alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d82ca7765b24d1c294c8aae/mobil-mogok-di-perlintasan-kereta-api-jangan-panik
Lapor Hansip
19-09-2019 07:23
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
Past Hot Thread
Hallo Agan Sista, selamat menikmati hari Kamis. Beberapa hari lalu ramai di media sosial, seorang ibu yang berusaha menyelamatkan diri di Perlintasan rel kereta api, karena mobil yang dikendarainya mengalami mogok/mati secara mendadak saat melintasi rel kereta api, simak videonya :
{thread_title}

(Source: https://www.youtube.com/watch?v=yufQNLO0CG8 )

Apakah penyebab Mesin kendaraan mogok/mati secara mendadak ?

Penyebabnya adalah karena adanya gesekan roda-roda kereta api dengan relnya, saat kereta api bergesekan dengan kedua relnya, maka terjadilah impedansi(hambatan listrik) yang menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati dan enggan untuk dinyalakan.

Pada kendaraan berbahan  bakar bensin, starter digerakkan oleh dinamo yang menghasilkan medan magnet untuk selanjutnya menggerakkan mesin mobil agar menyala. Proses inilah yang dihalangi oleh impedansi ketika mobil berada di atas rel kereta api. Efek impedansi dapat terjadi meskipun kereta api masih berada 1.5 km jauhnya dari tempat monil mogok di atas rel!

Bagaimana solusi mengatasi mobil yang mogok di atas rel dan upaya penyelamatan diri ?

Pertama, "JANGAN PANIK"tetaplah tenang, karena ketenangan adalah kunci menyelesaikan segala permasaahan termasuk  saat mobil anda mogok di atas rel kereta api.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

Kedua, "MEMBUNYIKAN KLAKSON SECARA TERUS MENERUS"cobalah membunyikan klakson secara terus menerus, setelah itu coba kembali starter mesin kendaraan anda. Membunyikan klakson secara terus menerus dapat memutus impedansi  yang tecipta dari gesekan roda dan rel kereta api, sehingga memberi kemungkinan mesin dapat dihidupkan kembali.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)


Ketiga, "MENINGGALKAN KENDARAAN"
bila cara kedua tidak berhasil, maka anda wajib meninggalkan kendaraan anda, keselamatan jiwa lebih utama dibanding dengan kendaraan anda. kendaraan masih bisa dibeli dan dicari, namun nyawa bukanlah sesuatu yang dapat dipertaruhkan. Bila Kereta Api masih jauh, cobalah meminta pertolongan kepada orang sekitar untuk membantu mendorong kendaraan anda yang mogok, namun bila tidak memungkinkan "TINGGALKAN" dan "IKHLASKAN"

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

 Mencegah lebih baik dari pada mencari solusi!

Didalam berkendara dijalan raya, hendaknya kita selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Terkhusus saat melintasi rel kereta api, patuhilah rambu-rambu dan palang pintu. Saat kereta api akan melintas, akan ada sirine tanda untuk berhenti dan diikuti dengan tertutupnya palang itu, maka "PATUHILA" jangan ngeyel hanya karena menunggu 5-10 menit anda mempertaruhkan nyawa. Di Indonesia masih banyak perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu dan penjaga oleh karena itu selalu waspada, ingat keluarga anda dirumah, ingat calon istri/suami anda, ingat anak anda, ingat juga hutang anda. Karena kengeyelan anda, tidka hanya merugikan diri anda sendiri tapi merugikan orang lain, misalnya penjaga palang pintu yang dipecat oleh pimpinannya karena di anggap lalai, orang-orang yang hutangnya belum anda bayar, dan terutama anak dan istri/suami anda yang menjadi tanggungan anda, mereka kehilangan kasih sayang dan orang yang paling mereka cintai.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!


Didalam UU No. 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, kita " WAJIB " mendahulukan kereta api yang akan lewat.

SEMOGA BERMANFAAT, Sekian.


Refrensi : Penyebab dan Solusi & Kewajiban Mendahulukan Kereta Api

profile-picture
profile-picture
profile-picture
balapbekicot dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 14
20-09-2019 12:49
Quote:Original Posted By ulermaboq
Di Indonesia masih banyak perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu dan penjaga oleh karena itu selalu waspada, ingat keluarga anda dirumah, ingat calon istri/suami anda, ingat anak anda, ampe begitu ingat hutang apalagi kalo banyak dan ga terlunaskan lagi auto gas poll.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Iyaa gann, Ngeri itu hutang di bawa mati, blm lagi kan kalo blm nikah kasian .. mksh gan cendolnya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
20-09-2019 12:51
ngeri gan...
0
20-09-2019 12:51
Quote:Original Posted By aliensia
Ya kalo ibu itu memang niatnya nerobos gara2 gk sabaran... Ini ibu2 yg nuntut KAI kan? emoticon-Leh Uga


Banyak kok org kita model gitu terutama motor yg angkat tuh palang trus melintas memang bernyali besar seperti larry si lobster


Iyaa... Si emak2 menyalahkan petugas penjaga oalang pintu gan, katanya telat nutup, pdhkan sblm di tutup udh ada sirine yg ribut br tu gerbang nutup... Emak2nya ajbug ngeyel, coba perhatikan videonya, si abang penjaga oalang pintu smpai membanting bendera yg dia pegang, mngkn merasa gagal karna kebar-baran emak2... Cendol2 gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
aliensia memberi reputasi
1
20-09-2019 12:52
Quote:Original Posted By Aragons
bener kata TS ane sering kalau berkendara terus mau nyalip atau semisalnya tapi resiko kecelakaan terlalu besar ane bakal bilang ke diri sendiri mending telat 10 menit daripada mati dijalan raya


