alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d86d43e349d0f472c3eb0fc/media-asing-ekspos-larangan-seks-pranikah-di-bali-ini-komentar-pelaku-pariwisata
Lapor Hansip
22-09-2019 08:54
Media Asing Ekspos Larangan Seks Pranikah di Bali, Ini Komentar Pelaku Pariwisata
Media Asing Ekspos Larangan Seks Pranikah di Bali, Ini Komentar Pelaku Pariwisata


Di tengah pengajuan DPR-RI untuk mendorong pengesahan UU KUHP yang baru, media Australia terlihat gencar memberitakan dampak dari salah satu usulan dari rancangan UU tersebut yang akan melarang hubungan seksual pranikah dengan sanksi denda Rp10 juta dan hukuman 1 tahun penjara.

"Apakah oknum wakil rakyat sudah alih profesi jadi anggota Dewan Pengurus Ranjang yang ngurusin privasi dan selangkangan orang?," kritik keras pegiat sosial dan desainer Bali, Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik dalam akun media sosialnya.
Ia mengkhawatirkan dampak dari aturan ini akan berpengaruh dimana sebagian dari 1,2 juta wisatawan Australia dan jutaan dari negara lainnya boikot Indonesia gara-gara mereka berasumsi musti menyiapkan surat nikah untuk datang ke Bali.

Ia mendesak agar keputusan itu diklarifikasi agar media asing yang sudah ramai memberitakan agar tidak menjadi berita menyesatkan yang ujung-ujungnya pariwisata jadi berantakan. "Kalau gak bakalan dipenjara 6 bulan, apa kalian siap maem nasi putih tambah garam saja?," tandasnya.

Ketua Bali Tourism Board (BTB) IB Agung Partha Adnyana menyatakan pandangan masyarakat Bali tentang moralitas tidak selalu sejalan dengan Jakarta.

Menurutnya, Bali terkenal sebagai pulau paling damai dan toleran di Indonesia.

"Budaya Hindu menerima semua orang yang datang ke Bali.

Jika wisatawan datang ke Bali dan menghormati budaya, menikmati apa yang kami tawarkan dan tidak menggunakan narkoba, kami akan selalu menyambut mereka dan menghormati hak privasi mereka. Perlakuan yang sama seperti di negara asalnya," sebutnya, Sabtu (21/9/2019).

Sementara Ketua Asosiasi ASITA, Ketut Ardana tidak banyak berkomentar akan hal itu, karena masih belum pasti. Ia juga menegaskan jika terdapat rancangan yang belum bisa diterima harus disuarakan bersama. "Ya kita harus rame-rame suarakan...begitu," ungkapnya.

Seperti dikutip dari laman Reuters, LSM Lembaga Reformasi Peradilan Pidana mengatakan jutaan orang Indonesia bisa terjerat oleh undang-undang baru. Ia mencatat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa 40 persen remaja Indonesia terlibat dalam aktivitas seksual pra nikah.

Sedangkan Tim Lindsey, direktur Pusat Hukum, Islam, dan Masyarakat Indonesia Universitas Melbourne menyatakan di seluruh dunia, hal ini adalah peningkatan konservatisme yang dinilai sangat regresif.
Pelaku pariwisata di Bali Nigel Mason yang mengelola Mason Adventures dalam sebuah rekaman wawancara radio Australia pesimistis UU tersebut akan diberlakukan terutama di Bali karena perbedaan budaya Bali yang kental dengan Hindu sedangkan Jakarta yang mayoritas muslim.

Menurutnya, usulan dewan dalam UU KUHP yang baru ini dinilai konyol dan sebuah kemunduran melangkah. "Sesuatu yang konyol, kita sekarang hidup di abad 21 bukan era zaman kegelapan seperti dulu," sindirnya.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aliveairwaves dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
22-09-2019 11:11
Quote:Original Posted By bibirtembem
Asal lo tau aja yak, tu DPR dan Pemerintah buat RUU KUHP hanya melihat fenomena yg terjadi di Jakarta tok. Mereka menganggapnya Jakarta sbg cerminan Indonesia scr keseluruhan. Sehingga apa yg terjadi di Jakarta udh pasti terjadi di seluruh Indonesa. Begitu juga ketika buat peraturan.

Sedari awal berdirinya negara ini sbensrnya emng ga cocok jadi negara kesatuan. Soekarno terlalu naif tapi gw paham karena dia adalah org revolusioner dan sosialis. Bhineka Tunggal Ika =/= Negara Kesatuan. Mestinya negara federal cem Malaysia atau U.S


Betul , pandangan bung hatta yang paling betul dan terbukti sudah 70an negara terbentuk tapi kondisi masyarakat nya belum sejahtera juga , pembentukan federasi dengan masing masing negara bagian bisa membentuk hukum sendiri adalah paling pas untuk kasus Indonesia.
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1
22-09-2019 11:21
Nggak masalah aturan ini, asal:
- delik aduan ketat. Hanya yang memiliki hubungan hukum yang dapat melaporkan (pasangan, anak, atau ortu). Di luar itu nggak diterima laporannya.
- Nggak boleh ada sweeping atau razia oleh polisi, pol pp atau ormas terkait pasal ini. Sekali lagi, laporan dari orang yang nggak punya hubungan hukum ditolak.
profile-picture
profile-picture
Asitarahman dan wen12691 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
22-09-2019 11:59
Quote:Original Posted By klorofi
itu HIV dan AIDS kan bersumber dari selangkangan ...

kalo itu dibiarkan yaaaa biarkan juga narkoba dan korupsi ...

jangan dilarang sebab itu semua adalah sumber kerusakan masyarakat


Setujuh
0
22-09-2019 12:05
bye bye pariwisata. emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan aloha.duarr memberi reputasi
2
22-09-2019 12:10
hadeuh, gapapa kali, pake kimpoi kontrak ajaaa, kan yg penting suratnya
0
22-09-2019 12:14
Pejabat munafik 😂

Mereka juga sering ke Bali dengan alasan keperluan kantor , tapi akhirnya mampir tempat begituan juga 😂
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan aloha.duarr memberi reputasi
2
22-09-2019 12:21
bali akan di-aceh kan
0
22-09-2019 13:10
Quote:Original Posted By rizkyren2
ane punya usul, gimana kalo ini buat khusus penganut muslim aja, jd kaya arab gitu baru kena, bule2 gak, termasuk penduduk lokal emoticon-Big Grin


Win-win solution nih
0
22-09-2019 13:31
Quote:Original Posted By drs.obama
Diatur biar jadi manusia yang bermartabat kok malah pada kelojotan, emng binatang kelen

emoticon-DP
























Lari......................emoticon-Ngacir


ANE SETUJU CESSSS
0
Lapor Hansip
22-09-2019 14:12
Balasan post billyns
Quote:Original Posted By billyns
Nggak masalah aturan ini, asal:
- delik aduan ketat. Hanya yang memiliki hubungan hukum yang dapat melaporkan (pasangan, anak, atau ortu). Di luar itu nggak diterima laporannya.
- Nggak boleh ada sweeping atau razia oleh polisi, pol pp atau ormas terkait pasal ini. Sekali lagi, laporan dari orang yang nggak punya hubungan hukum ditolak.


Ngeliat praktek selama ini yg dilakukan kepolisian, gw pesimis dan ttep nolak. Selama ini kepolisian selalu razia hotel dan penginapan dan ketika menemukan pasangan yg melakukan free sex, mereka dibawa ke police office terdekat buat "dibina" abistu dipulangin. Jika UU ini lolos, ga ada chance utuk lepas.

Hukum secara teori akan sangat berlainan dlm bbrp hal ketika dipraktekan. Liat aja UU ITE dan penerapannya sekarang kek gimana.
0
22-09-2019 14:37
DPR pilih han rakyat emang pada tuolol emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
0
22-09-2019 14:47
Iyaaaa sih gan harusnya dikaji lebih dalam lagi karena dampaknya juga akan berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan termasuk pariwisata.

Jangan sampai dengan adanya rkuhp ini malah merugikan
0
Lapor Hansip
22-09-2019 14:57
Balasan post kakeksaya
@kakeksaya Kalau turis asing main ama playboy lokal gimana gan?
0
22-09-2019 16:18
Quote:Original Posted By klorofi
itu HIV dan AIDS kan bersumber dari selangkangan ...

kalo itu dibiarkan yaaaa biarkan juga narkoba dan korupsi ...

jangan dilarang sebab itu semua adalah sumber kerusakan masyarakat


HIV dan AIDS juga bersumber dari tukar menukar jarum suntik narkoba.
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
22-09-2019 16:27
Balasan post bibirtembem
Ane setuju kita jadi negara2 bagian..... jadi masing2 daerah bisa unik dan ngatur diri mereka sendiri sesuai adat dan kebiasaan disana
0
Lapor Hansip
22-09-2019 16:41
Balasan post lonelylontong
ya tetp kena lah gan emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
22-09-2019 16:47
Quote:Original Posted By bibirtembem
Asal lo tau aja yak, tu DPR dan Pemerintah buat RUU KUHP hanya melihat fenomena yg terjadi di Jakarta tok. Mereka menganggapnya Jakarta sbg cerminan Indonesia scr keseluruhan. Sehingga apa yg terjadi di Jakarta udh pasti terjadi di seluruh Indonesa. Begitu juga ketika buat peraturan.

Sedari awal berdirinya negara ini sbensrnya emng ga cocok jadi negara kesatuan. Soekarno terlalu naif tapi gw paham karena dia adalah org revolusioner dan sosialis. Bhineka Tunggal Ika =/= Negara Kesatuan. Mestinya negara federal cem Malaysia atau U.S


kagak tahu sejarah Indonesia nih yang komen
Indonesia dulu pernah jadi negara federal namanya Repoeblik Indonesia Serikat
0
Lihat 1 balasan
22-09-2019 17:01
Opo iki emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
22-09-2019 18:14
Balasan post barulangit
Iya dan bubar sejak KMB. emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
Lagian ketika Indonesia terbntuk pertama kali thn 1945 pun, bentuk negarnya bukan federal tapi kesatuan, sesuai sidang BPUPKI. Disidang itulah Hatta ga setuju sama Soekarno soal bentuk negara (dia lebih milih federal karena sesuai dgn konteks Indonesia yg sngt beragam) dan entah kenapa sidang setuju bentuk negara kesatuan.
0
22-09-2019 20:36
Wah bakal sepi nih kelub malam + panti pijit emoticon-Ngakak
Diubah oleh semprotsejati
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.