News
Batal
KATEGORI
link has been copied
158
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d81d941a727680ddc259d92/suap-demi-keterima-jadi-pns-sudah-dianggap-wajar
Lantas apa yang membuat masyarakat beranggapan bahwa pemberian uang atau suap saat ingin menjadi PNS merupakan hal yang wajar? Simak selengkapnya di sini:
Lapor Hansip
18-09-2019 14:14

Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?

Past Hot Thread
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?

Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya angkat suara terkait dengan hasil survei yang menyatakan bahwa masyarakat menganggap praktik suap untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) merupakan hal yang wajar.

Anggapan masyarakat itu berdasarkan dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS). Adapun, hasil survei tersebut memang dipublikasikan satu kali setiap tahunnya. Nama survei tersebut adalah Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Indonesia di 2019.

BPS mencatat IPAK Indonesia di 2019 sebesar 3,70 pada skala 0 sampai 5. Angka itu lebih baik dari catatan di tahun sebelumnya sebesar 3,66.

"Semakin tinggi IPAK ini semakin bagus. Kita berharap angka 3,6 sampai 5. Kalau di level itu jadi semangat anti korupsinya lebih tinggi," kata Kepala BPS Suhariyanto di Gedung BPS, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Lantas apa yang membuat masyarakat beranggapan bahwa pemberian uang atau suap saat ingin menjadi PNS merupakan hal yang wajar? Simak selengkapnya di sini:


1. Hasil Survei BPS

IPAK dikeluarkan BPS satu tahun sekali. Nilai indeks semakin mendekati 5 menunjukkan bahwa semangat anti korupsi di masyarakat semakin tinggi. Sebaliknya, jika semakin mendekati 0 maka semangat anti korupsinya semakin rendah.

IPAK ini disusun berdasarkan dua dimensi yakni dimensi persepsi dan dimensi pengalaman. Di tahun ini indeks persepsi turun 0,06 poin daru 2018 sebesar 3,86 menjadi 3,80. Sedangkan dimensi pengalaman naik 0,08 poin dari 3,57 di tahun lalu menjadi 3,65.

Menariknya meskipun IPAK membaik, di tahun ini masyarakat semakin permisif terkait korupsi di lingkup publik. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya persentase masyarakat yang menganggap wajar beberapa sikap yang dirasakan sebagai tindakan korupsi.

Menariknya lagi tahun ini peningkatan permisif yang paling besar terjadi pada variabel memberikan uang atau barang dalam proses penerimaan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau pun swasta. Nilainya naik dari 10,62% di 2018 menjadi 29,94%.

Terjadi juga peningkatan permisif dalam memberi uang atau barang kepada polisi untuk mempercepat urus SIM, STNK, SKCK dll dari 24,52% jadi 26,88%. Begitu juga untuk membagikan uang atau barang ke calon pemilih pada Pilkades, Pilkada dan Penilu dari 19,08% jadi 21,34%.

BPS sendiri melakukan survei perilaku anti korupsi 2019 dilakukan terhadap 10 ribu rumah tangga. Namun ada 48 rumah tangga yang tidak mengisi survei dengan berbagai alasan, sehingga survei dilakukan terhadap 9.952 rumah tangga dengan skala nasional.

Cakupan perilaku anti korupsi dalam survei mencakup penyuapan, pemerasan dan nepotisme. Wawancara dilakukan dengan menggunakan tablet android dalam jangka waktu 11-30 Maret 2019.


2. Respons BKN

Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?

Menurut BKN, suap tersebut dilakukan oleh oknum dan hanya merugikan masyarakat. Sebab, dengan melakukan hal itu tidak memberikan dampak apa-apa terhadap hasil akhir.

"Dengan sistem BKN yang serba online dan transparan itu pemerintah pusat dan daerah sudah mencegah seminimal mungkin. Karena nggak ada efeknya ngasih ke kami," kata Kepala Biro Humas BKN, Mohamad Ridwan saat dihubungi detikcom, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Kedua dimensi yang diukur oleh BPS lebih kepada sudut pandang masyarakat. Menurut Ridwal, hal tersebut sama sekali tidak akan mempengaruhi keputusan perekrutan.

Misalnya masyarakat mendapat nilai atau skor rendah dalam proses rekrutmen, jika terjadi pemberian uang atau semacam suap demi meningkatkan skornya, menurut Ridwan hal itu tidak bisa dilakukan.

Oleh karena itu, Ridwan mengungkapkan bahwa prilaku pemberian suap untuk menjadi PNS ujung-ujungnya merugikan masyarakat sendiri.

3. Ada Oknum


Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?

BKN tidak memungkiri masih adanya oknum pada proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Padahal, proses rekrutmen sudah dilakukan secara transparan melalui online.

