alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8059c24601cf2c274a8837/keliling-jogjakarta-dengan-3500-rupiah-kok-bisa
Lapor Hansip
17-09-2019 10:57
Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?
Past Hot Thread
Transportasi kota

Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?

sumber dokumen pribadi


Quote:Transportasi adalah modal utama kemudahan hubungan antar daerah


Hai hai, Agan dan Sista sahabat traveller! Jumpa lagi di perjalanan berikut Ladita ke Jogjakarta. Perjalanan kali ini benar-benar berkesan karena biaya yang dikeluarkan benar-benar minim. Ternyata Jogjakarta memiliki transmoda yang keren dan membantu meringankan dompet backpacker,loh.


Agan dan Sista pernah enggak kelimpungan karena harus mengeluarkan banyak uang untuk transportasi umum? Kalau Ladita sih, iya. Apalagi di kota tempat Ladita tinggal jaraknya jauh-jauh, dan transportasi yang lewat pun kebanyakan angkot dan bus besar. Jangan tanya soal ongkosnya, karena itu sering bikin kepala agak puyeng.


Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?

Trans Jogja


Sewaktu Ladita ke Jogja kemarin, sempat pusing juga memilah rupiah untuk ongkos. Karena destinasi wisata yang dituju memang jauh-jauh jaraknya. Nah, sewaktu lagi galau,tiba-tiba lewat bus mini. Setahu Ladita bus itu mirip dengan bus Antapani di Bandung dengan tarif 3000 rupiah. Karena penasaran, akhirnya Ladita tanya-tanya. Dan, jawaban yang diterima sangat mengejutkan, Gan. Katanya hanya dengan 3500 rupiah saja kita bisa keliling Jogjakarta. Eh, kok, bisa?


Adalah Trans Jogjayang diprakarsai oleh pemerintah DIY untuk menunjang peningkatan transportasi perkotaan. Tans Jogja adalah bus mini dengan tarif murah dan cukup nyaman. Bus ini mulai beroperasi pada tahun 2008 dan kini telah memiliki 100 lebih bus dengan 15 jalur. Halte permanennya sendiri berjumlah 113 dan halte portable 90.


Di awal peluncuran, bus ini didominasi warna hijau dan kuning, sekarang telah ditambah dengan warna biru. Sistem pembayaran Trans Jogja ini menggunakan fitur e-ticketing (tiket elektronik) dan bekerjasama dengan empat bank nasional, yaitu BRI, BNI, BCA, dan Bank Mandiri.


Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?

Operator Trans Jogja


Di tiap halte permanen ada operator yang menunggu. Uniknya, seperti info yang Ladita dapatkan, bus ini memang cukup membayar 3500 rupiah saja. Dengan harga itu kita bisa keliling Jogjakarta. Tapi, ada syaratnya, Gan. Kita enggak boleh keluar dari halte sampai bus TJ berikutnya datang. Bus yang sesuai dengan tujuan kita. Setiap Bus TJ ada nomornya, Gan. Semisal kita naik TJ 4A dari Lempuyangan, terus kita bayar 3500 rupiah ke kondekturnya. Nah, karena ke Prambanan itu harusnya naik TJ 1A, jadi kita pasti diturunkan di halte berikutnya dan harus menunggu bus 1A ini datang. Ketika turun kita cukup bilang jurusan yang akan dituju, dan operatornya nanti yang akan mengarahkan. Ketika bus TJ sambungan kita sudah datang, tidak perlu membayar lagi, kita cukup naik saja. Yah, tapi tadi itu syaratnya, kita tidak boleh keluar halte, harus menunggu sampai bus yang sesuai dengan tujuan kita datang.


Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?

Dokumen pribadi


Seru, 'kan? Kita tinggal nanya naik bus TJ apa kalau mau ke suatu tempat, terus kalau bukan jalurnya pasti diturunkan di halte berikut sampai bus TJ tujuan kita datang. Ingat, cukup bayar 3500 rupiah saja, dan kita bisa gonta-ganti bus TJ keliling kota Jogjakarta.


Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?

Jalur bus TJ


Seandainya di Kota Ladita bus mini seperti itu sudah berjalan, pastinya bisa hemat ongkos dan meringankan para pengguna jasa transportasi umum. Sayangnya, masih banyak yang harus dipertimbangkan pemerintah daerah, karena model transportasi umum yang sudah beragam di kota Ladita. Sedangkan di Jogjakarta sendiri, Ladita lihat tidak ada mobil angkutan umum, jadinya TJ benar-benar berfungsi baik.

Nah, gimana Gan? Jadi enggak perlu ribet, kan, kalau mau ke Jogjakarta? Kita cukup tahu destinasi kita dan naiklah TJ sepuasnya. Selamat mencoba dan jalan-jalan di Jogjakarta, Gan.




