alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d83252baf7e93408927d7eb/ruu-kuhp-ayam-peliharaan-masuk-dan-makan-di-kebun-orang-denda-rp-10-juta
Lapor Hansip
19-09-2019 13:50
RUU KUHP: Ayam Peliharaan Masuk dan Makan di Kebun Orang, Denda Rp 10 Juta
Past Hot Thread
Quote:RUU KUHP: Ayam Peliharaan Masuk dan Makan di Kebun Orang, Denda Rp 10 Juta

Suara.com - Pecinta dan pemelihara atau bahkan peternak unggas serta hewan ternak lain, tampaknya harus lebih waspada dalam mengawasi peliharannya.

Jangan sampai unggas atau hewan ternaknya sampai masuk hingga mencari makan di tanah atau kebun milik orang lain yang ada tanamannya.

Pasalnya, jika unggas semisal ayam, bebek, angsa atau kalkun peliharaan sampai melakukan hal tersebut, maka salah-salah peternak dapat dikenakan sanksi pidana berupa denda.

Dendanya itu sendiri bahkan bisa melebihi harga pasaran unggas, yakni senilai Rp 10 juta.

Begitu setidaknya aturan yang dimuat dalam RUU KUHP, yang telah disepakati pemerintah dengan DPR RI, dan bakal segera disahkan dalam rapat paripurna.


Aturan tersebut terperinci jelas dalam Bagian Ketujuh Gangguan terhadap Tanah, Benih, Tanaman dan Pekarangan Pasal 278 RUU KUHP.

"Setiap orang yang membiarkan unggas yang diternaknya berjalan di kebun atau tanah yang telah ditaburi benih atau tanaman milik orang lain dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II (Rp 10 juta)," demikian Pasal 278.

Selain dikenakan denda, berdasarkan Pasal 279 ayat 2, hewan ternak yang melanggar aturan menginjakkan kaki di tanah atau kebun yang terdapat tanaman atau telah ditaburi benih bakal disita oleh negara.

Begini Pasal 279:

Ayat 1, "Setiap Orang yang membiarkan Ternaknya berjalan di kebun, tanah perumputan, tanah yang ditaburi benih atau penanaman, atau tanah yang disiapkan untuk ditaburi benih atau ditanami dipidana dengan pidana denda paling banyak Kategori II."


Ayat 2, "Ternak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dirampas untuk negara."

Untuk diketahui, pembahasan RUU KUHP bakal dilanjutkan dalam tingkat II pengambilan keputusan Rapat Paripurna DPR RI. Hal itu dilakukan seusai DPR dan pemerintah menyepakati saat rapat kerja di Komisi III hari ini.

Adapun perwakilan pemerintah yang hadir dalam rapat kerja tersebut yakni Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Sebelum disepakati untuk dibawa ke rapat paripurna, Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin melempar pertanyaan terlebih dahulu.

"Apakah RKUHP dapat kita setujui untuk diproses lebih lanjut sesuai ketentuan DPR RI?," tanya Aziz kepada seluruh fraksi dalam rapat kerja, Rabu (18/9/2019).

Pertanyaan serupa kemudian dilontarkan Aziz kepada Yasonna sebagai perwakilan dari pemerintah. Baik fraksi partai di DPR maupun pemerintah menyatakan persetujuan RUU KUHP dibawa ke dalam rapat paripurna untuk segera disahkan.

https://m.suara.com/news/2019/09/19/...nda-rp-10-juta


Mmg bahaya klo ada ayam masuk kamar terus makanan burung orang.. emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
20-09-2019 03:45
rame2 salahkan presiden padahal KUHP baru ini mayoritas pasal2 titipan konstituen anggota DPR baik nasbung & nastak. pembahasannya sudah belasan tahun, kalau sekarang nggak jadi UU maka bakal jadi rekor baru RUU.
yang jangan dilupakan pasangannya, KUHAP yang ketinggalan zaman juga.
profile-picture
adrianfuzagame memberi reputasi
1
20-09-2019 03:52
Kasian ayamnya diambil sama negaraaemoticon-Frown #semuabisakena
Diubah oleh dndrnasya
0
20-09-2019 04:03
Waw, kalo 'burung' nte masuk lubang bini tetangga kena brp bre?
0
20-09-2019 04:21
Quote:Original Posted By heartpiratesz
Terobosan baru dari maharaja kita lord Jokowi dgn DPR.
Mulai skrng yg punya unggas mending disekolahin dulu dah biar ga makan sembarang di kebun orng. Mayan tu denda 10jt, udh kismin jadi makin kismin bayar denda. Rakyat kejelata bisa apa dihadapan sang maharaja emoticon-Leh Uga

