alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8337f65cf6c46b1921d932/sebut-hibah-koni-rawan-korupsi-roy-suryo-ungkap-pengalamannya
Lapor Hansip
19-09-2019 15:10
Sebut Hibah KONI Rawan Korupsi, Roy Suryo Ungkap Pengalamannya
Past Hot Thread
Sebut Hibah KONI Rawan Korupsi, Roy Suryo Ungkap Pengalamannya


Jakarta - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyebut dana hibah KONI dari Kemenpora memang rawan dikorupsi. Saat menjabat sebagai Menpora, Roy mengaku pernah mendengar saran negatif tentang pengelolaan dana hibah KONI.

"Begini, (dana hibah KONI) memang sangat rawan (korupsi). Saya cerita ketika zaman saya. Setiap tahun itu selalu ada penganggaran untuk KONI. Anggarannya memang kita tergantung dari usulan yang ada dan dari pagu yang sudah ada dari pemerintah," kata Roy kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).
 
Roy mengaku sempat mendengar saran agar dana hibah KONI tidak langsung dicairkan dan diserahkan. Politikus Partai Demokrat itu menyebut kalau anggaran KONI bisa 'diputar'.

"Nah memang, terus terang saja, banyak juga suara yang saya dengar, saya kan dulu menggantikan Mas Andi (Andi Mallarangeng) kan, katanya, 'ini menteri baru bego amat, kaya gitu (dana hibah) kan sebenarnya bisa diputar dulu, Pak', begitu," terang Roy.

"Misalnya ditahan dulu, kan lumayan, sebelum gitu (dicairkan) kan nggak ngurangi duitnya aja udah lumayan bunganya," imbuhnya.


Namun Roy mengaku tidak melakukan hal tersebut. Dia mengklaim selalu langsung menyerahkan ke KONI ketika dana hibah bisa dicairkan.

"Ya boleh ditanyakan, ke kantor Kemenpora saya langsung kasih saat itu meskipun kemudian muncul suara-suara, suara gaib mengatakan, 'ini bego amat'. Tetapi saya bilang itu bukan hak kita, itu memang harus diserahkan," ucap Roy.


Seperti diketahui, Imam Nahrawi selaku Menpora ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap dana hibah KONI. Roy prihatin dengan kondisi Imam.

"Sekali lagi saya sangat prihatin dan sangat menyayangkan itu terjadi. Apalagi melihat prestasi olahraga yang, saya objektif ya, di tangan yunior saya ini, di tangan Cak Imam ini agak lumayan," tuturnya.

Imam sendiri sudah mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menpora ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terkait jabatan Menpora, Roy menyarankan agar Jokowi menunjuk pelaksana tugas (Plt).

"Nah menurut saya tidak efektif kalau ada pejabat (menteri) baru, pejabat baru nanti penyesuaian. Sudahlah yang ada, plt saya kira bisa, sesmen (Sesmepora) bisa melakukan tugasnya. Jadi sesmen sebagai plt," tutur dia.

Pagi tadi, Jokowi mengaku sudah menerima surat pengunduran diri Imam dari jabatan Menpora. Jokowi mengatakan tengah mempertimbangkan keputusan penggantian posisi Menpora.

"Tentu saja akan kita segera kita pertimbangkan apakah segera diganti dengan baru atau memakai Plt," ungkap Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/7).


sumber: https://news.detik.com/berita/d-4712...annya?single=1

yang mau nostalgia ngebully doi waktu dan tempat ane persilahkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajaranggapra9 dan 9 lainnya memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
21-09-2019 17:40


Quote:Original Posted By itik.buruk.rupa
Masih lama gak nih ngomongnya,
Kalo masih lama ku buatin teh panas
emoticon-No Hope

Kopi aja biar malam bisa begadang
0
21-09-2019 19:03
sendok mana sendok

0
Lapor Hansip
22-09-2019 05:03
Balasan post ahlifosil
Quote:Original Posted By ahlifosil
Kayanya emang bener gan, ane juga pernah denger hal serupa gan tapi di Kementerian lain.
Dana hibahnya tidak langsung cair tp dimainkan dulu di reksa dana atau di depositokan.
Karena emang nilainya gak sedikit.
Baru nanti bisa cair kalo udah ada hasilnya, dan cairnya bertahap, tidak bisa langsung.


Mungkin itu juga yg jadi zona abu-abu buat aparat penegak hukum terkait dalam menangani kasus model begini.,. Mau dibilang korupsi tapi duit anggarannya masih utuh nggak berkurang,., mau dibilang nggak korupsi tapi duitnya sempet "transit" di tempat lain.,. Dan karena zona abu-abu inilah yg menyebabkan ada pejabat yg bisa lolos tapi ada juga pejabat yg kejeblos ketika kena kasus ini.,.
0
22-09-2019 05:30
jadi pejabat jalur politik harus paham betul dulu soal aturan keuangan negara. jangan ngiler jabatan lalu main sikat tawaran atau asong2kan diri lalu berakhir di penjara. tanda tangan juga jangan diobral... semoga jadi pelajaran buat para pemimpi.
0
22-09-2019 07:49
ya minimal masih ada bagusnya gak ketangkep korupsi
0
Lapor Hansip
22-09-2019 09:06
Balasan post kodak123
menurut ane jatohnya itu kampanye anti korupsi, bukan pencegahan.

pdhl kan yg mereka awasi itu pemerintahan pusat & daerah. pasti mereka paham tingkat kelola keuangan pusat & daerah yg baik, bnyk yg blm paham.

Dan agak lucu dlu denger ketua KPK menarget 200 kasus korupsi. Artinya KPK itu useless. Bukannya makin turun malah ditarget sekian kasusnya terungkap. Bs aja kasus2 yg ada bagian dr targetnya. emoticon-Big Grin
0
29-09-2019 16:43
uwoww yaaa smeoga next penggantinya bisa amanah dan ga tergiur dengan dana hibah KONI ya om royyyemoticon-Smilie
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.