Kepala Biro Humas BKN, Mohamad Ridwan mengaku pernah mendengar mengenai informasi adanya praktik suap di dalam proses menjadi PNS. Namun, ia menegaskan bahwa praktik tersebut dilakukan oleh oknum.

"Saya sampaikan tidak ada, itu karena oknum saja," kata Ridwan saat dihubungi detikcom, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Khusus PNS, Ridwan mencontohkan pada proses setelah menjadi PNS menuju pensiun. Dalam proses tersebut muncul dimensi pengalaman bahwa setiap pengurusan administrasinya berpotensi terjadi suap atau gratifikasi seperti yang disebut BPS.

"Jadi mungkin di setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) itu kan ada Subbag kepegawaian dia yang membawa keperluan OPD ke BKD, untuk diteruskan ke BKN Kanreg, kemudian langsung ke pusat. Nah mungkin rentetan lingkaran ini yang muncul pengalaman," jelas Ridwan.


Sumur: https://m.detik.com/finance/berita-e...ajar/4/#search


Biasanya Oknum Pejabat2 di daerah ni yg bermain,apalagi untuk posisi Honorer..


Bonus mulus SUAP

Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?

Diubah oleh uratkumbang
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 8
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:11


Quote:Original Posted By reif
padahal uang buat masuk bisa buat modal usaha..

Ia bisa sampe ratusan juta
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:15
Di tempat gue ada tuh, ketangkap oknum org dalam nya, mungkin tumbal. Doi di penjara gak ada 1th deh. Akhir nya damai sama calon yg gak lolos.

ASN itu susah di pecattt.

Jangan kan ASN. Mau kerja di pelabuhan aja nyogkk 40jt. Kwwkwm
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:19
Ada tetangga saya 2 anak yang keterima jadi pns tapi ketika bertemu oknum dalam berkata kalu setiap anak harus setor 150juta, kalu tidak mau yah tidak diterima dan akan dioper ke orang tidak lulus tes yg rela bayar lebih.
Diubah oleh freedomjustice
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:33
mending gaji pns dibawah umr masing" daerah trus kagak dapet jatah pensiun ya kalau bisa dibilang emang yang niat bener" mengapdi buat negara bukan yang niat dapet kerja enak, gaji lancar sama jatah pensiunan tambahan hari libur dapet jatah kerja rodi buat mengapdi ke masyarakat, misal kerja bakti.

kalau kerjaannya gitu ada yang tertarik?emoticon-Leh Uga
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:36
Yah.. kuliah aja buku diktatnya mungkin juga entah bener-bener dibaca apa kagak.. jadi ngenes kalo ngeliat hal kaya gini.. meskipun orang tersebut kompeten sekalipun, kalo sejak awal udah ngga bener apa iya duit gajinya halal?

#IDEALIS VS REALISTIS
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
Lapor Hansip
19-09-2019 22:39
Balasan post reif
ga semua orang mau hidup dari zona aman dan kuat dengan rintangan dunia usaha.

misalnya 50jt bisa buat buka usaha tapi disisi lain 50jt bisa bikin lolos jadi pns, buat yang milih hidup aman dan takut krisis buat perekonomiannya pasti milih pns udah jelas sampe masa pensiun sedangkan dunia usaha buat pelaku usaha yang baru maupun kecil untuk besok aja masih belum tau seperti apa.

0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:40
yaudah bilang aja wajar
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:48
Bukannya udah ada CAT dan proses panjang itu. Masa sih masih ada yg begini emoticon-Frown
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 22:57
buset, kebiasaan buruk yang semacam ini memang perlu dibenahi. memang benar kata pak jokowi... Indonesia darurat revolusi mental... kalo yang beginian masih dipertahankan, sampai kapanpun tidak akan ada habisnya gan
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
19-09-2019 23:02
klo punya orang dalem lebih mudah...
nepotisme itu tetep ada gmn pun jg.
permintaan 1000 slot kosong utk saudara papua kita itu masuk nepotisme ndak? keliatannya ngerugiin yg testing cpns susah payah ndak?

mentalitas jaman belanda tetep dipake sama bangsa ini.

dan dari sukwan jg ada testingnya buat diangkat pns asal punya masa kerja. klo kata papa yg udah masa kerja 10 tahun nan
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
20-09-2019 00:08
Kalau daerah ane sih desas desus nya dulu gitu gan, but sekarang murni banget gan, soalnya kemaren ikut seleksi dan ngerasain banget seleksi ketatnya, beruntung nya lagi alhamdlillah bisa lulus gan 😂😂
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
20-09-2019 02:22
waduh bentar lagi nih ya seleksi PNS
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
20-09-2019 08:12
nggak semua nyogok tapi kebanyakan ya begitu
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
Lapor Hansip
20-09-2019 08:52
Balasan post barulangit
Quote:Original Posted By barulangit


ipk segitu lulusan universitas mana dianya gan?


