alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f260be83c72197f1dadac/pembantaian-liga-bodo-bersih-bersih-komunis-ala-korea-selatan
Lapor Hansip
16-09-2019 13:04
Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Past Hot Thread
Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang Pembantaian Liga Bodo di Korea Selatan.

emoticon-I Love Indonesia

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Gambar: deviantart.com

Perang Korea belum terjadi, tapi Presiden Korsel Syngman Rhee sudah memiliki sekitar 300.000 nama yang diduga kuat sebagai simpatisan komunis. Memang tidak semua komunis, ada juga lawan politik yang harus dibungkam dan kebetulan mereka terdaftar sebagai anggota Liga Bodo atau Liga Rehabilitasi dan Pedoman Nasional (Hangeul: 보도연맹 학살사건, Gukmin Bodo Ryeonmaeng), sebuah organisasi warisan Kolonial Jepang yang identik dengan aliran kiri.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Kartu identitas anggota Liga Bodo.
Gambar: wikipedia.com

Pemerintah Korsel hendak mengedukasi ulang para rakyat Korsel yang telah terpapar paham komunis. Dengan dalih melindungi mereka dari eksekusi, pada Juni 1949, Pemerintah Korsel malah menuduh para aktivis kemerdekaan sebagai komunis dan terlibat Liga Bodo.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Suasana eksekusi para tahanan politik atau terduga komunis di Daejeon.
Gambar: wikipedia.com

Sesungguhnya ini hanya akal-akalan Pemerintah Korsel yang khawatir menjamurnya kolaborator Korut, sekaligus membatasi pergerakan komunis di selatan, serta menghabisi lawan politik yang patut dihilangkan. Pada tahun 1950, Pemerintah Korsel gerak cepat memenjarakan 20.000 orang terduga komunis.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Tentara Korea Utara merangsek masuk ke wilayah Korea Selatan.
Gambar: cbsnews.com

Pada tanggal 25 Juni 1950, tentara Korut merangsek dari utara yang menjadi sebab khusus meletusnya Perang Korea. Di bawah kepemimpinan Kim Il Sung, tentara Korut terus melaju tanpa henti.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Presiden Syngman Rhee.
Gambar: theperspective.com

Presiden Syngman Rhee yang akan mundur ke selatan, memerintahkan eksekusi terhadap anggota Liga Bodo pada tanggal 27 Juni 1950. Keesokan harinya, tanggal 28 Juni 1950, terjadi pembantaian pertama di Hoengseong, Gangwon-do. Eksekusi dilakukan tanpa pengadilan dan hukuman.

Kim Tae Sun yang saat itu menjabat sebagai Kepala Polisi Metropolitan Seoul mengakui telah mengeksekusi 12 orang terduga komunis. Kurang dari sepekan, Seoul jatuh ke tangan Korut.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pertempuran Seoul.
Gambar: wikipedia.com

Namun, pada akhir September 1950, Seoul berhasil direbut kembali berkat bantuan Sekutu. Eksekusi menggila dan diperkirakan sekitar 30.000 warga Seoul dan sekitarnya, tewas dibantai dengan tuduhan komunis atau kolaborator Korut.

Di Busan sekitar 3.400 warga Korsel juga dieksekusi. Sementara itu, di desa-desa pesisir sekitar 200 mayat korban eksekusi massal dibuang ke laut. Pensiunan Laksamana Korsel Nam Sang-hui mengatakan, “Tidak ada waktu untuk persidangan mereka.”

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: wikipedia.com

Seiring datangnya bantuan PBB yang dimotori Sekutu, pelan-pelan wilayah Korsel dibebaskan dari tentara Korut. Sekelompok polisi dan milisi pembebasan melanjutkan bersih-bersih komunis.

