News
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8626698d9b175b327de99f/ngeri-langit-merah-gelap-gegara-kabut-asap-di-muaro-jambi
Udara di Jambi, pada pagi hingga sore hari ini terlihat memerah. Kondisi udara itu disebabkan oleh kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi.
Lapor Hansip
21-09-2019 20:32

Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

Past Hot Thread
Quote:
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi 
Sabtu 21 September 2019, 17:52 WIB
Ferdi Almunanda - detikNews
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

Muaro Jambi - Udara di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, pada pagi hingga sore hari ini terlihat memerah. Kondisi udara itu disebabkan oleh kabut asap yang makin pekat di kawasan tersebut, dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi.

Kondisi udara yang sangat buruk akibat diselimuti asap itu membuat langit tampak memerah hingga terlihat gelap. Kualitas udara yang dalam kategori tidak sehat itu juga membuat aktivitas sebagian warga di sana sedikit lumpuh.

"Pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB kondisi cuaca itu masih terlihat menguning, pukul 12.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB ini, cuaca di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kumpe Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, sudah memerah. Kami tidak berani untuk keluar rumah, warga di sini juga di dalam rumah semua karena takut, melihat cuaca yang merah karena terselimuti asap," kata Mustakim warga sekitar saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/9/2019).

Selain diselimuti asap, abu dari sisa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi itu tampak berterbangan di jalan, bahkan abu-abu itu juga sampai masuk ke rumah warga, walau hanya sedikit.

"Ini bukan hanya bau asap saja yang kami hirup, tapi juga sudah bercampur abu sisa kebakaran hutan dan lahan itu. Kalau di luar abunya tampak begitu banyak yang terbang, kalau di dalam rumah ada juga berjatuhan walau tidak banyak tapi menggangu," tutur Mustakim.

Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

Cuaca yang buruk akibat asap itu dikatakan Mustakim terjadi sejak kemarin hingga hari ini. Langit yang menguning hingga memerah itu pada pagi dan sore hari membuat warga yang tengah berkendara harus menghidupkan lampu kendaraan mereka untuk dapat melihat jalan.

"Cuaca seperti ini sejak kemarin, kalau kemarin itu cuman menguning saja langitnya karena diselimuti asap, sekarang ini yang parah sampai memerah seperti malam, jadi terlihat gelap. Kalau pada hari sebelumnya itu tidak seperti ini biasanya hanya diselimuti asap saja. Jadi kalau sekarang jadi takut untuk keluar rumah, untuk sekarang nafas agak terasa sesak sih dibuatnya. Anak saya juga tidak saya perbolehkan keluar rumah karena bahaya lihat kondisi udara itu," ujarnya.

Sementara itu, BMKG Jambi menilai fenomena langit yang menguning hingga memerah di Kabupaten Muaro Jambi itu merupakan akibat asap tebal yang menyelimuti wilayah itu. Kondisi itu menyebabkan sinar matahari tidak sampai ke bumi sehingga membuat langit terlihat menguning hingga memerah.


Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi


Kondisi cuaca itu bisa kembali normal jika adanya hembusan angin kencang di sana. Kondisi asap yang masih menyelimuti beberapa daerah di Jambi itu juga baru dapat hilang setelah adanya guyuran hujan lebat yang turun di wilayah Jambi, terutama di wilayah lahan yang banyak terbakar.

"Tetapi hujan dapat turun di wilayah Jambi berdasarkan prediksi kita pada pertengahan Oktober nanti," kata Kepala BMKG Jambi Adi Setiadi kepada detikcom.

Hingga saat ini, kebakaran hutan dan lahan di Jambi masih terus terjadi di beberapa titik. Upaya tim Satgas Karhutla, baik dari TNI/Polri BPBD, Manggala Agni, maupun bantuan personel lain dari pemerintah setempat dan masyarakat peduli api, juga telah berupaya hingga saat ini berjibaku memadamkan api yang terbakar.


Quote:
Buat yang penasaran ada di video 2 dijelasin waktu kejadian siang hari.

Wah dari kuning jadi merah...
kalau di indeks udara sudah paling atas nih..
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

masuk tahap MEMATIKAN dan BERBAHAYA..
Di video 2 ada suara seksi di akhir2






Diubah oleh anarchy0001
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cor7 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Halaman 1 dari 4
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:42
planet marikh emoticon-Ngacir
profile-picture
anarchy0001 memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:48
Sumatera kan basisnya kampret pemuja khilafah khontol. No problem lah klo cuman langit merah mah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MahaTampan dan 10 lainnya memberi reputasi
6 5
1
Lihat 2 balasan
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:48
merah merona emoticon-Wow
0 0
0
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:50
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

kilafah solusinya.


Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
peluk.aku.say dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:50
sumut dah seminggu kyk mendung
mendung karna mau hujan tp karna kabut tebal
emoticon-No Hope
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:51
biasa buat syuting film horror post apocalyptic emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
ahmad.c dan anarchy0001 memberi reputasi
2 0
2
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:53
Ngeri nih kayak di Mars.
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan anarchy0001 memberi reputasi
2 0
2
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 20:55
Klo warna merah gitu termasuk keren apa ga ya??
Trus pelaku pembakaran ya udh dihukum blm ya??

emoticon-Traveller
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
Lapor Hansip
21-09-2019 20:57
Balasan post uratkumbang
kayaknya kena hukum gan..

itu kebakaran di video 1 di kawasan hutan sawit perusahaan (sawit masih produktif)

mungkin kena pasal kelalaian mengakibatkan kebakaran meskipun karena faktor alam juga.
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:01
Fenomena alam'
0 0
0
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
Lapor Hansip
21-09-2019 21:02
Balasan post anarchy0001
Quote:Original Posted By anarchy0001
kayaknya kena hukum gan..

itu kebakaran di video 1 di kawasan hutan sawit perusahaan (sawit masih produktif)

mungkin kena pasal kelalaian mengakibatkan kebakaran meskipun karena faktor alam juga.


@anarchy0001

Moga dihukum berat ya bre,plus denda yg besar..
Udh keterlaluan ini,memfogging masyarakat dan merusak ekosistem..

Radikal sekali perusahaan2 yg bakar hutan..

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:11
Quote:Original Posted By uratkumbang
Klo warna merah gitu termasuk keren apa ga ya??
Trus pelaku pembakaran ya udh dihukum blm ya??

emoticon-Traveller


kalo pas tahun 2015 sih pengalaman ane si pembakar lahan itu punya bekingan tentara kavaleri. Dalam artian lahan yg mereka bakar itu sebagian sudah mereka jual ke oknum TNI tsb. Jd gak diusut sm polisi.

Kalau di pinggiran kebun sawit, sudah pasti sengaja dibakar oleh warga pemilik lahan. Supaya siap dijual kepada perusahaan sawit utk perluasan kebun.

Pengalaman ane liat pinggiran kebun sawit yg masih berupa hutan, sudah dikapling2 oleh warga setempat. dikasih patok dengan nama pemilik masing2. Ya nantinya mereka bersihkan/bakar, lalu bakal dijual ke sawit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
achaeronis dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
Lapor Hansip
21-09-2019 21:13
Balasan post haf2
Quote:Original Posted By haf2


kalo pas tahun 2015 sih pengalaman ane si pembakar lahan itu punya bekingan tentara kavaleri. Dalam artian lahan yg mereka bakar itu sebagian sudah mereka jual ke oknum TNI tsb. Jd gak diusut sm polisi.

Kalau di pinggiran kebun sawit, sudah pasti sengaja dibakar oleh warga pemilik lahan. Supaya siap dijual kepada perusahaan sawit utk perluasan kebun.

Pengalaman ane liat pinggiran kebun sawit yg masih berupa hutan, sudah dikapling2 oleh warga setempat. dikasih patok dengan nama pemilik masing2. Ya nantinya mereka bersihkan/bakar, lalu bakal dijual ke sawit.


Waah sangat Bedebah sekali ya om..
Apa mereka ga pada mikir klo perbuatan mereka itu membahayakan kesehatan bahkan nyawa org lain..

emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:18
Quote:Original Posted By balonkempes
Sumatera kan basisnya kampret pemuja khilafah khontol. No problem lah klo cuman langit merah mah emoticon-Ngakak


Eh kwontol.. Sumatera itu sumbang 28% dari PDB nasional.. Orang sumatra sumbang pajak lebih dari 20% pajak nasional..

Bacot di jaga kwontol kampank.. emoticon-fuck3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
minersky dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:22
serem jugak emoticon-Takut
0 0
0
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:35

Itu di daerah desa yg paling parah nge bakarnya kali..

Sudah kuat mental nya, mau ngeluh gimana pun.. pasti gak boleh salahin pemerintah walaupun msh ada hbungan sm pemerintah emoticon-angel
0 0
0
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:42
udah kyk di irak tahun 2003

Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:51
Silahkan yang terdampak bencana asap bawa anak anaknya keluar kota, pulau atau keluar negeri yang udaranya sehat, tak usah mengharap pemerintah perduli dengan memobilisasi kalian untuk mengungsi...
Saya yang puluhan tahun menghisap asap rokok saja masih tak tahan dengan gempuran asap kebakaran laknat di kalimantan...
Jual apa yang bisa dijual, terpenting selamatkan masa depan anak anak kalian!

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riseptiani dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:54
Ada kebakaran gitu dibanyak tempat warga bejibun kagak ada yang liat aneh juga yak emoticon-Hammer2
0 0
0
Ngeri! Langit Merah Gelap Gegara Kabut Asap di Muaro Jambi
21-09-2019 21:56
Bagus banget nih buat foto2 😂

Apalagi kalo presidennya kesana , bisa jadi foto sama presiden background langit merah 😂
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia