News
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d838e1baf7e933dd5445dce/rkuhp-makar-terhadap-presiden-terancam-hukuman-mati
Definisi makar dalam RKUHP dianggap belum merujuk pada makna istilahnya. Menurut catatan aliansi, definisi makar berdasar dari asal kata "aanslag" yang berarti serangan.
Lapor Hansip
19-09-2019 21:18

RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati

Past Hot Thread
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati

Quote:
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasal makar yang masuk dalam draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dinilai masih bermasalah. Kesimpulan ini diungkap pelbagai pihak mulai dari Aliansi Nasional Reformasi KUHP hingga Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Definisi makar dalam RKUHP dianggap belum merujuk pada makna istilahnya. Menurut catatan aliansi, definisi makar berdasar dari asal kata "aanslag" yang berarti serangan.

Sedangkan bunyi pasal 167 dalam draf RKUHP, "Makar adalah niat untuk melakukan suatu perbuatan yang telah diwujudkan dengan adanya permulaan pelaksanaan perbuatan tersebut."


Definisi itu dinilai bisa menjadi pasal karet. Sehingga keberadaan pasal makar dianggap masih problematik juga membuka celah pemberangusan kebebasan berekspresi dan berpendapat.

Lihat juga: Demo RKUHP di DPR, Orator Sindir Rapat Pembahasan di Hotel

Draf RKUHP per 28 Agustus 2019 itu juga mengatur tindak pidana makar dalam tiga pasal antara lain Pasal 191 tentang makar terhadap presiden dan wakil presiden, pasal 192 tentang makar terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pasal 193-196 tentang makar terhadap pemerintahan yang sah.

Hukumannya tak main-main, orang yang dijerat pasal makar terhadap presiden, wakil presiden atau NKRI misalnya, bakal menghadapi ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 tahun.

Pasal 191 menyatakan, "Setiap orang yang melakukan makar dengan maksud membunuh atau merampas kemerdekaan presiden atau wakil presiden atau menjadikan presiden atau wakil presiden tidak mampu menjalankan pemerintahan dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 tahun."

Sedangkan pada Pasal 192 ditulis, "Setiap orang yang melakukan makar dengan maksud supaya sebagian atau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia jatuh kepada kekuasaan asing atau untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 tahun."

Lihat juga: RKUHP: Hubungan Seks Tapi Ingkar Janji Menikahi Bisa Dipidana

Sementara makar terhadap pemerintahan yang sah dihukum sesuai dengan peran yang dijalankan dengan ancaman pidana paling lama 12 tahun.

"Setiap orang yang melakukan makar dengan maksud menggulingkan pemerintahan yang sah dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun," bunyi pasal 193 ayat (1) dalam draf RKUHP.

"Pemimpin atau pengatur makar sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun," lanjut pasal 193 pada ayat ke-2.

Kajian Komnas HAM menemukan, pasal 193 RKUHP yang mensyaratkan upaya penggulingan dan atau pengambilalihan sebagai unsur pidana itu berpotensi disalahgunakan oleh pemegang kekuasaan.

"Ini berpotensi terhadap penyalahgunaan wewenang yang menyebabkan terlanggarnya hak kebebasan berpendapat dan berekspresi.
Delik makar seharusnya hanya terkait dengan tindakan yang bersifat menyerang," demikian hasil kajian Komnas HAM yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (17/9).

Lihat juga: Polisi Periksa Ketum FPI Ahmad Sobri Lubis Kasus Dugaan Makar

Komnas HAM berpendapat, tanpa perbuatan menyerang maka sebuah tindakan tidak memenuhi unsur pidana makar. Oleh karena itu catatan Aliansi Nasional Reformasi KUHP pun merekomendasikan perubahan definisi makar dalam pasal 167.

"Dikatakan makar apabila niat untuk itu telah ternyata dari adanya permulaan pelaksanaan dalam percobaan melakukan tindak pidana," salah satu poin usulan perubahan dalam catatan Aliansi Nasional Reformasi KUHP.