Pada bulan Oktober 1950, terjadi pembantaian sipil di Gua Goyang Geumjeong. Tercatat 153 orang dieksekusi oleh polisi di distrik Gyeonggi-do. Masih di distrik yang sama, polisi dan milisi pembebasan di Namyangju juga mengeksekusi 460 orang, termasuk 23 anak di bawah usia 10 tahun.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: wikipedia.com

Bersih-bersih komunis ini akhirnya mengusik Sekutu. Pada bulan Desember 1950, pasukan Inggris sempat menyelamatkan warga sipil yang sudah berbaris dan siap ditembak di pinggiran Seoul. Namun, hal ini tidak menyurutkan Pemerintah Korsel untuk melenyapkan komunis. Semua hal yang berkaitan dengan komunis harus dibunuh. Tidak peduli jika ada keluarga yang salah satu anggotanya terlibat komunis, sekeluarga harus dieksekusi.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: commons.wikimedia.org

Pada tanggal 4 Januari 1951, terjadi lagi pembantaian di Ganghwa, Incheon. Sekitar 1.300 orang dieksekusi massal. Para korban adalah kolaborator Korut saat pendudukan sementara. Pembantaian di Ganghwa terkesan sadis karena sebelumnya sempat terjadi pembantaian 140 orang non-komunis sebagai tindak balasan bersih-bersih ala komunis Korsel sepanjang tahun 1950.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: reddit.com

Perkiraan korban tewas Pembantaian Liga Bodo bervariasi. Ahli sejarah memperkirakan total korban berkisar antara 60.000-200.000 orang. Selama empat dekade Pemerintah Korsel berusaha merahasiakan hal ini. Korban selamat dan saksi mata dibungkam dengan ancaman penyiksaan dan pembunuhan.

Namun, penerus Korsel berikutnya agak melunak dan mulai membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk mengusut hal ini. Penggalian kuburan massal banyak digali sepanjang 1990-an yang menimbulkan kesadaran publik bahwa pembantaian ini memang pernah terjadi.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Penggalian kuburan massal korban eksekusi Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: english.hani.co.kr

Selain itu, informasi dari negara-negara Sekutu yang dulu terjun dalam Perang Korea semakin deras mengalir. Bahkan Arsip Nasional AS merilis beberapa foto prajurit AS yang sedang berada di lokasi pembantaian di wilayah Daejeon.

Di balik hingar bingar Korea Selatan yang sedang hype banget sama K-Pop dan K-Drama, ternyata mereka memiliki dosa kelam yang lumayan tragis.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 2 3 4

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 7
21-09-2019 20:28
ngeri gilak
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 20:28
Quote:Original Posted By maybelopah
Nitip buat baca ntar. Nonton yusup doloe

Oh ok

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By sucktalova
ngeri gilak

Yoi ngeri

emoticon-Takut
0
21-09-2019 20:31
Inspirasi afternya g30spki kah ini? emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
chisaa dan mengeja memberi reputasi
2
Lapor Hansip
21-09-2019 20:40
Balasan post mengeja
Quote:Original Posted By mengeja

Ya kepaksa sih. Cuma pernah ada kaskuser tinggal di Korut, rezim di sana emang represif banget. Tapi kalo yang nurut sama negara hidupnya normal kok

emoticon-Big Grin


Masa sih?

emoticon-Bingung


Wew hebat gan ada kaskuser hidup disanaemoticon-Matabelo

Ga tau juga ya, kan sejarah korut masih simpang siuremoticon-Ngakak
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
Lapor Hansip
21-09-2019 20:41
Balasan post fa.uz
Quote:Original Posted By fa.uz


Wah masa sih gan, baru tahu aneemoticon-Bingung


Entahlah ganemoticon-Ngacir
Rahasia korut yg pegang hanya jongunemoticon-Ngakak
0
21-09-2019 20:57
Quote:Original Posted By alenilliana
wkwkwk apaan sih, malah bikin ketawa emoticon-Wakaka
yakin gak mau buka?


Jangan ngejunk gan
Thread bagus ini
profile-picture
profile-picture
adhi.makayasa dan mengeja memberi reputasi
2
21-09-2019 21:05
Kill or be killed

Kalo ga dibantai, siapa yg bisa jamin kejadian macam Revolusi Bolshevik bakal terjadi? Atau mungkin saja diktator sekejam Pol Pot muncul di Korsel..
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
21-09-2019 21:06
Boleh titip sekalian basmi mafia liga syopi ga gan ? 😂
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
Lapor Hansip
21-09-2019 21:27
Balasan post stealth.mode
Quote:Original Posted By stealth.mode
Kill or be killed

Kalo ga dibantai, siapa yg bisa jamin kejadian macam Revolusi Bolshevik bakal terjadi? Atau mungkin saja diktator sekejam Pol Pot muncul di Korsel..


