kreator.artikel
TS
kreator.artikel
5 Pencarian Yang Perlu Agan/Sista Waspadai Di Google Search



Zaman serba digital seperti sekarang ini memang sangat mundah untuk mendapatkan berbagai informasi dengan cepat. Mesin pencarian Google yang biasa di sebut dengan Google Search adalah sarana dan tempat untuk mencari informasi yang masih eksis hingga saat ini. Hanya dengan smartphone yang terhubung koneksi internet, siapapun bisa mencari informasi yang di butuhkan secara leluasa.





Namun, tak selamanya hasil pencarian yang di tampilkan di Google Search selalu tepat, akurat, dan bermanfaat. Beberapa ada yang justru berpotensi menyesatkan dan merugikan. Misalnya saja beberapa ancaman seperti malware, misinformasi, pishing, dan lainnya.

Oleh karena itu, pengguna internet disarankan untuk tetap waspada dalam beberapa pencarian tertentu agar tidak merugikan diri sendiri. Nah, berikut ini adalah 5 pencarian yang wajib agan/sista waspadai di Google Search:



1. Situs Web Perbankan



Salah satu pencarian di Google Searchyang wajib kamu waspadai adalah situs website perbankan. Karena, hal ini menjadi lahan basah para pelaku kejahatan untuk membuat website serupa dengan alamat yang sangat mirip, hal ini sering di sebut dengan istilah pishing.

Ketika kamu masuk ke alamat website palsu dan login, maka saat itulah data akun perbankan milikmu jatuh ke tangan penjahat. Jadi hati-hati ya ketika kamu melakukan segala aktivitas perbankan di internet!



2. Login Media Sosial



Teknik pishing ternyata tak hanya digunakan untuk mengelabuhi nasabah bank saja, tetapi juga digunakan para pelaku kejahatan untuk mengumpulkan data informasi detail login akun media sosial milik korbannya.

Disini, modus yang digunakan pun masih sama, yakni dengan membuat website yang sama dengan aslinya tetapi URL-nya berbeda. Misalnya seperti ini gan, alamat website Facebook yang asli adalah Facebook.com, penjahat yang melakukan pishing akan membuat website serupa tetapi URL nya menjadi Faceboook.com.



3. Nomor Layanan Perusahaan



Selain situs web perbankan dan media sosial, salah satu celah yang dimanfaatkan para pelaku kejahatan adalah nomor layanan perusahaan. Terkadang, ada pengguna internet yang ingin mencari nomor layanan perusahaan tertentu di Google Search, namun yang di tampilkan dalam hasil pencarian malah nomor sang penipu. Kanapa demikian? Bisa saja sang penipu menggunakan jasa Google Ads, sehingga nomornya bisa tampil di urutan paling atas di laman pencarian Google.



4. Mengunduh Aplikasi Dari Sumber Yang Tidak Terpercaya



Hasil pencarian lain yang perlu diwaspadai adalah saat kamu hendak mengunduh suatu aplikasi. Pastikan kamu hanya mengunduh aplikasi dari sumber resmi dan terpercaya seperti Play Store, App Store, atau situs web developer dari aplikasi yang di inginkan. Karena jika kamu mengunduh aplikasi melalui sumber non-resmi, di khawatirkan file installernya telah di modifikasi serta di susupi malware atau backdoor.



5. Kode Promo & Kupon Diskon



Siapa sih yang tidak suka jika mendapatkan kode promo dan kupon diskon untuk digunakan berbalanja di e-commerce? Semua orang pasti suka. Namun, bagaimana jika e-commercetersbeut tidak menawrkan kode promo ataupun kupon diskon? Apakah kamu akan mencari-cari sendiri di Google?

Nahh, bagi sista-sista nih yang hobi berbelanja online, kamu perlu waspada dengan hal ini! Memang ada cukup banyak situs web yang menawarkan informasi mengenai kode promo dan kupon diskon yang bisa di gunakan untuk berbelanja di beberapa e-commerce. Namun, apakah semua website tersebut benar-benar aman dan memberikan keuntungan, atau justru malah menggali informasi login pengunjungnya yang akan berujung pencurian data? Jadi, kamu perlu lebih berwaspada dan jangan mudah tergiur oleh kode promo dan kupon diskon dari sumber yang tidak jelas.



Itulah 5 pencarian di Google Searchyang wajib agan/sista waspadai. Cerdaslah dalam menggunakan internet, tingkatkan kewaspadaan kalian ketika mencari informasi baik itu di Google Search ataupun mesin telusur lainnya. Supaya kamu mendapatkan manfaat baik dari internet, bukan malah merugikan diri sendiri. Hati-hati ya gan/sist!





sebelahblogzafinsyurgainfinitesoul
infinitesoul dan 36 lainnya memberi reputasi
37
10.1K
96
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.