alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
263
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d82ca7765b24d1c294c8aae/mobil-mogok-di-perlintasan-kereta-api-jangan-panik
Sering kejadian mobil mogok saat melintasi perlintasan kereta api. Ini disebabkan karena adanya impedansi atau aliran listrik dari rel kereta. Jangan panik apabila mengalami kejadian seperti ini.
Lapor Hansip
19-09-2019 07:23

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Past Hot Thread
Hallo Agan Sista, selamat menikmati hari Kamis. Beberapa hari lalu ramai di media sosial, seorang ibu yang berusaha menyelamatkan diri di Perlintasan rel kereta api, karena mobil yang dikendarainya mengalami mogok/mati secara mendadak saat melintasi rel kereta api, simak videonya :
{thread_title}

(Source: https://www.youtube.com/watch?v=yufQNLO0CG8 )

Apakah penyebab Mesin kendaraan mogok/mati secara mendadak ?

Penyebabnya adalah karena adanya gesekan roda-roda kereta api dengan relnya, saat kereta api bergesekan dengan kedua relnya, maka terjadilah impedansi(hambatan listrik) yang menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati dan enggan untuk dinyalakan.

Pada kendaraan berbahan  bakar bensin, starter digerakkan oleh dinamo yang menghasilkan medan magnet untuk selanjutnya menggerakkan mesin mobil agar menyala. Proses inilah yang dihalangi oleh impedansi ketika mobil berada di atas rel kereta api. Efek impedansi dapat terjadi meskipun kereta api masih berada 1.5 km jauhnya dari tempat monil mogok di atas rel!

Bagaimana solusi mengatasi mobil yang mogok di atas rel dan upaya penyelamatan diri ?

Pertama, "JANGAN PANIK"tetaplah tenang, karena ketenangan adalah kunci menyelesaikan segala permasaahan termasuk  saat mobil anda mogok di atas rel kereta api.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

Kedua, "MEMBUNYIKAN KLAKSON SECARA TERUS MENERUS"cobalah membunyikan klakson secara terus menerus, setelah itu coba kembali starter mesin kendaraan anda. Membunyikan klakson secara terus menerus dapat memutus impedansi  yang tecipta dari gesekan roda dan rel kereta api, sehingga memberi kemungkinan mesin dapat dihidupkan kembali.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)


Ketiga, "MENINGGALKAN KENDARAAN"
bila cara kedua tidak berhasil, maka anda wajib meninggalkan kendaraan anda, keselamatan jiwa lebih utama dibanding dengan kendaraan anda. kendaraan masih bisa dibeli dan dicari, namun nyawa bukanlah sesuatu yang dapat dipertaruhkan. Bila Kereta Api masih jauh, cobalah meminta pertolongan kepada orang sekitar untuk membantu mendorong kendaraan anda yang mogok, namun bila tidak memungkinkan "TINGGALKAN" dan "IKHLASKAN"

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

 Mencegah lebih baik dari pada mencari solusi!

Didalam berkendara dijalan raya, hendaknya kita selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Terkhusus saat melintasi rel kereta api, patuhilah rambu-rambu dan palang pintu. Saat kereta api akan melintas, akan ada sirine tanda untuk berhenti dan diikuti dengan tertutupnya palang itu, maka "PATUHILA" jangan ngeyel hanya karena menunggu 5-10 menit anda mempertaruhkan nyawa. Di Indonesia masih banyak perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu dan penjaga oleh karena itu selalu waspada, ingat keluarga anda dirumah, ingat calon istri/suami anda, ingat anak anda, ingat juga hutang anda. Karena kengeyelan anda, tidka hanya merugikan diri anda sendiri tapi merugikan orang lain, misalnya penjaga palang pintu yang dipecat oleh pimpinannya karena di anggap lalai, orang-orang yang hutangnya belum anda bayar, dan terutama anak dan istri/suami anda yang menjadi tanggungan anda, mereka kehilangan kasih sayang dan orang yang paling mereka cintai.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!


Didalam UU No. 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, kita " WAJIB " mendahulukan kereta api yang akan lewat.

