alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
133
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8316416df2314c220f9ceb/dewas-kpk-paling-sakti-begini-perbandingannya-dengan-pengawas-lainnya
Berikut ini perbandingan kewenangan pengawas di tiga lembaga penegak hukum, yakni Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang mengawasi Polri, Komisi Kejaksaan RI (Komjak) yang mengawasi Kejaksaan, dan terakhir ada Dewan Pengawas KPK.
Lapor Hansip
19-09-2019 12:46

Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya

Past Hot Thread
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya

Jakarta - Bila dibandingkan dengan dewan pengawas di lembaga penegak hukum lainnya, Dewan Pengawas (Dewas) KPK punya kewenangan yang paling sakti. Kewenangan Dewas KPK masuk sampai penyadapan dalam penyelidikan KPK.

Dilansir dari berbagai peraturan dan perundang-undangan terkait, Kamis (19/9/2019), berikut ini perbandingan kewenangan pengawas di tiga lembaga penegak hukum, yakni Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang mengawasi Polri, Komisi Kejaksaan RI (Komjak) yang mengawasi Kejaksaan, dan terakhir ada Dewan Pengawas KPK.



1. Kompolnas

Fungsi, tugas, dan wewenang Kompolnas tercantum di Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011. Berikut ini rinciannya sebagaimana tercantum pada Bab III Perpres tersebut.

a. Fungsi
-Pengawasan kinerja Polri
-Memantau dan menilai kinerja dan integritas Polri

b. Tugas
-Membantu Presiden menetapkan arah kebijakan Polri
-Memberikan pertimbangan ke Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri

c. Wewenang
-Mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran ke Presiden yang berkaitan dengan anggaran, SDM, dan pengembangan sarana-prasarana Polri
-memberikan saran dan pertimbangan ke Presiden untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri
-menerima saran dan keluhan masyarakat soal kinerja kepolisian dan menyampaikannya ke Presiden


2. Komjak

Tugas dan wewenang Komjak diatur dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2011 tentang Komisi Kejaksaan RI. Berikut ini rinciannya sesuai dengan Bab II Perpres tersebut.

a. Tugas
-melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya
-melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan baik di dalam maupun di luar tugas kedinasan
-melakukan pemantauan dan penilaian atas koordinasi organisasi, tata kerja, kelengkapan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia di lingkungan kejaksaan

b. Wewenang
-menerima dan menindaklanjuti laporan atau pengaduan masyarakat tentang kinerja dan perilaku jaksa dan atau pegawai kejaksaan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya
-meneruskan laporan atau pengaduan masyarakat kepada Jaksa Agung untuk ditindaklanjuti oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-meminta tindak lanjut pemeriksaan dari Jaksa Agung terkait laporan masyarakat tentang kinerja dan perilaku Jaksa dan/atau pegawai Kejaksaan
-melakukan pemeriksaan ulang atau pemeriksaan tambahan atas pemeriksaan yang telah dilakukan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-mengambil alih pemeriksaan yang telah dilakukan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-mengusulkan pembentukan Majelis Kode Perilaku Jaksa

3. Dewas KPK

Peraturan mengenai Dewan Pengawas KPK tercantum dalam UU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK alias revisi UU KPK yang telah disahkan menjadi UU lewat rapat paripurna DPR pada Selasa (17/9) kemarin. Berikut ini aturan pengawas KPK yang beranggotakan lima orang itu.

Tugas
-mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK
-memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan. Sebagaimana diatur dalam UU ini juga, penyadapan masuk dalam ranah penyelidikan serta penggeledahan dan penyitaan masuk dalam ranah penyidikan.
-menyusun dan menetapkan kode etik pimpinan dan pegawai KPK
-menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai adanya dugaan pelanggaran oleh pimpinan dan pegawai KPK
-menyelenggarakan sidang untuk memeriksa adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan dan pegawai KPK
-melakukan evaluasi kinerja pimpinan dan pegawai KPK setahun sekali


Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-47...innya?single=1


Sakti Mandraguna..

