News
Batal
KATEGORI
link has been copied
133
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8316416df2314c220f9ceb/dewas-kpk-paling-sakti-begini-perbandingannya-dengan-pengawas-lainnya
Berikut ini perbandingan kewenangan pengawas di tiga lembaga penegak hukum, yakni Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang mengawasi Polri, Komisi Kejaksaan RI (Komjak) yang mengawasi Kejaksaan, dan terakhir ada Dewan Pengawas KPK.
Lapor Hansip
19-09-2019 12:46

Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya

Past Hot Thread
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya

Jakarta - Bila dibandingkan dengan dewan pengawas di lembaga penegak hukum lainnya, Dewan Pengawas (Dewas) KPK punya kewenangan yang paling sakti. Kewenangan Dewas KPK masuk sampai penyadapan dalam penyelidikan KPK.

Dilansir dari berbagai peraturan dan perundang-undangan terkait, Kamis (19/9/2019), berikut ini perbandingan kewenangan pengawas di tiga lembaga penegak hukum, yakni Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang mengawasi Polri, Komisi Kejaksaan RI (Komjak) yang mengawasi Kejaksaan, dan terakhir ada Dewan Pengawas KPK.



1. Kompolnas

Fungsi, tugas, dan wewenang Kompolnas tercantum di Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011. Berikut ini rinciannya sebagaimana tercantum pada Bab III Perpres tersebut.

a. Fungsi
-Pengawasan kinerja Polri
-Memantau dan menilai kinerja dan integritas Polri

b. Tugas
-Membantu Presiden menetapkan arah kebijakan Polri
-Memberikan pertimbangan ke Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri

c. Wewenang
-Mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran ke Presiden yang berkaitan dengan anggaran, SDM, dan pengembangan sarana-prasarana Polri
-memberikan saran dan pertimbangan ke Presiden untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri
-menerima saran dan keluhan masyarakat soal kinerja kepolisian dan menyampaikannya ke Presiden


2. Komjak

Tugas dan wewenang Komjak diatur dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2011 tentang Komisi Kejaksaan RI. Berikut ini rinciannya sesuai dengan Bab II Perpres tersebut.

a. Tugas
-melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya
-melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan baik di dalam maupun di luar tugas kedinasan
-melakukan pemantauan dan penilaian atas koordinasi organisasi, tata kerja, kelengkapan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia di lingkungan kejaksaan

b. Wewenang
-menerima dan menindaklanjuti laporan atau pengaduan masyarakat tentang kinerja dan perilaku jaksa dan atau pegawai kejaksaan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya
-meneruskan laporan atau pengaduan masyarakat kepada Jaksa Agung untuk ditindaklanjuti oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-meminta tindak lanjut pemeriksaan dari Jaksa Agung terkait laporan masyarakat tentang kinerja dan perilaku Jaksa dan/atau pegawai Kejaksaan
-melakukan pemeriksaan ulang atau pemeriksaan tambahan atas pemeriksaan yang telah dilakukan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-mengambil alih pemeriksaan yang telah dilakukan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-mengusulkan pembentukan Majelis Kode Perilaku Jaksa

3. Dewas KPK

Peraturan mengenai Dewan Pengawas KPK tercantum dalam UU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK alias revisi UU KPK yang telah disahkan menjadi UU lewat rapat paripurna DPR pada Selasa (17/9) kemarin. Berikut ini aturan pengawas KPK yang beranggotakan lima orang itu.

Tugas
-mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK
-memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan. Sebagaimana diatur dalam UU ini juga, penyadapan masuk dalam ranah penyelidikan serta penggeledahan dan penyitaan masuk dalam ranah penyidikan.
-menyusun dan menetapkan kode etik pimpinan dan pegawai KPK
-menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai adanya dugaan pelanggaran oleh pimpinan dan pegawai KPK
-menyelenggarakan sidang untuk memeriksa adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan dan pegawai KPK
-melakukan evaluasi kinerja pimpinan dan pegawai KPK setahun sekali


Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-47...innya?single=1


Sakti Mandraguna..

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anggadaz dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:42
YG KORUPSI

SENENG LAH
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:46
Berarti poin yg dipermaslahkan adalah poin penyadapan ya?
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:48
kalau emang tujuan dibentuknya dewan pengawas ini emang bener bener untuk mengawasi kinerja kpk, berarti bener bener harus milih orang yang jujur dan berani. jangan sampe milih orang yang sekongkol sama para koruptor. semoga dewan pengawas ini nantinya diisi sama orang orang yang dapat dipercaya
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:49
dewan pengawas ini bertanggung jawab pd sipa ya?
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:49
Soalnya yg korupsi juga sakti mandraguna, pengawasnya harus lebih sakti dan bengis bener donk? Lu mw org pinter pintar tp diawas sama org goblog??
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:51
untungnya saya tidak ada urusan sama begitu begitu.
mau di awasi atau tidak, mau lemah atau kuat yang penting saya bisa beli beras sendiri. urusan saya masih banyak. gak urus begitu begitu
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:54
KPK jadi CS laporan korupsi doang? emoticon-Ngakak
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:54
bagus dong biar tambah kuat
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:54
Orang2 yang udah lama di KPK periksa semua, macam Nobel Paswedan itu ga mungkin bersih, mencurigakan soalnya saat mau dibentuk dewan pengawas mereka berontak, kalo bersih kenapa harus risih. Hati2 aja tuh ketua KPK terpilih yg baru, nanti ditersangka kan pula macam Budi Gunawan dulu, repot ntar
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 14:57
Lucu ga si, ada kekeh yang membatasi seolah-olah dia adalah rantai terakhir dari siklus itu, ibarat Singa dengan Srigala.
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:00
polisi jg main sadap kok,cm g setajam kpk gerak gerikny
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:02
Quote:Original Posted By pertamaxhabisga
Orang2 yang udah lama di KPK periksa semua, macam Nobel Paswedan itu ga mungkin bersih, mencurigakan soalnya saat mau dibentuk dewan pengawas mereka berontak, kalo bersih kenapa harus risih. Hati2 aja tuh ketua KPK terpilih yg baru, nanti ditersangka kan pula macam Budi Gunawan dulu, repot ntar


Ga ada manusia bersih gan,jamin itu.
Soal budi,emng knp klo bs jd trsangka lg?dulu si budi jd trsangaka,tp si budi ajuin pp,dan menang,TAPI anehny,kpk g naik kn lidik baru lg sprti utk trsangka kpk lain ny,itu knp kira2?
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:11
Harus ada dewan pengawas kinerja KPK. Gak bisa main sadap2an kaya dulu 2014 Abraham Samad seenaknya menyadap pembicaraan internal PDIP mengenai penolakan doi jadi cawapres (Hasto Kristiyanto sampe kaget AS bilang saya sudah tahu gak bisa jadi cawapres Jokowi karena saya menyadap pembicaraan PDIP) atau pas Bambang Widjojanto pakai jasa saksi palsu.

Inget,semua di Indonesia ini busuk,gak ada yang suci 100% . Kalo gak korupsi ya penyalahgunaan wewenang,selalu berkutat pada hal yang itu. Ane cuma setuju ada Dewas KPK dari orang internal,selain itu ane nolak keras revisi UU KPK
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:12
aku dari dulu emang fans berat KPK
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:17
jangan sampai ada berita Dewas KPK terima Suap bla bla bla.....

Tp agak susah juga ya emoticon-Ngakak
Mereka jelas punya protect lbh kuat sih.

Yg gue khawatirkan ada muatan politik dan jika salah satu antek mereka akan d sadap, jelas udh ada barrier.
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:23
Beneran punya taji kagak ya ni dewan dewan? En yg awasin para dewan siapa? Dewa khayangan? Kalo misal , Secara di lembaga ini smpe ada korupsi kkn or apalah yg sejenisnya..maka akan piye negarane kita r
profile-picture
j1a107202 memberi reputasi
1 0
1
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:25
trus... dewan pengawas kpk siapa yg mengawasinya?
dewan pengawas dewan pengawas kpk kah?

emoticon-Ngakak
profile-picture
handihanyut memberi reputasi
1 0
1
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:35
ya harus ada lah pengawasnya biar tidak kebablasan menggunakan kekuasaan dan wewenang yang dimiliki.

polisi pun ada pengawasnya.

emoticon-Shakehand2
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:36
Percuma sakti emoticon-Cool
Klo para koruptor ujungnya tetap bisa jalan-jalan tamasya keliling kota emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Shakehand2
0 0
0
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
20-09-2019 15:39
Sebelom pada manut2 aja sama ini RUU mending tau dulu isi Pasal-pasal yg direvisi nih :
https://tirto.id/isi-perubahan-pasal...ahkan-dpr-eidr
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia