hardlenAvatar border
TS
hardlen
Manfaat Menyeruput Cokelat Panas


Ilustrasi cokelat panas (Foto: Gumptown Magazine)


Sensasi hangat dan manis yang ditawarkan secangkir cokelat panas mampu membuat jiwa dan raga menjadi bahagia. Ditemani cuaca yang dingin, menyeruput cokelat panas akan lebih membawa kenikmatan tersendiri. Di samping kenikmatan tersebut, cokelat panas juga menyediakan beberapa manfaat bagi kesehatan. emoticon-rainbow

Bubuk cokelat alami dikenal mengandung antioksidan tinggi yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung, kadar insulin, daya ingat dan lainnya. Dengan menyeduh cokelat panas dengan kandungan 70-85 persen cokelat memiliki nutrisi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, serta vitamin A dan K.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut manfaat kesehatan dari meminum secangkir cokelat panas.

1.      Kesehatan jantung

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, cokelat memberikan efek baik pada sistem kardiovaskular. Dengan ini, secangkir cokelat panas mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Flavanol dari kakao juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung, memerangi kolesterol jahat (LDL), serta mengurangi penggumpalan darah dalam tubuh.

2.      Menjaga daya ingat

Dalam sebuah studi tahun 2013 yang dimuat dalam jurnal Neurology, ditemukan hubungan antara meminum cokelat panas dengan peningkatan daya ingat. Mengonsumsi cokelat panas juga diketahui dapat mencegah Alzheimer.


 



3.      Mencegah kanker

Sebuah penelitian Universitas Cornell menemukan antioksidan di dalam kakao yang mampu membantu mencegah masuknya sel kanker.

4.      Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi cokelat panas juga mampu menurunkan kadar tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi mampu membuat darah menggumpal dan menyumbat aliran darah serta berpotensi menimbulkan stroke.

Kandungan kalsium yang terdapat dalam cokelat mampu berfungsi dalam hal tersebut.
 

Sumber: CNNIndonesia.com

Richy211
siapika
yus.mnrg
yus.mnrg dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.