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anggadaz dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 8
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 16:45
Boleh juga nih
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 16:47
Quote:Original Posted By 88venomwolf88
eh anjenk penjilat bool tolol, revisi uu kpk udh disahkan blog..idiot lo


Oh gitu ya? Wah update sekali agan satu ini. Semangat gan awas darah tinggi
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 16:54
Quote:Original Posted By leh..uga
Wkwkwkwk ane seru liat debat @adhiantowahyu sama @88venomwolf88
emoticon-Leh Uga


Kwkwkw samaa
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 16:55
Quote:Original Posted By leh..uga
Wkwkwkwk ane seru liat debat @adhiantowahyu sama @88venomwolf88
emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By kodak123
Ini yg bahaya bro, keburu bb raib.. Mau nyadap udah kaya minta jajan sama orang tua😭😭😭



Yyaaa ini diaa yg ditakutkaaannn
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 17:09
mau nyadap mesti ijin dulu ke dewan pengawas, hmmm
sudah di sahkan pula emoticon-Sorry
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 17:16
Inspiratif gan, semoga bisa buat thread lainnya yang bermanfaat
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 17:26
Mahasiswa tidak tidur
Jika dikebiri sampai habis
Maka mahasiswa pasti turun
0 0
0
Lihat 1 balasan
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 17:35
gagal paham maksud dari lembaga independen..
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 17:43
kalimantan yang kebakaran kpk yang dipadamkan
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 17:45
itu anggota DPR kan ada warga kampret juga

trus kenapa kampret mania cuma nyerang si plonga plongo

emoticon-Ngakak (S)

emang sama aja busuknya koq petinggi kampret ama cebong
simpatisannya aja yg pada tolol

yg satu diimingi agama & sorga
yg satu diimingi nasionalisme

emoticon-Wakaka
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
Lapor Hansip
20-09-2019 17:48
Balasan post 88venomwolf88
emoticon-Wakaka @88venomwolf88
YANG BEGINI GW DEMENNNN
NGEGAS AMA ORANG TABLO
SIKAT TERUS PENJILATNYA BRO BIAR GA NGEJILATIN PANTAT NGACIRO LAGI emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
88venomwolf88 memberi reputasi
1 0
1
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 17:50
Sakti atau ga sakti pasti dipertanggungjawabkan dunia akherat gan... emoticon-Takut
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
Lapor Hansip
20-09-2019 18:13
Balasan post adhiantowahyu
BAPERAN AMAT NICH ...SI CUNGKRING SATU.....PAKE SOK KAYA SEGALA MAU BAYARIN TIKET SAMA HOTELNYA ORANG...........MAIN MAIN DI FORUM GAK USAH BAPERAN LOL.......SONOH MAEN LAYANGAN AJAH KALO BAPERAN
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 18:36
jadi kedepannya fungsi ketua KPK jadi gak terlalu wah emoticon-Big Grin

dewan pengawas lebih sakti, pantesan aja seleksi capim kpk kemarin agak2 ngaco
at least masih ada pak alex marwata lah

tinggal kawal aja nanti seleksi dewan pengawasnya ma fren,
kan katanya bisa berasal dari berbagai kalangan, yg penting kredibel dan punya integrity, zero tolerance emoticon-Big Grin
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 18:49
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kalo lembaganya wah ya dewan pengawasnya kudu wah juga

ane kira soal penyadapan dll masih relatif mudah,
dibanding kepolisian misalnya yg izinnya ke pengadilan.

Dan btw "KPK" Hong Kong untuk nyadap juga pake izin pengadilan sejak tahun 2006 kalo ndak salah.
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 21:04
begini yaaa jadiinyaaa... wew... semoga ga rusuh yaaa... tp udah sah tuh UU baru... nice thread nih gan... bisa ngasih info buat para netijen yeeee kan... informatif juga dan jadi bahan bacaan bagi para agan2 dan sista2 di kaskus yaaaaa kannnnnn... mantap deh... bagi2 cerita dan informasi lainnya gan... biar nambah wawasan yaa kan bagi semua orangggg... ditunggu thread2nya gannnnnn...
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 21:27
Dewan pengawas itu ada 5 org. Klo mau nyadap trus infonya bocor kan bs dicari tau bocornya di siapa. Masak iya 5 5 nya bocor. Klo ditanya yg ngawasi dewan pengawas siapa, ya rakyat yg ngawasi. Klo tidak puas ya jgn dipilih lg pemilu ke depannya. Kpk skrg jg gk bagus2 amat. Yg ditangkepin receh2
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 21:34
bahaya kalo dewas ini diisi orang orang kotor dan korup emoticon-Embarrassment

#bata
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
21-09-2019 00:14
Quote:Original Posted By rorokaler
BAPERAN AMAT NICH ...SI CUNGKRING SATU.....PAKE SOK KAYA SEGALA MAU BAYARIN TIKET SAMA HOTELNYA ORANG...........MAIN MAIN DI FORUM GAK USAH BAPERAN LOL.......SONOH MAEN LAYANGAN AJAH KALO BAPERAN


Newbie mending mingkem
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
21-09-2019 10:31
Cepet bener disahkan nya RUU KPK
UU yang lain malah lama banget


Ada konspirasi
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.