universitas abal2 (murah) yang penting kecetak dikti tapi walaupun universitas nya bapuk mah pinter pinter aja bray...
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
Lapor Hansip
20-09-2019 08:52
Balasan post jagotorpedo
Gmn ceritanya lg serius2 ngerjain tes trs iseng2 cabut kabel dimana testnya itu sendiri butuh koneksi internet? Temen agan agak gk sehat hha
Sepengalaman ane sih gan waktu tes cpns itu emang bener2 ketat
1. Sebelum masuk di geledah semua, yg boleh di bawa cuma kartu peserta. Alat tulis dll dilarang
2. Komputer yg di ruangan konek sama layar di depan tempat tunggu peserta dan pengantar diman di lihat orang banyak. Jadi layar itu menunjukan skor awal kita yaitu 0 trs tiap kita menjawab benar skor kita di layar depan itu bertambah secara realtime.
3. Sekarang rekrutmen PNS baik dari pemda maupun pusat ( kementerian/lembaga) semua satu pintu hanya melalui BKN. Jadi bila pemda atau pusat membutuhkan PNS wajib minta ke BKN.
4. Alhamdulilah sy diterima cuma modal transport solo-jkt PP NO SUAP2AN emoticon-Smilie
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
Lapor Hansip
20-09-2019 08:54
Balasan post blezzernet
@youma mungkin kali ya... berarti memang kepribadiannya yang dilihat (pribadi pribadi yang real rogoh kocek) memang banyak yang udah bicara kok seperti ini keadaannya udah jadi rahasia umum lah... bahkan mamanya temen anak sekolah gw jg lulus bayar 100 juta kok... orangnya biasa2 aja bekas pedagang kelontong gak ada pengalaman kerja kantoran sama sekali kok bisa lulus emoticon-Ngakak
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
20-09-2019 10:20
kesalahan yang dibiasakan terus menerus akhirnya menjadi sebuah kewajaran. itulah indonesia
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
20-09-2019 10:45
ane ikut cpns sejak tahun 2010 sampai 2015..
Pengalaman sih pakai CAT BKN, sdh tidak bisa lagi suap menyuap karena prosesnya benar benar tarnsparan.

ANEHNYA masih saja ada yg terbujuk iming iming oknum supaya bisa lolos cpns.

Contoh :

Oknum minta 150juta kepada si A agar lolos CPNS, si A menyerahkan 150juta. kemudian si A ikut ujian, kemungkinan ada 2

1. Lulus
Klo lulus maka si Oknum akan langsung gembar gembor bahwa itu adalah ulahnya, padahal itu adalah hasil si A sendiri. jadi hilang percuma 150juta itu.

2. Tidak Lulus,
Klo tidak lulus, Si A akan meminta uangnya kembali, kemudian Oknun, syukur2 mengembalikan, mengembalikan tapi dengan syarat dipotong biaya kesana kemari, misal 5juta. kan lumayan dapat 5 juta si oknumnya. itupun kalau dikembalikan.


Kemudian, misal si A tidak lulus dan ingin menuntut Oknum maka dengan tenangnya si Oknum berkata 'silahkan laporkan saja, tapi anda juga akan terlibat karena anda melakukan penyuapan'.

Padahal test CPNS sudah transparan bahkan sampai ke papua pun sudah memakai CAT. Hanya mindset orang orang primitif aja yg masih berfikir suap menyuap, atau mungkin mindset orang orang yang belum pernah mengikuti test cpns saja yg berfikir masuk cpns bisa dengan suap menyuap.

oya, ane Alhamdulillah lulus tahun 2015 tanpa bayar sepeserpun hanya ongkos transport dari sby ke jkrta aja..

0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
20-09-2019 11:14
Generasi sekarang udah sekolah tinggi-tinggi bahkan sampe bergelar S2 cuma supaya bisa keterima jadi ASN.......pantes ni negara udah puluhan taun berkembang mulu
0 0
0
Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?
20-09-2019 11:48
Quote:Original Posted By blezzernet


universitas abal2 (murah) yang penting kecetak dikti tapi walaupun universitas nya bapuk mah pinter pinter aja bray...


pinter itu banyak kategorinya..pinter nyontek, pinter cari muka ke dosen, pinter 'ngejilat', pinter 'minterin orang', dan pinter-pinter yang lainnya emoticon-Big Grin
pinter yang mana maksud ente?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia