alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
263
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d82ca7765b24d1c294c8aae/mobil-mogok-di-perlintasan-kereta-api-jangan-panik
Sering kejadian mobil mogok saat melintasi perlintasan kereta api. Ini disebabkan karena adanya impedansi atau aliran listrik dari rel kereta. Jangan panik apabila mengalami kejadian seperti ini.
Lapor Hansip
19-09-2019 07:23

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Past Hot Thread
Hallo Agan Sista, selamat menikmati hari Kamis. Beberapa hari lalu ramai di media sosial, seorang ibu yang berusaha menyelamatkan diri di Perlintasan rel kereta api, karena mobil yang dikendarainya mengalami mogok/mati secara mendadak saat melintasi rel kereta api, simak videonya :
{thread_title}

(Source: https://www.youtube.com/watch?v=yufQNLO0CG8 )

Apakah penyebab Mesin kendaraan mogok/mati secara mendadak ?

Penyebabnya adalah karena adanya gesekan roda-roda kereta api dengan relnya, saat kereta api bergesekan dengan kedua relnya, maka terjadilah impedansi(hambatan listrik) yang menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati dan enggan untuk dinyalakan.

Pada kendaraan berbahan  bakar bensin, starter digerakkan oleh dinamo yang menghasilkan medan magnet untuk selanjutnya menggerakkan mesin mobil agar menyala. Proses inilah yang dihalangi oleh impedansi ketika mobil berada di atas rel kereta api. Efek impedansi dapat terjadi meskipun kereta api masih berada 1.5 km jauhnya dari tempat monil mogok di atas rel!

Bagaimana solusi mengatasi mobil yang mogok di atas rel dan upaya penyelamatan diri ?

Pertama, "JANGAN PANIK"tetaplah tenang, karena ketenangan adalah kunci menyelesaikan segala permasaahan termasuk  saat mobil anda mogok di atas rel kereta api.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

Kedua, "MEMBUNYIKAN KLAKSON SECARA TERUS MENERUS"cobalah membunyikan klakson secara terus menerus, setelah itu coba kembali starter mesin kendaraan anda. Membunyikan klakson secara terus menerus dapat memutus impedansi  yang tecipta dari gesekan roda dan rel kereta api, sehingga memberi kemungkinan mesin dapat dihidupkan kembali.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)


Ketiga, "MENINGGALKAN KENDARAAN"
bila cara kedua tidak berhasil, maka anda wajib meninggalkan kendaraan anda, keselamatan jiwa lebih utama dibanding dengan kendaraan anda. kendaraan masih bisa dibeli dan dicari, namun nyawa bukanlah sesuatu yang dapat dipertaruhkan. Bila Kereta Api masih jauh, cobalah meminta pertolongan kepada orang sekitar untuk membantu mendorong kendaraan anda yang mogok, namun bila tidak memungkinkan "TINGGALKAN" dan "IKHLASKAN"

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
(Source : Google)

 Mencegah lebih baik dari pada mencari solusi!

Didalam berkendara dijalan raya, hendaknya kita selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Terkhusus saat melintasi rel kereta api, patuhilah rambu-rambu dan palang pintu. Saat kereta api akan melintas, akan ada sirine tanda untuk berhenti dan diikuti dengan tertutupnya palang itu, maka "PATUHILA" jangan ngeyel hanya karena menunggu 5-10 menit anda mempertaruhkan nyawa. Di Indonesia masih banyak perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu dan penjaga oleh karena itu selalu waspada, ingat keluarga anda dirumah, ingat calon istri/suami anda, ingat anak anda, ingat juga hutang anda. Karena kengeyelan anda, tidka hanya merugikan diri anda sendiri tapi merugikan orang lain, misalnya penjaga palang pintu yang dipecat oleh pimpinannya karena di anggap lalai, orang-orang yang hutangnya belum anda bayar, dan terutama anak dan istri/suami anda yang menjadi tanggungan anda, mereka kehilangan kasih sayang dan orang yang paling mereka cintai.

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!


Didalam UU No. 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, kita " WAJIB " mendahulukan kereta api yang akan lewat.

SEMOGA BERMANFAAT, Sekian.


Refrensi : Penyebab dan Solusi & Kewajiban Mendahulukan Kereta Api

profile-picture
profile-picture
profile-picture
balapbekicot dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 14
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 09:20
kalo ane sih simple aja gan.... kalo ketabrak ya tinggal beli lagi... no panic no, ikhlass 100%
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 09:23
Quote:Original Posted By velyshredder
kalo ane sih simple aja gan.... kalo ketabrak ya tinggal beli lagi... no panic no, ikhlass 100%
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!

Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik! Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!


Hahaha, Mantapgan lanjutkan kesantuyan negeri +62 .... Btw bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan, mksh... emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Shakehand2
profile-picture
velyshredder memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 09:26
KEEMPAT
asuransikan kendaraan anda dan

KELIMA
bisa menempatkan kamera mobil supaya ada bukti kongkrit
profile-picture
profile-picture
diandraps dan purpleishapple memberi reputasi
2 0
2
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 09:30
Quote:Original Posted By blezzernet
KEEMPAT
asuransikan kendaraan anda dan

KELIMA
bisa menempatkan kamera mobil supaya ada bukti kongkrit


Mantap gann !!! Hehe bagi cendolnya dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
blezzernet memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 09:50
cara yg lebih mudah adalah,masuk gigi 1 jgn di kopling.lalu starter mobil berulang..nanti mobil lompat2.
0 0
0
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 09:50
baru tau pake cara bunyiin klakson

Yg paling penting kalau sirine udah bunyi jgn ngotot mau lewat cuman karena palangny belum nutup

Nyawa berharga
tapi mobil juga ga kalah berharga

Mencegah lebih bagus daripada mengobati

Apalah artiny 30 detik antri?
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 09:57
Quote:Original Posted By Vandisk
iklaskan gimana, laaa wong cicilan blm lunas bre emoticon-Marah


Justru klo masih Nyicil (leasing) masih dicover asuransi, klo pertanggungan TLO Mintol diancurin sekalian sampe kerusakan 80%emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 10:13
ane bisa merasakan betapa amarahnya sang penjaga palang pintu rel kereta api itu.
udah tau ada kereta mau lewat malah ngeyel nyerobot aja.
untung pengemudi emak-emaknya gak bar-bar, kalo emak bar-bar bisa disalahin tuh kereta api ato penjaga palang pintu
profile-picture
profile-picture
weidenfeller dan purpleishapple memberi reputasi
2 0
2
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 10:16
Quote:Original Posted By AlphabetNumeric
ane bisa merasakan betapa amarahnya sang penjaga palang pintu rel kereta api itu.
udah tau ada kereta mau lewat malah ngeyel nyerobot aja.
untung pengemudi emak-emaknya gak bar-bar, kalo emak bar-bar bisa disalahin tuh kereta api ato penjaga palang pintu


Emak2nya nyalahin gan/melakukan pembelaan diri, ktnya kelalaian penjaganya telat nutup gerbang Pe jagaan, padahal sblm gerbang d tutup itu udh ada sirine peringatan, emk2nua aj yg ngeyel... Btw bg cendol ya gann emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
AlphabetNumeric memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 10:25
yang penting nyawa terselamatkan... harta bisa di cari
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 10:26
Quote:Original Posted By tioarina
yang penting nyawa terselamatkan... harta bisa di cari


Bnr sist, Cendolnya dong emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
tioarina memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
Lapor Hansip
19-09-2019 10:26
Balasan post purpleishapple
pake atau biasa mas?
0 0
0
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 10:29
Quote:Original Posted By tioarina
pake atau biasa mas?


Maksdnya hehe
0 0
0
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 10:48
Klo ane sih udah ngibrit gann
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 10:52
Profesi nya guru. Tapi nerobos palang pintu perlintasan. Kenapa gak mati aja sih? Biar anak didik nya terselamatkan dari orang2 macam gini.
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 11:19
nice info gan
profile-picture
purpleishapple memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 11:19
Solusinya gampang, hapus rel kereta dari dalam kota, buatlah kereta di bawah tanah semua sama di atas LRT kayak singapore, maka nya jangan kebanyakan korupsi luhhhh!! tikus!!!
profile-picture
profile-picture
jinpari22 dan purpleishapple memberi reputasi
2 0
2
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 11:23
Quote:Original Posted By Terafim
Solusinya gampang, hapus rel kereta dari dalam kota, buatlah kereta di bawah tanah semua sama di atas LRT kayak singapore, maka nya jangan kebanyakan korupsi luhhhh!! tikus!!!


Aamiin gan doakan segera Indonesia memperoleh fasilitas KA kyk di Jepun dan Singapoo... Jangan Lupa cendolnya gan
profile-picture
Terafim memberi reputasi
1 0
1
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 11:23
Quote:Original Posted By Hargo Dumilah
nice info gan


Jangan Lupa cendolnya gan hehe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api? Jangan Panik!
19-09-2019 11:24
Quote:Original Posted By mat.piere
Profesi nya guru. Tapi nerobos palang pintu perlintasan. Kenapa gak mati aja sih? Biar anak didik nya terselamatkan dari orang2 macam gini.


Sabar gann ... Biasa emak2, Doakan sj sgra sadsr dan tobat, jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) gann
0 0
0
Halaman 2 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.