jepanghebatAvatar border
TS
jepanghebat
Aktivis Hongkong Minta Bantuan Amerika Serikat


Jakarta – Aktivis demokrasi Hongkong Joshua Wong dan Denise Ho baru menyampaikan pidato di kongres AS. Pidato tersebut mendapat aplaus dari legislator Negeri Paman Sam. Dan tentunya, kutukan dari pemerintah Tiongkok.

Di hadapan anggota kongres, pemuda 22 tahun itu menegaskan bahwa demokrasi Hongkong sudah masuk ke titik nadir. Jika negara adidaya AS tidak membantu, bisa jadi warga Hongkong ditindak langsung oleh pemerintah Tiongkok.

Peringatan hari ulang tahun Partai Komunis Tiongkok bulan depan bisa jadi momentum bagi Tiongkok untuk menekan kubu prodemokrasi. Rumor tank Tiongkok yang dikerahkan ke daerah administrasi khusus itu, lanjut Wong, memang hampir tidak mungkin. Tapi, bukan mustahil.

”Seharusnya Beijing tak serakah. Mengambil semua keuntungan ekonomi dari reputasi Hongkong, namun menghapus identitas sosiopolitik kami,” ungkapnya.

Belum lagi ancaman yang dibawa Chief Executive Hongkong Carrie Lam. Bisa jadi kebijakan pembatasan kegiatan rakyat dari petahana pro-Beijing itu lebih tega. Misalnya, memblokir akses internet atau sistem transportasi publik.

”Ini bukan permintaan intervensi asing atau kemerdekaan Hongkong. Tapi, permohonan atas hak asasi manusia dan demokrasi,” imbuh Ho.

Permintaan tersebut direspons langsung oleh kongres AS. Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi menyatakan dukungan penuh pembentukan legislasi untuk mendukung unjuk rasa anti pemerintah di Hongkong. Legislasi yang dirancang dengan nama Hong Kong Human Rights and Democracy Act of 2019 itu bakal melalui pemungutan suara secepatnya.

”Kami tentu menyambut baik keputusan pemerintah Hongkong mencabut RUU Ekstradisi. Tapi, semua tahu bahwa itu saja tak akan cukup,” ujar Pelosi menurut South China Morning Post.

Pemerintah Tiongkok tentu saja mengamuk. Jubir Kemenlu Tiongkok Geng Shuang meminta AS untuk berhenti mendukung kelompok radikal dan separatis di Hongkong.

https://www.jawapos.com/internasiona...a-serikat/?amp

Joshua Wong, masih muda, bisa jalan jalan ke luar negeri, berbicara di kongres amerika, pakai jas mahal. Padahal dia bukan orang kaya. Jadi pertanyaan nya, siapa yg membiayai tiket pesawatnya ke luar negeri seperti ke jerman dan amerika? Sedangkan dia sendiri bukan orang yang mampu. Berarti sosok joshua wong ini penting juga bagi donatur, atau juga dia ini cerdas/pintar ya? CMIIW
Diubah oleh jepanghebat 23-09-2019 02:36
terranova345
Cooldrips
ruuuruuu
ruuuruuu dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.