Sumber: dokumen pribadi




Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan 47 lainnya memberi reputasi
48
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 14
20-09-2019 13:08
Gue punya kartu trans jogja keluaran tahun 2012.jaman masih kuliah emoticon-Ngakak
Jaman itu blm ada ojol, gue ngojek dari kentungan sampai ambarukmo 25rb emoticon-No Hope tiap hari lagi emoticon-Blue Guy Bata (L)

Bangsad gue pernah ngalamin di grepe bapak2 homo emoticon-Takut
Trus gue pernah liat copet beraksi emoticon-Ngakak
Trus gue pernah liat mba2 pake rok pendek banget anjir di atas lutut emoticon-No Hope


Trans jogja musuh nya itu pemotor yg maha benar. emoticon-Ngakak
Diubah oleh curhatboleh
0
20-09-2019 13:36
Buat yang di atas ane


Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?
kamu akan terkejut
profile-picture
Laditachuda memberi reputasi
1
20-09-2019 14:17
jadi pengen liburan kesana... emoticon-Traveller
0
20-09-2019 14:26
wah enak nih ngirit banget klo buat keliling jogja ya gan. agan juga bisa tambah ngirit liburan misalnya lagi sakit terus konsultasi dokternya online aja seperti di Halodoc. ada banyak dokter sampai spesialis juga misal agan perlu keterangan lebih banyak. Halodoc jg bisa nganterin obat yg agan pesen lho.
profile-picture
Laditachuda memberi reputasi
1
20-09-2019 14:32
lebih bisa lagi, kalo :
'' Keliling Jogja dengan 3.500 Rupiah & 1.000 Dollar "
emoticon-Leh Uga
profile-picture
Laditachuda memberi reputasi
1
20-09-2019 16:01
Padahal merantau di jogja tapi baru pernah naik TJ sekali hahaha...
Sekarang TJ yang biru kayanya lebih bagus ya daripda yang ijo dulu
0
20-09-2019 16:02


Quote:Original Posted By corner30
ane pernah nih nyobain naik trans jogja. harganya murah, busnya juga adem yang kurang cuma informasi rutenya aja masih kurang jelas. apa mungkin karena ane newbie kali ya jadi bingung pas naik trans jogja rutenya gimana

Nah iya bener... Kadang bingung kalau transit transit gitu apalagi... Harus naik yang TJ nomer berapa berapa
0
20-09-2019 16:43
ane mantan ktp jogja aja bingung klo naek tj
pengalaman naek tj dari jombor ke rumah
horor sopirnya bener2 kejar waktu ontime
ane sampe terombang ambing di bus emoticon-Berduka (S)
0
20-09-2019 16:44
Ane keliling jakarta waktu itu bawa 75ribu juga bisa kok emoticon-Cool
profile-picture
Laditachuda memberi reputasi
1
20-09-2019 16:50
Enak juga ya
0
20-09-2019 17:44
Quote:Original Posted By mionggarong
Bohong itu alias hoax, ane pernah nyoba malah diusir sama kenek bus nya.. Dasar jancuk asu emoticon-Blue Guy Bata (L)


eh masa iya? ramah2 padahal
0
20-09-2019 17:46
Quote:Original Posted By penyukabiru
ditangerang juga adaa. trans tangerang. namanya bus live. hehhe. mirip tayo.
bus mino gitu.
warna ijo.
bus tayo. aka live tangerang


tampak dalam


tayo di bandung juga ada yg ke majalaya hehe
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
1
20-09-2019 17:48
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
Ada rute lengkapnya ga? Kayanya aku musti bikin peta tempat tujuan d jogja


kayanya bisa gugling, sis... itu foto rutenya ga jelas kalo diperbesar..
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
1
20-09-2019 17:49
Quote:Original Posted By dyuda90
Info bermanfaat, lumayan hemat nih traveling bareng istri dan anak emoticon-I Love Indonesia


sip, gan
0
20-09-2019 18:09
Quote:Original Posted By Laditachuda
kayanya bisa gugling, sis... itu foto rutenya ga jelas kalo diperbesar..


Siap kapteen. Kita tanya peta..
Dora mode on
profile-picture
Laditachuda memberi reputasi
1
20-09-2019 18:11
Bogor juga mau gini biar ga bnyak angkot,
0
20-09-2019 19:00
2 tahun kuliah di jogja baru 3 kali naik trans jogja emoticon-Hammer (S)
Soalnya ada motor sendiri juga kalo mau keliling jogja emoticon-Peace

Kalo soal harga emang lumayan murah, harga gak naik meskipun dioper berkali-kali emoticon-Big Grin
Diubah oleh insanw16
0
20-09-2019 21:08
berkali-kali ke Jogja belum pernah naik transportasi ini, heheh kebangetan banget yah..

buat perjalanan Jogja besok ku coba ah naik ini, biar bisa keliling kota beneran

ide fasilitasnya menarik, benar-benar memanjakan para wisatawan asing atau domestik.

semoga bisa ditiru sama kota-kota sekitar
0
20-09-2019 21:22
yesss benerrrr... baik ini aja dah bisa keliling2 jogjaaa... ada banyak rute lg... nice thread nih gan... bisa ngasih info buat para netijen yeeee kan... informatif juga dan jadi bahan bacaan bagi para agan2 dan sista2 di kaskus yaaaaa kannnnnn... mantap deh... bagi2 cerita dan informasi lainnya gan... biar nambah wawasan yaa kan bagi semua orangggg... ditunggu thread2nya gannnnnn...
0
20-09-2019 21:39
bisa kok, di Jakarta juga bisa naik TJ keliling Jakarta tiga setengah rupiah loh.
0
Halaman 9 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.