses buat kita semua. emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Polling
0 suara
Apakah thread seperti ini bermanfaat?
Diubah oleh erikkun28 23-09-2019 10:17
izzy713febrifznwarrysangru2
warrysangru2 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
11.2K
142
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.