Yg jadi masalah korbannya belum pasti komunis.
cuman "diduga" atau punya kerabat/teman/sekedar kenal simpatisan komunis.
bahkan yg kritis sama sama Syngman Rhe pun kena ciduk .
Ibarat kata ente kondangan ke resepsi temen ente, seminggu kemudian ente baru tau kalo doi simpatisan partai yg jadi inceran aparat.
Saat aparat menyita buku tamu resepsi nama ente tertulis disitu. Jadilah ente diciduk aparat dan langsung "dihilangkan".
kira2 bagaimana perasaan anak, istri dan kerabat ente ? emoticon-Big Grin
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 21:27
Nice thread banget gan. Ane jadi tau ada kejadian beginian dulu di korea, serem juga yak
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 21:42
Nice share...
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 21:44
walaupun Korsel anti komunis,tapi mereka "tapir" gan....(masuk neraka) kata Omad bilang emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
hatakekakashi19 dan mengeja memberi reputasi
0
21-09-2019 21:44
Dibalik gemerlapnya industri plastique terdapat sejarah yang kelam.
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 21:46
Quote:Original Posted By Madthink
Yg menang selalu menulis sejarah..
Sampe orang yg cuma ikut2 an aja dibantai..

gak jauh beda sama di Indonesia..


sejarah ditulis oleh pemenang ya gan?
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 21:54
sejarah memang kelam. sperti sejarah2 negara2 lain. darah itu merah gan jendral emoticon-Turut Berduka
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 21:56
Beruntung lahir disaat perang dunia berakhir, ya meskipun masih bergelut dengan kebutuhan duniawi, salut sama pahlawan pencari kemerdekaan dan perdamaian dunia,
Ngeri emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 2 lainnya memberi reputasi
3
21-09-2019 22:12
Quote:Original Posted By bam09
Inspirasi afternya g30spki kah ini? emoticon-Takut

Bisa jadi

emoticon-Takut

Quote:Original Posted By ushirota
Wew hebat gan ada kaskuser hidup disanaemoticon-Matabelo

Ga tau juga ya, kan sejarah korut masih simpang siuremoticon-Ngakak

Udah pulang bre. Ane kocak pas tiba2 doi ngilang gak posting2, kaskuser laen nyangka udah dikarungin sama Jong Un gegara maen internet. Gak lama muncul lagi

emoticon-Wakaka

Quote:Original Posted By stealth.mode
Kill or be killed

Kalo ga dibantai, siapa yg bisa jamin kejadian macam Revolusi Bolshevik bakal terjadi? Atau mungkin saja diktator sekejam Pol Pot muncul di Korsel..

Susah juga sih ya Gan. Emang udah sebab-akibat imbas WW II kelar, AS sama Soviet rebutan pengaruh di Semenanjung Korea

emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By arisentris.
Boleh titip sekalian basmi mafia liga syopi ga gan ? 😂

Kalo bisa ane yang pegang bedil Gan

emoticon-dor

Quote:Original Posted By mamorukun
Yg jadi masalah korbannya belum pasti komunis.
cuman "diduga" atau punya kerabat/teman/sekedar kenal simpatisan komunis.
bahkan yg kritis sama sama Syngman Rhe pun kena ciduk .
Ibarat kata ente kondangan ke resepsi temen ente, seminggu kemudian ente baru tau kalo doi simpatisan partai yg jadi inceran aparat.
Saat aparat menyita buku tamu resepsi nama ente tertulis disitu. Jadilah ente diciduk aparat dan langsung "dihilangkan".
kira2 bagaimana perasaan anak, istri dan kerabat ente ? emoticon-Big Grin

Kasus PKI juga banyak banget begini. Malah ada tetangga gak suka sama tetangga yang lain. Bilang aja PKI, entar tetangganya yang dituduh diciduk sekeluarga

Atau ada desa yang dikasih bantuan pupuk gratis sama PKI syaratnya cuma ngibarin palu-arit doang di gapura desa. Waktu Jakarta goyang, ini desa diserbu. Kasian banyak yang gak tau apa2, cuma alat doang

emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By ziont
Nice thread banget gan. Ane jadi tau ada kejadian beginian dulu di korea, serem juga yak

Masama Gan. Sisi gelap Korea

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By nyonyo2
Nice share...

Yoi

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rony25
walaupun Korsel anti komunis,tapi mereka "tapir" gan....(masuk neraka) kata Omad bilang emoticon-No Hope

Benar salah relatif Gan

emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By fikarzz
Dibalik gemerlapnya industri plastique terdapat sejarah yang kelam.

Bener Gan

emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By wbros
sejarah memang kelam. sperti sejarah2 negara2 lain. darah itu merah gan jendral emoticon-Turut Berduka

Betul itu Kamerad

emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By salmino
Beruntung lahir disaat perang dunia berakhir, ya meskipun masih bergelut dengan kebutuhan duniawi, salut sama pahlawan pencari kemerdekaan dan perdamaian dunia,
Ngeri emoticon-Mewek

Ya kadang ane juga bersyukur Gan. Gak repot sama suara bom, tank, pesawat yang seliweran, dll.

Yang penting nyari duit aja udah yang bener

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Lihat 1 balasan
21-09-2019 22:13
Quote:Original Posted By mengeja
Bisa jadi

emoticon-Takut


Udah pulang bre. Ane kocak pas tiba2 doi ngilang gak posting2, kaskuser laen nyangka udah dikarungin sama Jong Un gegara maen internet. Gak lama muncul lagi

emoticon-Wakaka


Susah juga sih ya Gan. Emang udah sebab-akibat imbas WW II kelar, AS sama Soviet rebutan pengaruh di Semenanjung Korea

emoticon-Hammer2


Kalo bisa ane yang pegang bedil Gan

:dor


Kasus PKI juga banyak banget begini. Malah ada tetangga gak suka sama tetangga yang lain. Bilang aja PKI, entar tetangganya yang dituduh diciduk sekeluarga

Atau ada desa yang dikasih bantuan pupuk gratis sama PKI syaratnya cuma ngibarin palu-arit doang di gapura desa. Waktu Jakarta goyang, ini desa diserbu. Kasian banyak yang gak tau apa2, cuma alat doang

emoticon-Turut Berduka


Masama Gan. Sisi gelap Korea

emoticon-Big Grin


Yoi

emoticon-Big Grin


Benar salah relatif Gan

emoticon-Hammer2


Bener Gan

emoticon-Big Grin


Betul itu Kamerad

emoticon-Turut Berduka


Ya kadang ane juga bersyukur Gan. Gak repot sama suara bom, tank, pesawat yang seliweran, dll.

Yang penting nyari duit aja udah yang bener

emoticon-I Love Indonesia


Yoi gan, nyukupin kebutuhan hidup aja serasa kek udah perang ngelawan dunia emoticon-Ngakak
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 22:14
kalo Omad paling benci ama orang Korea yee gan emoticon-Bingung
Sok paling ganteng aje tuh si Omad emoticon-Cape d...
profile-picture
mengeja memberi reputasi
1
21-09-2019 22:18
Quote:Original Posted By salmino
Yoi gan, nyukupin kebutuhan hidup aja serasa kek udah perang ngelawan dunia emoticon-Ngakak

Seenggaknya masih bisa makan enak bre

emoticon-Leh Uga

Kakek ane cerita zaman Jepang sampe makan kulit singkong gara2 singkongnya diangkut Jepang. Terus zaman baru2 pengakuan KMB di Den Haag krisis pangan, dapet bantuan bulgur dari AS. Bulgur ini di AS buat makan kuda, di Indonesia buat makan orang

emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By rony25
kalo Omad paling benci ama orang Korea yee gan emoticon-Bingung
Sok paling ganteng aje tuh si Omad emoticon-Cape d...

Alah pemuka agama apaan suka ngehina orang

emoticon-Cape d...
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.