SEMOGA BERMANFAAT, Sekian.


Refrensi : Penyebab dan Solusi & Kewajiban Mendahulukan Kereta Api

profile-picture
profile-picture
profile-picture
balapbekicot dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 14
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:20
Jangan panik, tp pasrah aza emoticon-Cool
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:20
Yang ngeri kan kalo lewat perlintasan yang gak ada palang N penjaganya. Kalo yg suka nerobos palang perlintasan KA si ya konsekwensi dia lah kalo terjadi kecelakaan.
Diubah oleh anxiousyads
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:21
Di Indonesia masih banyak perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu dan penjaga oleh karena itu selalu waspada, ingat keluarga anda dirumah, ingat calon istri/suami anda, ingat anak anda, ampe begitu ingat hutang apalagi kalo banyak dan ga terlunaskan lagi auto gas poll.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:27
Ya kalo ibu itu memang niatnya nerobos gara2 gk sabaran... Ini ibu2 yg nuntut KAI kan? emoticon-Leh Uga


Banyak kok org kita model gitu terutama motor yg angkat tuh palang trus melintas memang bernyali besar seperti larry si lobster
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:27
bener kata TS ane sering kalau berkendara terus mau nyalip atau semisalnya tapi resiko kecelakaan terlalu besar ane bakal bilang ke diri sendiri mending telat 10 menit daripada mati dijalan raya
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:27
Tdk sabar dan suka menyerobot adalah salah satu pribadi kita selama ini Gan emoticon-I Love Indonesia
ayuk kembali ke pribadi bangsa yg sesungguhnya... emoticon-Cool
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:28
saran yang berguna gan.
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:29
waspada ben slamet gan
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:33
nice tips.
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:37
udah di kalemin juga tetep pasti panik mau keadaan gimana juga.
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:41
ya kalau mogok di perlintasan yang rel kereta apinya udah gak aktif ngapain panik?

temen ane saking lebay nya dikasih sebongkah rel aja panik

takut ketabrak
hadeuh
jaman skrg orang2 pada lebay
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:42
ya semoga agan² dan sista² selalu di beri keselamatan dimanapun emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Ngacir2
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:42
listrik statisnya cuy
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:44
Quote:Original Posted By purpleishapple


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Shakehand2 hahaa iya gan up


mesin bensin atau mesin solar pun sumber listriknya tetap sama yaitu dari alternator (dinamo jalan), kalau impedensinya nyerang kelistrikan berarti entah itu mobil mesin bensin ataupun mobil mesin solar (diesel) tetap berpotensi mogok sama besarnya, impedensi (semacam medan magnet) merambat melalui udara dalam jarak pendek karena ban mobil terbuat dari karet yang termasuk bahan isolator listrik jadi sepertinya tidak mungkin merambat melalui ban, atau mungkin kondisi ban basah
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:45
di indonesia memang masih banyak ya rel kereta api di jalan raya,
mungkin harus invest nih buat jembatan khusus rel kereta api
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:46
iya jangan panik
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:47
Quote:Original Posted By Vieee111
kalau niat menerobos palang pintu, berarti memang sudah siap kehilangan. entah nyawa entah kendaraan itu sendiri. setiap pilihan ada resikonya 😊


For sure GanSist, kita wajib mematuhi rambu2 yhee kan? Jgn lupa cendolnya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
Vieee111 memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:47
ganas juga nehh
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:47
Quote:Original Posted By Big Bholo
Jangan panik, tp pasrah aza emoticon-Cool


Tetap santuyyyy ...wkwkwkw gan bg emoticon-Blue Guy Cendol (L) dng
profile-picture
Big Bholo memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
20-09-2019 12:48
Quote:Original Posted By anxiousyads
Yang ngeri kan kalo lewat perlintasan yang gak ada palang N penjaganya. Kalo yg suka nerobos palang perlintasan KA si ya konsekwensi dia lah kalo terjadi kecelakaan.


Iy gan, Makanya kewaspadaan adalah kunci utama, Tengok kirikanan sebelum melintasi rel KA tanpa palang pintu, btw cendolnya dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
anxiousyads memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.