Gak elegant banget gan kalo mati di jalan Raya, apalagi karena kelalaian kita sendiri.... Pokoknya inget kekuarga aja deh d rumah, sblm mlakukanbhal nekat... Btw cendolnya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
20-09-2019 12:53
emoticon-Ngacir2
0
20-09-2019 12:53
Quote:Original Posted By ppuurr
Tdk sabar dan suka menyerobot adalah salah satu pribadi kita selama ini Gan emoticon-I Love Indonesia
ayuk kembali ke pribadi bangsa yg sesungguhnya... emoticon-Cool


Hahaha... Sabar agan2 btw bg cendolnya dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
20-09-2019 12:54
Quote:Original Posted By purpleishapple
Tetap santuyyyy ...wkwkwkw gan bg emoticon-Blue Guy Cendol (L) dng


Yup, tetap santuyyyemoticon-Leh Uga
Cendol sdh dikirim sekalian es teler, es campur, dll emoticon-Cool
0
20-09-2019 12:54
Quote:Original Posted By nanadidi
saran yang berguna gan.


Makasih bagi dong ijo2nya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
20-09-2019 12:55
Quote:Original Posted By mauapalagimas
waspada ben slamet gan


Bener bgt gan, bagi dong Ijo2 nyaa emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
LaSeixas memberi reputasi
1
20-09-2019 12:55
Quote:Original Posted By LaSeixas
nice tips.


Makasih Gan, jangan lupa lempar cendolnya yaa emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
LaSeixas memberi reputasi
1
20-09-2019 12:56
kalau kereta lewat ngalah dulu dehh demi keselamatan sendiri lagian nunggu bentar ini
0
20-09-2019 12:57
Quote:Original Posted By titiktitik373
udah di kalemin juga tetep pasti panik mau keadaan gimana juga.


Sy juga kadang gitu, belajar aj gan biar gak panik... Soalny kalo panik kita gak bisa mikir lg... Btw tolong lemparin cendolnya dong, mksh emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
20-09-2019 12:58
Quote:Original Posted By khadapy94
ya kalau mogok di perlintasan yang rel kereta apinya udah gak aktif ngapain panik?

temen ane saking lebay nya dikasih sebongkah rel aja panik

takut ketabrak
hadeuh
jaman skrg orang2 pada lebay


Hahahaha... Iya gan, Itukan Tips buat di rel KA aktif gan... Mungkin Teman agan ada trauma masa lalu dgn hal2 tentang KA... tertabrak KA mainan misalnya , btw hujani cendol dong gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
khadapy94 memberi reputasi
1
20-09-2019 13:00
Tambahan Ilmu Dan Wawasan
Quote:Original Posted By barulangit
mesin bensin atau mesin solar pun sumber listriknya tetap sama yaitu dari alternator (dinamo jalan), kalau impedensinya nyerang kelistrikan berarti entah itu mobil mesin bensin ataupun mobil mesin solar (diesel) tetap berpotensi mogok sama besarnya, impedensi (semacam medan magnet) merambat melalui udara dalam jarak pendek karena ban mobil terbuat dari karet yang termasuk bahan isolator listrik jadi sepertinya tidak mungkin merambat melalui ban, atau mungkin kondisi ban basah


Iyaa gan, mksh buat Info dan wawasannya, hehe... Jgn lupa traktir ane cendol yaa gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
khadapy94 memberi reputasi
1
20-09-2019 13:01
Quote:Original Posted By hedafebrianza
ya semoga agan² dan sista² selalu di beri keselamatan dimanapun emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Ngacir2


Aamiin, makasih gan buat doanya, jgn lupa traktir cendol yaa emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
khadapy94 memberi reputasi
1
20-09-2019 13:02
Quote:Original Posted By a_tumiwa
di indonesia memang masih banyak ya rel kereta api di jalan raya,
mungkin harus invest nih buat jembatan khusus rel kereta api


Berdoa aja, Indonesia segera punya KA bawah Tanah kyk di Jepang, Aamiin, btw cendolnya jgn lupa ya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
khadapy94 memberi reputasi
1
20-09-2019 13:03
Quote:Original Posted By superdede101
ganas juga nehh


Hahahaha, Ganas gmn gan? Jalanan emg Ganas gan, Apalgi emak2 mending ngalah kalo udh pake kendaraan dkt emak2.... Btw cendolnya jangan lupa ya
profile-picture
profile-picture
superdede101 dan khadapy94 memberi reputasi
2
Lapor Hansip
20-09-2019 13:06
Balasan post purpleishapple
saia lupa cara ngirim cendol
0
20-09-2019 13:08
Quote:Original Posted By Hargo Dumilah
saia lupa cara ngirim cendol


Diisi gelas kosongnha gan, Hehe... emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Ngakak
profile-picture
khadapy94 memberi reputasi
1
20-09-2019 13:08
Quote:Original Posted By Big Bholo
Yup, tetap santuyyyemoticon-Leh Uga
Cendol sdh dikirim sekalian es teler, es campur, dll emoticon-Cool


Makasihh gan kurang bakso wkwkw, biar sekalian emoticon-Ngakakemoticon-Shakehand2
profile-picture
Big Bholo memberi reputasi
1
Halaman 6 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.