ceritanyaw.id
TS
ceritanyaw.id
Intel core i7 Satu jutaan di 2019?

Sebelum ane sharing-sharing ane mau mendoakan agan dan sista sekalian agar sehat selalu dan semua doanya bisa cepat terwujud. Amin.. 

:terimakasih




Buat ane yang termasuk kaum kere hore, dalam membeli part pc price to performance itu penting banget. Nah untuk di pertengahan menjelang akhir 2019 ini buat agan dan sista yang ingin build pc mungkin prosesor ini bisa banget di andalkan. Prosesor yang ane mau bahas adalah i7 3770 non K, kenapa non K? Karena perbedaan harganya cukup lumayan dan sayang juga kalo agan dan sista sekalian cuma mau pc yang tinggal pake dan gak fasih overclock untuk menggunakan intel seri K. Lebih baik perbedaan harga itu di alokasikan untuk part yang lain seperti ram, mobo dan psu. Sebenernya prosesor ini udah sering banget ane rekomendasikan buat orang-orang yang mau build PC dengan part second, dan kali ini ane bakal lebih spesifik lagi ngebahas prosesor yang satu ini.



Pertama yang ane bakal bahas adalah tentunya jumlah core. i7 3770 memiliki 4 core dan 8 thread, kita cek di pasaran prosesor 4 core 8 thread atau lebih dengan kondisi "baru" yang paling worth it adalah ryzen 5 series di kisaran harga 2 jutaan paling murah dan kondisi bekasnya ada di atas 1.5 juta dan cendrung ada di 1.9jt. Sedangkan i7 3770 kita cek sekarang di pasaran harga bekas paling mahal ada di harga 1.2 jt dan jika agan dan sista sekalian beruntung kaya ane, agan dan sista sekalian bisa mendapatkannya di harga 900rb saja. 

Kedua adalah TDP, sebelumnya apa itu TDP? TDP adalah Thermal Design Power atau bisa di istilahkan ke maximum daya yang di pakai oleh prosesor, buat yang mau lebih paham tentang apa itu TDP bisa di baca di mari. Untuk itungan prosesor generasi lama, i7 3770 sudah cukup irit daya dengan TDP di 77w kalau di bandingkan dengan prosesor jaman sekarang perbedaanya tidak jauh, yang pada umumnya ada di 65w.

Ketiga adalah support memory atau RAM sampai 32gb, dimana jumlah ini sudah bisa di maksimalkan juga dengan murah dan juga masih cukup untuk di pakai sampai beberapa tahun kedepan. Untuk keperluan rendering dan gaming jumlah ram segitu di 2019  masih sangat mumpuni. Harga RAM DDR3 sekarang juga sudah sangat murah 8gb 12800 sekarang ada di harga 350 ribuan, dimana 32gb bisa di dapatkan dengan 4 keping ram 8gb dan di tebus dengan harga "350.000 x 4=  1.400.000".

Keempat adalah sudah support USB 3.0, walaupun USB 3.0 yang ada langsung di motherboard LGA1155 adalah generasi pertama namun tetap saja ini menjadi hal yang penting dimana transef speed eksternal bisa lebih cepat.

Dengan hal-hal positif di atas tentu saja pasti ada hal negatifnya. Jika agan dan sista memutuskan untuk membeli prosesor ini, karena statusnya adalah barang bekas jadi prosesor ini tidak memiliki garansi resmi dan garansi tergantung dari toko tempat agan dan sista sekalian membelinya. Selanjutnya adalah harga motherboard yang tidak worth it, memang ada beberapa mobo second lga 1155 yang murah namun jika agan dan sista ingin memaksimalkan prosesor ini agan dan sista sekalian pasti mencari mobo yang memiliki 4 soket RAM dan USB 3.0 header. Untuk lga 1155 dengan 4 soket RAM dan USB 3.0 header kalau ane liat-liat di lapak online cukup jarang untuk mendapatkan harga di bawah 1 juta kalau pun ada jumlahnya tidak banyak. Untuk moherboard yang worth it dan maksimal untuk i7 3770 ini, dari hasil cari-cari ane di lapak online agan dan sista bisa menggunakan Gigabyte P75-d3 rev 1.1, dimana harga mobo tersebut bisa di tebus dengan harga dibawah 1jt. 

Kesimpulannya i7 3770 di 2019 masih cukup layak terlebih untuk mengejar gaming 60 fps masih sangat bisa di andalkan, dengan catatan GPU yang di tandemkan support untuk menjalankan game-game yang agan dan sista mainkan. GPU yang cocok di tandemkan dengan i7 3770 untuk memaksimalkan performanya menurut ane adalah GTX 10 series dan RX 500 series. 

Benchmark bisa di cek di bawah gan










jonesforyouxxArialadelianzw
adelianzw dan 13 lainnya memberi reputasi
14
15K
107
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware Computer
icon
31KThread9.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.