Laditachuda
TS
Laditachuda
Keliling Jogjakarta dengan 3500 Rupiah, Kok Bisa?
Transportasi kota


sumber dokumen pribadi


Quote:


Hai hai, Agan dan Sista sahabat traveller! Jumpa lagi di perjalanan berikut Ladita ke Jogjakarta. Perjalanan kali ini benar-benar berkesan karena biaya yang dikeluarkan benar-benar minim. Ternyata Jogjakarta memiliki transmoda yang keren dan membantu meringankan dompet backpacker,loh.


Agan dan Sista pernah enggak kelimpungan karena harus mengeluarkan banyak uang untuk transportasi umum? Kalau Ladita sih, iya. Apalagi di kota tempat Ladita tinggal jaraknya jauh-jauh, dan transportasi yang lewat pun kebanyakan angkot dan bus besar. Jangan tanya soal ongkosnya, karena itu sering bikin kepala agak puyeng.



Trans Jogja


Sewaktu Ladita ke Jogja kemarin, sempat pusing juga memilah rupiah untuk ongkos. Karena destinasi wisata yang dituju memang jauh-jauh jaraknya. Nah, sewaktu lagi galau,tiba-tiba lewat bus mini.

Setahu Ladita bus itu mirip dengan bus Antapani di Bandung dengan tarif 3000 rupiah. Karena penasaran, akhirnya Ladita tanya-tanya. Jawaban yang diterima sangat mengejutkan, Gan. Katanya hanya dengan 3500 rupiah saja kita bisa keliling Jogjakarta. Eh, kok, bisa?


Adalah Trans Jogjayang diprakarsai oleh pemerintah DIY untuk menunjang peningkatan transportasi perkotaan. Tans Jogja adalah bus mini dengan tarif murah dan cukup nyaman. Bus ini mulai beroperasi pada tahun 2008 dan kini telah memiliki 100 lebih bus dengan 15 jalur. Halte permanennya sendiri berjumlah 113 dan halte portable 90.


Di awal peluncuran, bus ini didominasi warna hijau dan kuning, sekarang telah ditambah dengan warna biru. Sistem pembayaran Trans Jogja ini menggunakan fitur e-ticketing (tiket elektronik) dan bekerjasama dengan empat bank nasional, yaitu BRI, BNI, BCA, dan Bank Mandiri.



Operator Trans Jogja


Di tiap halte permanen ada operator yang menunggu. Uniknya, seperti info yang Ladita dapatkan, bus ini memang cukup membayar 3500 rupiah saja. Dengan harga itu kita bisa keliling Jogjakarta. Tapi, ada syaratnya, Gan. Kita enggak boleh keluar dari halte sampai bus TJ berikutnya datang. Bus yang sesuai dengan tujuan kita.

Setiap Bus TJ ada nomornya, Gan. Semisal kita naik TJ 4A dari Lempuyangan, terus kita bayar 3500 rupiah ke kondekturnya. Nah, karena ke Prambanan itu harusnya naik TJ 1A, jadi kita pasti diturunkan di halte berikutnya dan harus menunggu bus 1A ini datang. Ketika turun kita cukup bilang jurusan yang akan dituju, dan operatornya nanti yang akan mengarahkan.

Ketika bus TJ sambungan kita sudah datang, tidak perlu membayar lagi, kita cukup naik saja. Yah, tapi tadi itu syaratnya, kita tidak boleh keluar halte, harus menunggu sampai bus yang sesuai dengan tujuan kita datang.



Dokumen pribadi


Seru, 'kan? Kita tinggal nanya naik bus TJ apa kalau mau ke suatu tempat, terus kalau bukan jalurnya pasti diturunkan di halte berikut sampai bus TJ tujuan kita datang. Ingat, cukup bayar 3500 rupiah saja, dan kita bisa gonta-ganti bus TJ keliling kota Jogjakarta.



Jalur bus TJ


Seandainya di Kota Ladita bus mini seperti itu sudah berjalan, pastinya bisa hemat ongkos dan meringankan para pengguna jasa transportasi umum. Sayangnya, masih banyak yang harus dipertimbangkan pemerintah daerah, karena model transportasi umum yang sudah beragam di kota Ladita. Sedangkan di Jogjakarta sendiri, Ladita lihat tidak ada mobil angkutan umum, jadinya TJ benar-benar berfungsi baik.

Nah, gimana Gan? Jadi enggak perlu ribet, kan, kalau mau ke Jogjakarta? Kita cukup tahu destinasi kita dan naiklah TJ sepuasnya. Selamat mencoba dan jalan-jalan di Jogjakarta, Gan.




Sumber: dokumen pribadi




Diubah oleh Laditachuda 09-06-2020 07:47
haz0204tsuway.c001trifatoyah
trifatoyah dan 48 lainnya memberi reputasi
49
11.8K
278
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.