abellacitraAvatar border
TS
abellacitra
Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya

doc.pribadi

Bismillahirrahmanirrahim

Hai, jumpa lagi dengan thread saya, Abella Citra.

#Bawang Merah Pembawa Berkah
#Sukses Tani Muda
#Cara Menanam Bawang Merah

Bawang merah yang bernama latin Allium cepa L. var. aggregatum banyak mengandung vitamin C, Kalium, serat, dan asam folat Kalsium dan zat besi juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

Setiap masakan selalu mempergunakan bahan jenis ini. Umbi yang berwarna merah dan pedas di mata bila dikupas ini selalu menciptakan rasa dan aroma yang khas.

Bawang merah merupakan jenis bumbu dapur, dengan kandungan minyak atsiri yang sangat membantu untuk kesehatan.

Kegunaan lain sebagai antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliin diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida

klik di sini

Tahukah cara menanam bawang merah dengan modal sedikit mendapatkan hasil yang melimpah?
Kiat sukses petani muda bawang merah

Berikut ini trik dari Mas Chim dari dusun Pojok, desa Mojo, kecamatan Bringin, kab Ngawi.

1. Memilih Bibit yang Sempurna

Bibit yang baik, pasti akan membuahkan hasil yang sempurna itu teori alam yang harus kita perhatikan. Jadi, gunakan bibit yang unggul untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Merah, bulat sempurna, satu umbi yang diperkirakan banyak menghasilkan bakal umbi baru.

Potong bagian pucuk yang nantinya bakal jadi tunas dan umbi baru.

2. Mempersiapkan Lahan




doc.pribadi

Lahan yang hendak ditanami dibuat bedengan sedemikian rupa. Dengan tujuan untuk mengatur tingkat keasaman tanah PH tanah. Cukup di 6,7 bawang merah akan tumbuh dengan sempurna. Tanah dibuat gembur untuk mempermudah tumbuh umbi baru bawang merah.

Ukuran lebar 1,2 meter dan panjang disesuaikan dengan kebutuhan dan lahannya, kedalaman 40 centimeter dari parit.

Lahan diberi pupuk dasar yaitu TSP Triple Super Phosphate untuk lahan seluas 5 are hanya hanya diperlukan sekitar 10 kilogram. Hanya untuk menambah berat bawang merah saja.

ZA 5 kilogram, Kcl 2 kilogram dan Ponzka sehingga mendapatkan 25 kg untuk mendapatkan warna merah yang merona pada sang bawang merah ini. Dicampurkan pada tanah yang hendak ditanami.

klik di sini jenis-jenis pupuk

3. Penanaman Bibit

Setelah lahan sudah siap, baru kita menanam bibit umbi bawang merah yang sudah disediakan tadi, yang sebelumnya sudah dipotong tunasnya sepertiga dari umbi.


doc.pribadi

Tujuannya untuk anakan umbi biar banyak. Kemudian dibenamkan setengah dari umbi tersebut dengan jarak 20 centimeter ke dalam lahan.

Selama tidak ada hujan, bibit yang belum tumbuh tunasnya itu disirami pagi atau sore hari dengan tujuan mengurangi panas biar gak mati.

4. Pemupukan dan Penyemprotan

Pemupukan dilakukan kembali saat bawang merah berumur 10 hari dan 25 hari dengan takaran yang sama saat pengolahan lahan pertama. Hanya disebarkan begitu saja sudah cukup.


doc.pribadi

Penyemprotan dilakukan seminggu 2 kali, untuk merangsang pertumbuhan dan mencegah hama ulat. Saat siang ulat terbenam dalam tanah. Jadi, lebih efektif jika penyemprotan pada malam hari. Hanya menggunakan poc pupuk organik cair, sesuai takaran yang ada pada labelnya.

5. Pengairan

Perhatikan selalu bedengan jangan sampai kering, karena ini sangat berpengaruh terhadap bawang merah yang tidak suka pada cuaca yang sangat panas.


doc.pribadi

6. Penyiangan

Hama gulma selalu saja menjadi pendamping bawang merah, biar asupan nutrisi maksimal terserap, gulma atau rumput perlu disiangi.

Daun bawang dan bunga dari bawang merah ini juga laku dijual lho, untuk bahan campuran masakan. Bunga bawang merah yang namanya putut (orang Jawa) panjang bulat bunga warna putih.


doc.pribadi

7. Masa Panen

Bawang merah bisa dipanen saat berumur 60 hari dari tanam. Kalau penangan maksimal dan tidak ada kendala dalam 55 hari sudah bisa panen.




doc.pribadi

Dengan cara dicabut sampai akarnya, diusahakan jangan sampai ada yang tertinggal umbinya.

Dari 1 kilogram bawang merah bibit bisa mendapatkan 15 kilogram bawang merah hasil. Bisa dikalikan sendiri, jika 5 are diperlukan bibit 75 kilogram.

Hasil jual perkilogram bawang merah Rp, 16.000,- bisa dibayangkan, 18 juta kotor hanya modal awal 3,7 juta untuk membeli bibit dan pupuknya. Kurun waktu hanya 60 hari. Pas harga melangit kemarin 1 kilogram Rp, 40.000,- panen raya petani bawang merah.


doc.pribadi

8. Pasca Panen

Untuk hasil yang melimpah ada trik khusus juga, biasanya saat panen harga anjlok dua Minggu kemudian harga meroket kembali. Mas Chim tak kehilangan akal, dengan berat tertentu bawang merah ini diikat ujungnya dengan menyatukan daun keringnya. Kemudian digantung, ditata sedemikian rupa di para-para. Jika harga sudah meroket baru dikeluarkan dari gudangnya.






doc.pribadi

Semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Petani muda Mojo yang sukses bisa menularkan suksesnya untuk Anda juga.

Yang ingin belajar, bisa hubungi di akun FBnya @MazChim AE Yach
Diubah oleh abellacitra 27-09-2019 11:52
zafinsyurga
infinitesoul
ngejleb
ngejleb dan 51 lainnya memberi reputasi
52
9.4K
320
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.