alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d82ca7765b24d1c294c8aae/mobil-mogok-di-perlintasan-kereta-api-jangan-panik
Lapor Hansip
19-09-2019 07:23
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
Past Hot Thread
Hallo Agan Sista, selamat menikmati hari Kamis. Beberapa hari lalu ramai di media sosial, seorang ibu yang berusaha menyelamatkan diri di Perlintasan rel kereta api, karena mobil yang dikendarainya mengalami mogok/mati secara mendadak saat melintasi rel kereta api, simak videonya :
{thread_title}

(Source: https://www.youtube.com/watch?v=yufQNLO0CG8 )

Apakah penyebab Mesin kendaraan mogok/mati secara mendadak ?

Penyebabnya adalah karena adanya gesekan roda-roda kereta api dengan relnya, saat kereta api bergesekan dengan kedua relnya, maka terjadilah impedansi(hambatan listrik) yang menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati dan enggan untuk dinyalakan.

Pada kendaraan berbahan  bakar bensin, starter digerakkan oleh dinamo yang menghasilkan medan magnet untuk selanjutnya menggerakkan mesin mobil agar menyala. Proses inilah yang dihalangi oleh impedansi ketika mobil berada di atas rel kereta api. Efek impedansi dapat terjadi meskipun kereta api masih berada 1.5 km jauhnya dari tempat monil mogok di atas rel!

Bagaimana solusi mengatasi mobil yang mogok di atas rel dan upaya penyelamatan diri ?

Pertama, "JANGAN PANIK"tetaplah tenang, karena ketenangan adalah kunci menyelesaikan segala permasaahan termasuk  saat mobil anda mogok di atas rel kereta api.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

Kedua, "MEMBUNYIKAN KLAKSON SECARA TERUS MENERUS"cobalah membunyikan klakson secara terus menerus, setelah itu coba kembali starter mesin kendaraan anda. Membunyikan klakson secara terus menerus dapat memutus impedansi  yang tecipta dari gesekan roda dan rel kereta api, sehingga memberi kemungkinan mesin dapat dihidupkan kembali.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)


Ketiga, "MENINGGALKAN KENDARAAN"
bila cara kedua tidak berhasil, maka anda wajib meninggalkan kendaraan anda, keselamatan jiwa lebih utama dibanding dengan kendaraan anda. kendaraan masih bisa dibeli dan dicari, namun nyawa bukanlah sesuatu yang dapat dipertaruhkan. Bila Kereta Api masih jauh, cobalah meminta pertolongan kepada orang sekitar untuk membantu mendorong kendaraan anda yang mogok, namun bila tidak memungkinkan "TINGGALKAN" dan "IKHLASKAN"

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

 Mencegah lebih baik dari pada mencari solusi!

Didalam berkendara dijalan raya, hendaknya kita selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Terkhusus saat melintasi rel kereta api, patuhilah rambu-rambu dan palang pintu. Saat kereta api akan melintas, akan ada sirine tanda untuk berhenti dan diikuti dengan tertutupnya palang itu, maka "PATUHILA" jangan ngeyel hanya karena menunggu 5-10 menit anda mempertaruhkan nyawa. Di Indonesia masih banyak perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu dan penjaga oleh karena itu selalu waspada, ingat keluarga anda dirumah, ingat calon istri/suami anda, ingat anak anda, ingat juga hutang anda. Karena kengeyelan anda, tidka hanya merugikan diri anda sendiri tapi merugikan orang lain, misalnya penjaga palang pintu yang dipecat oleh pimpinannya karena di anggap lalai, orang-orang yang hutangnya belum anda bayar, dan terutama anak dan istri/suami anda yang menjadi tanggungan anda, mereka kehilangan kasih sayang dan orang yang paling mereka cintai.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!


Didalam UU No. 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, kita " WAJIB " mendahulukan kereta api yang akan lewat.

SEMOGA BERMANFAAT, Sekian.


Refrensi : Penyebab dan Solusi & Kewajiban Mendahulukan Kereta Api

profile-picture
profile-picture
profile-picture
balapbekicot dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 14
20-09-2019 13:46
Wah gawat , besok ane kalo ketemu litasan kereta , puter balik aja laaaa emoticon-Belgia
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1
20-09-2019 13:48
Kalau mobilnye diasuransikan pasti iklas ya gan
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1
20-09-2019 13:51
Quote:Original Posted By purpleishapple
Iyaa bree, Semuanya Pilihan. Hehe ... Rejeki masih bisa dicari, Nyawa gak bisa di cari ... Hihihi (mudah si ngmng) tapi balik lagi kepilihan masing2...