Dalam rekomendasi bagian penjelasan diterangkan, bahwa permulaan makar harus ditandai dengan serangan terhadap keamanan nyawa dan fisik atau, tindakan yang dilakukan dengan menggalang kekuatan bersenjata.


emoticon-Ngakak


bong emoticon-Christmas
Diubah oleh pdt.henderson
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 21:27
sekelas tempo dah disusupi radikalismeemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donray66 dan 7 lainnya memberi reputasi
4 4
0
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 21:39
komnas ham komnas tai emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kobabul01 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 21:42
semoga bapak Presiden Insinyur Haji Joko Widodo bisa memerintah indonesia 7 periode emoticon-Ultah emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theraindrops dan 12 lainnya memberi reputasi
10 3
7
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 21:54
Alhamdulillah
profile-picture
profile-picture
critoseus dan samsol... memberi reputasi
1 1
0
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 21:56
Bagus kan???
Apa Anjing2 kampret di sini ndak faham arti makar ? emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donray66 dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 21:57
Kalo yang tukang ngibulin rakyat terancam hukuman apa nih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donray66 dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 21:57
hallo lu yang , semoga kesucian baginda agung naciiro akan selalu abadi, karena baginda agung jaenudin naciro adalah juru selamat kami *nastaiker
Diubah oleh dsturridge15
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donray66 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 22:16
bagus lah tegas bgitu

ga ada yg harus di protes lah. kecuali yg kepengenya makar ya pantes lah protes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slarkkk dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 22:52
hmm...
klo peraturan kyk gini lebih cocok di negara monarki/komunis..
di thailand jg ndak bisa seenaknya bicara tentang keluarga kerajaan.

ndak masalah selama kritik ke penguasa mau pedas asal masih dlm koridor
tp klo udah menjurus kudeta yah..
pngkhianat negara dihukum mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
icikepuw27 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 22:53
Pokoknya gak mau tau !

emoticon-Marah

I Love JKW 3000 !!!

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pdt.henderson dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 22:56
bagus lah
biar ga ada demo2 bayaran melulu

negara ini mayoritas berani karena banyak bukan karena benar, makanya tiap demo diprovokasi dikit ujung2nya pasti rusuh, karena mayoritas goblok dan merasa teman demonya banyak, jadi merasa kuat

macem mana investor luar mau lirik Indonesia kalo dikit2 rusuh, dikit2 demo
ditinggal Vietnam lama2 ini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AndySchitzo dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 23:04
Pasal 191 menyatakan, "Setiap orang yang melakukan makar dengan maksud membunuh atau merampas kemerdekaan presiden atau wakil presiden atau menjadikan presiden atau wakil presiden tidak mampu menjalankan pemerintahan dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 tahun."

bold contohnya apa?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
19-09-2019 23:55
Kapan RKUHP, koruptor dihukum mati, keluarga 3 turunan dimiskinkan???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pdt.henderson dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
20-09-2019 00:23
mestinya yang mau negakin sistem selain demokrasi yang wajib ditindak tegas emoticon-shakehand
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
20-09-2019 01:11
Setuju. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
pelindungsapi dan kakekane.cell memberi reputasi
1 1
0
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
20-09-2019 04:41
Pasal karet bertebaran ampe pulang malem pun bisa kenak pidana nanggung amat napa gk bikin negara syariah aje sekalian. indonesia maju dua langkah mundur tiga langkahemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
GZuron dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
20-09-2019 04:46
Sedangkan pada Pasal 192 ditulis, "Setiap orang yang melakukan makar dengan maksud supaya sebagian atau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia jatuh kepada kekuasaan asing atau untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup

Kekuasaan Asing istilahnya kok Rancu banget.
Si Jae bakal kena ciduk donk
emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
20-09-2019 05:18
dulu katanya planga plongo, sekarang udah mau tegas nehemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AndySchitzo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
20-09-2019 06:02
Bagus!
Setuju banget gua!
Belum siap kita dengan kebebasan berpendapat seperti di Amerika Serikat.

Bukan apa-apa, yang kita adaptasi dari Amerika cuma budaya ngocehnya doang. Sementara budaya gila kerja Amerika Serikat tidak kita tiru.

Rakyat Amerika Serikat ngocehnya keras, tapi mereka kerjanya juga keras!

Kalau sini ngocehnya doang yang keras, tapi disuruh kerja keras pada ogah. Dikit-dikit demo, dikit-dikit konvoy, dikit-dikit bakar ban.

Pantesan investor pada lari ke vietnam. Percuma tanam modal & bikin pabrik di sini soalnya kebanyakan cuma bakat teriak-teriak & ngoceh doang.

Nanti kalau UU penghinaan disahkan, bakal bagus buat negara. Mental-mental provokator bakal mikir-mikir buat ngerusuh. Selain itu rakyat bakal lebih giat kerja daripada ngeluh ini itu & demo ini itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AndySchitzo dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
20-09-2019 08:32
Makar terhadap presiden di hukum mati. Kok korupsi enggak? Dasar hukum negara +62. 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia