• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Kebiasaan Ane Sejak Kecil Yang Bermanfaat Hingga Kini Menurut Ane

pcjamesAvatar border
TS
pcjames
4 Kebiasaan Ane Sejak Kecil Yang Bermanfaat Hingga Kini Menurut Ane



Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini akan menulis thread yang cukup berbeda nih gan. Di thread ini ane enggak akan membahas soal bola, negara negara, maupun gadget. Yap, di thread ini ane hanya akan mengutarakan beberapa opini atau pendapat ane. Mungkin kalau agan agan merasa ini bermanfaat atau sama dengan kebiasaan agan agan bisa komen.




Yap, menurut ane hal yang ditanamkan sejak kecil apalagi hal positif tentu saja akan berdampak baik jika terus melekat dalam diri kita. Karena yang namanya hasil yang bagus tidak akan lepas dari proses yang panjang. Nah, ini gan ane mau berbagi 4 Kebiasaan Ane Sejak Kecil Yang Bermanfaat Hingga Kini Menurut Ane.


1. Menabung




Hal yang ane bersyukur telah ditanamkan pada diri ane sejak kecil adalah kebiasaan menabung. Yap, bisa dibilang kebanyakan orang Indonesia jarang yang memiliki kebiasaan menabung dan menyisihkan uang, begitulah yang ane dengar dari video Raditya Dika. Ane sejak berumur 6 Tahun telah dibiasakan ortu ane untuk menabung dan sebisa mungkin jangan membeli hal yang ane gak benar benar butuhkan. Dan saat itu untungnya ane nurut. Berbekal uang jajan dan uang dari nenek yang rutin dikasih ke ane, akhirnya selama 2 Tahun saat ane SD, ane bisa mengumpulkan uang sampai 8 Juta yang saat itu bisa membantu untuk DP Mobil pertama keluarga kami. Kebiasaan itu terus ane lanjutkan hingga saat ini. Berbekal uang jajan SMA serta uang yang dihasilkan dari menulis di KASKUS, aktifitas menabung ane menjadi semakin intens. Sehingga manfaat yang ane rasakan adalah, ane bisa membeli barang kebutuhan (dan keinginan ane terkadang) secara pribadi, tanpa menyusahkan orang tua dan tentu saja dengan uang yang masih tersisa di tabungan untuk jaga jaga. Jadi menurut ane menabung ini adalah cara terampuh untuk menghilangkan "bokek". Itulah yang ane rasakan.


2. Menjaga Pergaulan



Berikutnya ada perilaku yang benar benar masih berkaitan dengan kehidupan ane saat ini. Yap, ane masih berada di bangku SMA, tingkat akhir. Dan sebagai siswa, pergaulan merupakan hal yang cukup krusial. Bukan hanya dari orang tua, namun dari dalam diri pribadi ane, ane selalu menekankan diri agar menjaga pergaulan. Ane memang bukan anak yang 100% Good Boy / Nerd. Ada bebrapa hal "remaja" yang ane pernah lakukan. Namun sejak SMP, ane menekankan diri agar bisa menjaga prinsip pribadi agar tak terbawa bawa pergaulan buruk seperti merokok, pulang larut malam, dan juga bergabung dalam geng. Menurut ane menjaga pergaulan serta memegang prinsip agar tak terbawa bawa itu bermafaat dan penting karena jika kita sudah terbiasa "ikut arus" maka kita akan sulit mengejar apa yang kita secara pribadi targetkan bahkan untuk menghadapi kehidupan di masa dewasa. Dan tentu saja, menghindari pergaulan yang buruk juga menghindari ane dari masa muda yang "rusak".


3. Menekuni Hobi




Selanjutnya ada hal yang mungkin "dilarang" orang tua untuk menjadi nomor satu. Yap, menekuni Hobi. Memang, tujuan orang tua untuk anaknya agar fokus belajar itu sangat baik, namun ada hal yang menurut ane juga penting yaitu Menekuni Hobi. Banyak orang di luar sana yang bisa sukses karena melakukan hal yang mereka suka, hal itu mereka dapatkan bukan karena asal hobi namun karena tekun pada hobinya. Yap, sejak SD ane sangat tertarik pada Geografi terutama negara negara. Hingga kini meskipun ane anak IPA, ane tetap menekuni hobi ane di bidang tersebut dengan banyak menulis artikel di KASKUS tentang negara negara. Perlahan lahan, pembaca dan hot thread yang ane dapatkan berkat menekuni hobi cukup meningkat. Selain itu, sama seperti yang ane mention di point pertama, perlahan lahan dari thread yang ane tulis, ada penghasilan yang mengalir dan terus bertambah. Ane yakin gan, untuk agan agan yang seusia ane kalau agan agan menekuni hobi dan bakat agan dengan benar, hal itu jelas akan berbuah.


4. Mencegah Hutang + Tak Pernah Memakai Credit Card




Dan terakhir, kembali soal keuangan. Yap, mungkin hal yang terakhir ini terjadi karena kebiasaan ane di point pertama. Selain menabung, hal pertama yang ane dapatkan dari orang tua ane adalah nasihat untuk jangan berhutang. Pertama, apapun yang kita dapatkan (beli) dengan cara berhutang akan membuat kita membayar lebih mahal. Dan berhutang akan membuat kita terlena soal keuangan, merepotkan orang lain, dan bahkan membuat kita kerepotan juga karena banyak hal yang perlu kita bayar. Oleh karena itu, melalui contoh dari orang tua ane yang gak berhutang bahkan dalam membeli berbagai hal dari mobil, motor, rumah, hingga bayaran sekolah (selalu cash) membuat ane juga enggan berhutang bahkan untuk jajan atau main. Dan hingga kini ane belum pernah berhutang uang ke teman satu kali pun.


Sumber: Opini Pribadi

Kenalan Sama TS : 

sebelahblog
infinitesoul
zafinsyurga
zafinsyurga dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.5K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.