Disini mahalan mobil daripada nyawa.
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1
20-09-2019 13:51
Quote:Original Posted By purpleishapple


Informasi yg saya ketahui, Kebanyakan yg bermasalah si mobil dgn mesin dinamo gann... Hehe cb searching yaa


mobil dgn mesin dinamo itu gimana maksudnya ya?
mobil listrik malah total sumber penggeraknya dari dinamo (motor listrik)
maksud ts mesin dinamo itu alternator atau apa ya?
0
20-09-2019 13:54
Quote:Original Posted By barulangit
mobil dgn mesin dinamo itu gimana maksudnya ya?
mobil listrik malah total sumber penggeraknya dari dinamo (motor listrik)
maksud ts mesin dinamo itu alternator atau apa ya?


Maaf gan, ane kurang paham hehehe... emoticon-Shakehand2 cb browsing aja gan
0
20-09-2019 13:55
Quote:Original Posted By darklight89
{thread_title}


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
20-09-2019 13:55
itu beritanya yang ibuk-ibuk mo minta ganti rugi ke pt kai bukan sih gara2 mobilnya ditabrak kereta?
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1
20-09-2019 13:56
Quote:Original Posted By purpleishapple
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Jgn ketawa Bray ..

Dosa... emoticon-Ngakak
0
20-09-2019 14:13
Quote:Original Posted By darklight89
Jgn ketawa Bray ..

Dosa... emoticon-Ngakak


Ngeri serius itu, kayak lepas kepalanyaa
0
20-09-2019 14:13
kebanyakan panik dan sayang sama mobil, jadi berusaha untuk menyalakan mobil kembali, padahal kereta mau dateng emoticon-Takut (S)
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1
20-09-2019 14:17
Nah bener gan mencegah dengan patuh dengan rambu-rambu lalu lintas lebih baik.
Dan semoga tidak ada lagi kasus serupa ya gan.

Padahal dulu mitosnya kupingnya ditutup setan budeg tuh wkwk, ternyata ada penjelasan ilmiahnya wkwk
profile-picture
profile-picture
purpleishapple dan scoria07 memberi reputasi
2
20-09-2019 14:21
Quote:Original Posted By darklight89
{thread_title}


kwkwkwwk emoticon-Ngakak
0
20-09-2019 14:21
Quote:Original Posted By barulangit
kalau mobil listrik macam tesla lewatin rel ka ada kemungkinan bisa mogok juga nggak?
mobil listrik sumber daya dari listrik di batre jadi tidak ada sistem pengapian macam busi alternator dan sebagainya dengan begitu tahankah dengan impedensi?


Salah quote ente gan
0
20-09-2019 14:31
Untung gak mampus lu bu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ngeri gan di rel kereta api mungkin ada EMP nya emoticon-Ngakak
Liat tuh video
Walaupun cuman di pinggir
Klo disodok kereta besi
Mayan juga kan auto mencret/remuk badan emoticon-Ngakak
Mobilnya aj smpe babak belur gitu emoticon-Ngakak
Btw....
Ngeri gan mogok pas rel kereta api
Jadi kek film final destination ntar emoticon-Hammer2
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1
20-09-2019 14:39
Quote:gesekan roda-roda kereta api dengan relnya, saat kereta api bergesekan dengan kedua relnya, maka terjadilah impedansi(hambatan listrik) yang menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati dan enggan untuk dinyalakan

Coba, dipelajari lagi & diuji lagi.
emoticon-Traveller
0
20-09-2019 14:42
the real raja jalanan. Emak-emak
0
20-09-2019 14:44
gimanapun akan tetap panik sih...i mean how to remain calm in the scary situation?? bwkwkwk
0
20-09-2019 14:52
nah pelajaran nih, untungnya emang pas lagi ga ada kereta. makanya kalo udah ada bunyi tanda kereta mau lewat jangan di terobos ya, ga ada yang tau siapa tau bakal kejadian kaya gini tiba tiba mobilnya mogok. kan ngeri
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1
20-09-2019 14:55
Quote:Original Posted By el.achmeedy


Salah quote ente gan


terserahlah yang penting ada yang baca emoticon-Big Grin
profile-picture
el.achmeedy memberi reputasi
1
20-09-2019 15:11
minta cendolnya gan, haus nihhhh abis dorong mobil
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1
Halaman 8 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.