alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8339ecf4d6955869506a09/kebakaran-hutan-kalimantan-dipotret-satelit-nasa-miris-banget
Lapor Hansip
19-09-2019 15:18
Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!
Past Hot Thread
Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!

Quote:
Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia menjadi perhatian dunia. NASA memotretnya pakai satelit, sedih banget melihatnya.

Foto-foto satelit dari badan antariksa Amerika, NASA, dipajang di situs resmi NASA Earth Observatory. Dilihat detikcom, Kamis (19/9/2019) tampak Pulau Kalimantan yang berselimut asap putih. Sungguh miris.

Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) yang dipasang di Satelit Aqua milik NASA memotret Kalimantan pada tanggal 15 September 2015. Asap kebakaran hutan mengapung di seluruh wilayah.

Hanya Kalimantan Selatan yang tampak agak mendingan. Kabut asapnya tidak setebal di kawasan lain.

Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!

NASA juga menampilkan foto dari Operational Land Imager (OLI) pada satelit Landsat 8. Di situ lebih kelihatan lagi kebakaran hutan di kawasan perkebunan kelapa sawit. Amatan gelombang pendek infra merah diterapkan untuk memperlihatkan titik api.

Selain itu, ada peta data karbon pada 17 September 2019 dari permodelan GEOS Forward Processing (GEOS-FP). Model ini menggabungkan data satelit, pesawat dan sistem observasi di darat untuk mengamati aerosol dan api. GEOS-FP juga memakai data meteorologi seperti suhu udara, kelembabab, angin.

Kebakaran Hutan Kalimantan Dipotret Satelit NASA, Miris Banget!

Semuanya dihitung secara matematis, hasilnya tampak api yang begitu parah di tengah Kalimantan. Asapnya terbawa angin sampai ke arah Natuna. Selain itu tampak juga kebakaran hutan di Provinsi Riau di Sumatera, yang asapnya sampai ke Singapura yang akhir pekan ini mau menggelar balapan Formula1.

detik.com


Semoga bisa segera teratasi, api segera padam
Hujan segera turun, korporasi penyebab kebakaran segera dihukum.
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jicho22 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 9
19-09-2019 22:51


Quote:Original Posted By loyloisitoloy
tak separah yg diberitakan kok

kita doakan saja gan biar cepet selesei!










dasar NASA emoticon-Ngamuk


Diubah oleh aquanus98
0
19-09-2019 22:54
sedih dan miris sekali melihatnya, semoga rakyat dan pemerintah dapat bekerjasama secara kooperatif demi keselamatan dan kesejahteraan bersama.. jangan apa2 menyalahkan pemerintah, dan pemerintah juga jangan menutup mata atas hal - hal semacam ini
0
19-09-2019 23:25
Sayang banget hutannya emoticon-Frown
0
19-09-2019 23:32
ya ampun ngeri banget ya, dari gambar satelit luas begitu area yg kebakarnya. semoga segera berakhir musim kemaraunya biar diganti sama musim hujan, biar bisa bantu api cepet padam. kasian juga habitat hewan2 yg hilang sama asep yg makin tebal. semoga pemerintah gerak cepat nanganin ini.
0
19-09-2019 23:33
Ane tinggal dikalimantan kerasa banget dampak asap, dalam sebulan ini seakan kami rindu udara segaremoticon-Mewek, apa tidak ada solusi dari pemerintah?setiap pertengahan tahun menjelang akhir tahun selalu ada musim kabut asap
0
Lihat 1 balasan
19-09-2019 23:36
ini akibat keserakahan pengusaha sawit di kalimantan.
0
Lapor Hansip
19-09-2019 23:40
Balasan post d.milito22
Quote:Original Posted By d.milito22
Ane tinggal dikalimantan kerasa banget dampak asap, dalam sebulan ini seakan kami rindu udara segaremoticon-Mewek, apa tidak ada solusi dari pemerintah?setiap pertengahan tahun menjelang akhir tahun selalu ada musim kabut asap


kata tersangka pembakar hutan di kaltim, mereka sudah minta ijin ke kepala desa untuk membakar hutan.

aneh, kepala desa di kalimantan kok ada yang mengizinkan perusakan lingkungan.

warga kalimantan sebaiknya diajarkan mengenai pelestarian lingkungan.

percayalah, akan menyesal warga kalimantan nanti jika lingkungan alam kalimantan rusak dan hewan-hewan endemik disana banyak yang punah. penyesalan selalu datang belakangan, kalau datang lebih awal namanya pendaftaran.