#MenujuIndonesiaSuram2024

cebong pint4rrr nya gak ketulungan emoticon-Ngakak (S) orang kek gini dibela2in sampe urat malu nya putus

emoticon-Salaman

Bagi bata nya dong gan emoticon-Bata (S)
profile-picture
heartpiratesz memberi reputasi
-1
20-09-2019 04:57
Makin dibuat bingung ama Depeer Indonesia..dikasih amanat jabatan malah nglunjak rakyat
0
Lapor Hansip
20-09-2019 05:17
Balasan post pdt.henderson
pekerjaan baru tuh jadi koruptuor
0
20-09-2019 06:56
Ayam ane sering lepas gan
Auto kena denda dong ya
0
20-09-2019 13:13
presiden gagal, negara dagelan, selamat 2 periode, rasain yang kemarin ngotot 2 periode
0
20-09-2019 16:47
nikmati pilihan kalian emoticon-Leh Uga
0
20-09-2019 20:56
Banting saja ayamnya.....paling ngganti 70rebu
0
20-09-2019 21:04
Wah kebun ane sering didatengin ayam tetangga gan emoticon-Cool.
Bisa pada dipenjara semua dong tetangga ane emoticon-Matabelo
0
20-09-2019 22:19
agak aneh tp masuk akal soale ibu ane hobi berkebun, bibit baru tumbuh tunas udah diacak2 ayam tetangga, kesel ya kesel tp mau gimana
0
21-09-2019 05:53
Quote:Original Posted By ribam
Burung itu sejenis ayam


lebih tepatnya unggas
0
21-09-2019 14:27
Untung gak punya ayam ane emoticon-Leh Uga

No 1 kasihan amat njay udah diperkaos dipenjara pula emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh chocorip
0
21-09-2019 17:08
udah deh mending urus RUU tentang punishment buat koruptor aja yg diperberat,kalo dana APBN ngk di cuil sama koruptor setidaknya negara kita bisa berkembang sedikit lebih cepat ya ngk gan?
0
23-09-2019 08:09
Semoga banyak cebong yg punya ayam, dan kerja pulang malam.

Biar kapok tuh para cebong.
0
Lapor Hansip
26-09-2019 11:43
Balasan post valkyr7
kalo yang masuk nya cewek cantik cuma make handuk aja abis mandi giamane gan
0
26-09-2019 11:59
Quote:Original Posted By .sakitjiwa.
kalo yang masuk nya cewek cantik cuma make handuk aja abis mandi giamane gan


Lha.. terserah elo mau ngapain ?.. emoticon-Malu (S)

Para kampret kan literasinya rendah.. masalah ayam masuk pekarangan rumah itu delik aduan kok.. selama elo ma tetangga elo baik2 aja ya ga masalah.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1
09-10-2019 11:16
Baru baru ini saya mendapati kasus serupa dan menimpa tetangga saya,dimana kronologinya ayam Si A tiba tiba naik ke teras rumah si B dan pup.si B ini marah dan melabrak si A,mengancam akan melaporkan pada polisi dengan dasar hukum rkuhp yg dia tau di tv.si B berkata dia sudah memfoto bukti berupa kotoran ayam dan siap melaporkan. Nah padahal sudah jelas di RKUHP bunyinya seperti apa. Jika dilanjutkan naik ke meja hijau apakah si A akan terkena pasal tsb. Ini merupakan kasus nyata di lingkungan saya.Responnya dong para ahli hukum
Diubah oleh luckytwinnumber
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.