alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d85d2b08012ae2418631f0b/ketika-orang-indonesia-ngomong-bahasa-indonesia-jadi-heboh-bikin-ngakak-miris
Lapor Hansip
21-09-2019 14:35

Ketika Orang Indonesia Ngomong Bahasa Indonesia Jadi Heboh, Bikin Ngakak Miris!

Past Hot Thread
Melestarikan Bahasa Indonesia

Ketika Orang Indonesia Ngomong Bahasa Indonesia Jadi Heboh, Bikin Ngakak Miris!


Entah kegabutan apa yang melanda ane hingga ngabisin waktu selancar di youtube seharian padahal kuota internet non unlimited lagi sekarat. Kemarin, pukul sekian hingga selesai pukul sekian. Namun, di sinilah ane melihat dan menonton suatu konten dan komentar warganet yang bikin ngakak dan miris sekaligus🤣😔.


Yeah, you know, saat ini warganet sedang dilanda demam "Penyanyi Indonesia Go Internasional". Ane pun begitu sebenarnya. Ane bangga karena ada anak bangsa yang punya karier musik gemilang di Hollywood sana. Sebab, standar sukses go international seorang pegiat seni adalah ketika mereka sukses dan terkenal di panggung Hollywood.

Ketika Orang Indonesia Ngomong Bahasa Indonesia Jadi Heboh, Bikin Ngakak Miris!


Rich Brian, Niki Zefanya, dan menyusul pula Stephanie Poetri ialah anak bangsa yang saat ini melambungkan karier dunia mereka dalam naungan 88rising. Ya, kita patut bangga, tapi kadang tingkah warganet Indo tentang mereka bikin ngakak, geleng-geleng, dan ada rasa miris juga.

Konten video tentang Rich Brian di bawah ini misalnya. Sepanjang video ditampilkan beberapa potongan momen di mana Rich ngomong bahasa Indonesia dan sontak jadi heboh dan mengundang banyak komentar.



Loh kok, gimana pendapat Agan dan Sista nih? Lucu atau biasa aja?

Berlanjut pada konten YouTube milik Prambors Radio di bawah ini. Pada kesempatan kala itu, Prambors berkesempatan untuk mewawancarai Niki. Si pewawancara antusias bertanya dengan bahasa Inggris pada pertanyaan pertama dan you know? Niki menjawab dengan menggunakan bahasa Indonesia😆.



Reaksi si pewawancara jujur bikin ane ngakak sih, didukung sama komen-komen warganet di kolom komentar.

Si pewawancara merespons kaget dan bilang, "Masih bisa bahasa Indonesia?" Niki pun menjawab, "Ya, tentu saja."

Dan sepanjang proses wawancara, si penanya dominan ngomong bahasa Inggris dan Niki dominan ngomong bahasa Indonesia. Seimbang sih sebenarnya, tapi tentu saja menimbulkan banyak tanda tanya.

Segitunya ya kalo orang Indonesia udah lama tinggal di luar negeri, pasti di-judge udah nggak fasih bahasa ibu atau bahasa pertama? Makanya kalo diajak ngomong mesti pake bahasa kedua?😆

Oke, ane paham. Banyak sebenarnya beberapa kasus yang membuat beberapa orang Indonesia berpikiran demikian. Agnes Mo, misalnya. Ketika awal karier go international-nya beberapa tahun lalu dan dia lama tinggal di Amerika, logatnya emang udah Amerika banget dan terkesan susah lagi ngomong bahasa Indonesia.

Dosen ane pas belajar mata kuliah sosiolingustik pun membenarkan bahwa orang bisa jadi lebih fasih ngomong bahasa kedua (B2) daripada ngomong bahasa pertama (B1) karena pengaruh lebih terbiasa menggunakan B2 dan lingkungan tempatnya berada yang mendukung penggunaan B2, serta beberapa faktor lain.

But, seimbang keduanya (B1 dan B2) pun sebenarnya bergantung dari penggunanya. Ketika dia memakai bahasa satu dan dua secara seimbang mana nggak bakal ada yang terabaikan bahkan terlupakan.

Try to be a best billingual and multilingual, why not?



Referensi: Opini pribadi TS

Sumber gambar: 1, 2
Diubah oleh mbakendut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 54 lainnya memberi reputasi
53
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 15 dari 18
23-09-2019 03:33
Berapa kali ane nemu video di youtube yang membesar-besarkan rich brian ngomong bahasa indonesia ,aneh aja ane ngeliat nya emoticon-Ngakak
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 04:07
benar itu, tergantung orangnya, jika dia sering menggunakan bahasa ibu di rumah bersama keluarga, biarpun di negeri orang tidak bakalan lupa
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 04:42
Quote:Original Posted By raliakbarrr
jadi teringat Alm. eyang Habibie. kalo ngomong bahasa indonesia aksen jermannya kuat sekali


Bener bre...
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
23-09-2019 05:08
Quote:Original Posted By mbakendut
Sip sipemoticon-Shakehand2



emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga




Orang Sulawesi kalo pulang dari Jakarta, kosakata "Lo-Gue" ikutemoticon-Ngakak


emoticon-Shakehand2
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 06:20
karena ketika anda bangga bahwa anda mampu berbahasa asing dengan lancar, maka anda akan cenderung meremehkan bahasa ibu anda dan kecondongan anda mencampuradukkan bahasa semata2 karena anda ingin dianggap "lebih"
ketika di negeri sendiri anda sedang berurusan dengan duit dan penghasilan, maka anda akan mati2 an berbahsa ibu sebagai simbol bahwa anda masih mencintai negeri anda
ketika anda berada di negara manca dan karir anda meredup, maka anda pun akan berusaha mati2 an menampilkan identitas bangsa asal anda, termasuk bahasa, supaya bisa mencari nafkah di "negeri sendiri"
profile-picture
profile-picture
actandprove dan mbakendut memberi reputasi
2 0
2
23-09-2019 06:34
jangan bilang minta B1 atau B2 di lapo ... 😅
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 06:42

Hmmmm

Okey ill be right back, dont you know?no smoking
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 07:07
bahasa ane amburadul banget gan emoticon-Ngakak (S).

#bata
profile-picture
actandprove memberi reputasi
0 1
-1
23-09-2019 08:15
salah jangan ditertawakan apalagi sampai viral, harusnya dikasih tau.
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 08:24
mirip klo lagi reuni keluarga besar
berasa channel H*O yg multilingual
satu indo, satu jawa, satu sunda
kumaha aing wae lah
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 08:31
jangankan bahasa inggeris
bahasa endonesah aja ane blepotan ini lidah
udah bawaan dari sononya
emoticon-Ultah
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 08:53
Bahasa indonesia blasteran kali ye.....
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
23-09-2019 09:01
Quote:Original Posted By evywahyuni
Bahasa daerah dimari beragam Om, tapi lebih cinta pake bahasa Indonesiaemoticon-Shakehand2


Uwooow... Cinta Indonesia bingits...
emoticon-Merdeka

emoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
23-09-2019 09:09
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Uwooow... Cinta Indonesia bingits...
emoticon-Merdeka

emoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tangan


Iya dong, Om. Di mana pun, bahasa daerah mah itu intern ajaemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan mbakendut memberi reputasi
2 0
2
23-09-2019 09:15
Quote:Original Posted By blunar
menurut ane gakapapa banget kok lebih sering ngegunain bahasa kedua...

toh kan sesuai yang dibilang TS juga kalo orang lebih sering bergaul dengan bahasa kedua tersebut pasti mau nggak mau jadi lebih fasih ngegunain bahasa kedua itu... kan di otak kita juga jadi otomatis gan

soalnya ane kalo abis baca buku bahasa inggris atau nonton film bahasa inggris aja tiba tiba di dalem kepala ane bawaannya pengen ngomong bahasa inggris muluuu...


Tapi gak sampai keterusan kanemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By blunar
mungkin yang bikin heboh orang orang kepada Niki sama Brian karena dipikirnya kedua artis ini gak bisa bahasa indonesia sama sekali kali yaaa...


Padahal udah tau kalo mereka besar di Indonesiaemoticon-Hammer2
0 0
0
23-09-2019 09:16
Quote:Original Posted By herrfraud
Ga usah heboh sih harusnya. Cuma harus pembiasaan lagi. Kayak ngerantau di pelosok ga pernah nyetir mobil trus pulang2 agak kaku bawa mobil.

Temen ane yg 11 taun di jerman pulang2 lupa bhs indonesia "es teh tawar".. dia pesennya teh dingin ga pakai gula. Kocak sih, hampir semingguan dia lupa beberapa kosakata Indonesia.


Berarti lingkungan emang sangat mempengaruhiemoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By toinxx08
hahahah pada heboh ya, sejauh jauhnya anak bangsa ninggalin tanah airnya pasti tetep inget bahasa ibunya lah. jadi sebenernya gak usah dibesar besarkan. bangga boleh tapi jgn berlebihan juga, santuy aja santuy wkwkwkw


Sip sip okemoticon-Shakehand2
0 0
0
23-09-2019 09:21
Quote:Original Posted By jefriyan9090
Terlepas mau leboh fasih bahasa kedua itu bukan sebuah masalah. Kenapa sih di ributin masalah bahasa.


Ya, begitulah kenyataannyaemoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By adhiet6
Ga usah jauh jauh ke luar negeri, orang Jawa ngomong bahasa Indonesia logatnya medok aja masi ada yang ngetawain,


Padahal logat itu ciri khas lohemoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By zavoyan
kenapa netizen dimari kaya sakit mental semua ya?emoticon-Bingung (S)


Aku gak termasuk

Quote:Original Posted By gta007
Coba lucinta luna dah


Gak ada hubungannyaemoticon-Ngakak
0 0
0
23-09-2019 09:29
Quote:Original Posted By grimrepair
Cara paling baik belajar bahasa asing adalah dengan menggunakannya ketika beraktivitas sehari2.

Bahasa ibu/bahasa pertama emang susah ilang,mau selama apapun diluar negeri.Kalo seminggu balik ke indo juga udah lancar lagi pasti.

Eh tapi gatau deng kalo buat orang yang bisa banyak bahasa


Yap, betul sekali. Kalau multilingual cerdas kayak Leonardo, misalnya gak ada yang dilupain emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By mimpisijack
Biasa aja... emoticon-Ngacir
Yg aneh itu kalau ane ngomong ke temen pake bahasa indonesia yang baku.
Mungkinkah yang lain merasa seperti itu?
emoticon-Big Grin


Gunakan bahasa sesuai kondisilah. Gak mungkin pakai bahasa baku sesuai KBBI banget kalo mau beli ikanemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By ssdestroyer
apa yang diharapkan dari bangsa inferior ini?


Jangan berhenti berharap. Masa depan Indonesia ada di tangan kita semuaemoticon-Shakehand2
0 0
0
23-09-2019 09:30
Quote:Original Posted By Baringbing
Kaga ngerti gw


Baca lagi, Gan. Biar ngertiemoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By bilung22
Berapa kali ane nemu video di youtube yang membesar-besarkan rich brian ngomong bahasa indonesia ,aneh aja ane ngeliat nya emoticon-Ngakak


Bin ngakak yaemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By erina79purba
benar itu, tergantung orangnya, jika dia sering menggunakan bahasa ibu di rumah bersama keluarga, biarpun di negeri orang tidak bakalan lupa


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
Halaman 15 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.