Diubah oleh kampret.stres
profile-picture
profile-picture
qisatria dan Jazed memberi reputasi
2
19-09-2019 23:41
kejadian ini tuh udah sering kejadi dan terus keulang ulang tapi belom ada tindakan pencehahan juga,jadi kayak tunggi kejadian lagi baru diatasi lagi emoticon-Frown
baiknya sih belajaar dari pengalaman dan siapin payung deh sebelum ujan emoticon-Hansip
0
19-09-2019 23:42
tiap tahun kabut asap nyebrang sampe negara tetangga tapi gak pernah ada tuntutan serius minta ganti rugi ato apa. mentok2nya cm protes. mungkin karna mereka ikut menikmati hasil bakar2 hutannya? emoticon-Embarrassment
0
20-09-2019 00:16
Tahu nggak kenapa produk kelapa sawit dari Indonesia di-banned di eropa?

Karena orang Eropa tahu, perkebunan kelapa sawit dari Indonesia (khususnya dari kalimantan) dibangun dengan merusak lingkungan kalimantan dan membantai orangutan.
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1
20-09-2019 00:41
Quote:Original Posted By Balziev
bahkan laut pun terbakar.....


nasa camerany pake xiomi
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0
20-09-2019 00:55
Kok Indonesia terus yg harus menerima akibatnya, apa negara kita berisikan orang2 bodoh yg gampang disuap, agar urusan negara tetangga bisa lancar. Kalau sudah begini apa yg kita dapat keuntungan apa kerugian....?
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
20-09-2019 00:55
Balasan post Balziev
Quote:Original Posted By Balziev


bahkan laut pun terbakar.....


itu konsentrasi organic carbon, asap dari pembakaran hutan.

asap kan terbawa angin sampai laut juga
0
20-09-2019 00:58
ga bantu ???????
profile-picture
profile-picture
xbandage dan sayaplalat memberi reputasi
2
Lapor Hansip
20-09-2019 01:00
Balasan post habibulah
Quote:Original Posted By habibulah
Kok Indonesia terus yg harus menerima akibatnya, apa negara kita berisikan orang2 bodoh yg gampang disuap, agar urusan negara tetangga bisa lancar. Kalau sudah begini apa yg kita dapat keuntungan apa kerugian....?


indonesia kebanyakan penduduk tapi sedikit lapangan kerja.

lapangan kerja di indonesia sebagian besar dari bisnis pertanian dan perkebunan bukan dari industri teknologi (mobil, elektronik, komputer) seperti negara-negara maju.

akhirnya banyak hutan indonesia habis dibabatin untuk membangun lapangan kerja pertanian dan perkebunan. bisnis perkebunan yang demand nya tinggi ya perkebunan kelapa sawit.

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1
Lapor Hansip
20-09-2019 01:04
Balasan post kampret.stres
@kampret.stres ya kalau begitu kan tinggal diatur saja regulasi nya bagaimana, sesuai kan dengan hukum kalau melanggar, begitu saja kok repot
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1
20-09-2019 01:18
beuuh calon ibu kota kita itu..
0
20-09-2019 01:29
kan bisa ditebang daripada dibakar, lebih ramah lingkungan, kayunya bisa dibikin yg lain juga
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-09-2019 01:37
Balasan post Michiko936
Quote:Original Posted By Michiko936
kan bisa ditebang daripada dibakar, lebih ramah lingkungan, kayunya bisa dibikin yg lain juga


kemungkinan hutan yang sengaja dibakar adalah hutan yang dilarang pemerintah untuk ditebang.

kalau ditebang pakai mesin kan lama bisa berbulan-bulan dan bakalan mudah terlihat.

kalau dibakar kan tinggal lempar bensin sama lempar korek api, terus ngacir ketawa-ketawa, tanpa memikirkan akibatnya. setelah kebakaran mereda tanah bekas hutan yang terbakar dipakai untuk bisnis perkebunan sawit
Diubah oleh kampret.stres
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1
20-09-2019 02:10
Wah kena potret NASA ya.
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.