king.mbsAvatar border
TS
king.mbs
Pompeo Tuding Iran di Balik Serangan pada Kilang Minyak Saudi

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menuding Iran berada dibalik serangan terhadap dua kilang milik perusahaan mintak Saudi, Aramco. Foto/Reuters


WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menuding Iran berada dibalik serangan terhadap dua pabrik Aramco di provinsi Abqaiq dan Khura, Arab Saudi. Serangan terhadap aset perusahaan minyak negara itu memicu kebakaran hebat.

Abqaiq, 60 km sebelah barat daya Dhahran, terdapat pabrik pemrosesan minyak terbesar di dunia. Sedangkan Khurais, 190 km di wilayah barat daya negara tersebut, memiliki ladang minyak terbesar kedua di Saudi.

Baca Juga:
Terungkap, Agen Terbaik CIA saat Perang Dingin Bukan Manusia
Politisi Republik Ancam Bakal Capres AS dengan Senapan AR-15


"Teheran berada di balik hampir 100 serangan terhadap Arab Saudi sementara (Hassan) Rouhani dan (Mohammad Javad) Zarif berpura-pura terlibat dalam diplomasi," kata Pompeo melalui akun Twitternya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/9).

"Di tengah semua seruan untuk de-eskalasi, Iran kini telah meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasokan energi dunia. Tidak ada bukti serangan datang dari Yaman," sambungnya.

Pompeo kemudian menyerukan seluruh dunia untuk mengecam serangan tersebut. Dia juga mengatakan bahwa AS akan bekerjasama dengan sejumlah negara untuk memastikan pasokan minyak dunia aman paska serangan tersebut.

"Kami menyerukan semua negara untuk secara terbuka dan tegas mengutuk serangan Iran. AS akan bekerja dengan mitra dan sekutu kami untuk memastikan bahwa pasar energi tetap dipasok dengan baik dan Iran bertanggung jawab atas agresi yang dilakukannya," tukasnya.
(esn)

https://international.sindonews.com/...udi-1568516192
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.