News
Batal
KATEGORI
link has been copied
169
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d817e4bb8408829e67c90a1/sabar-yah-selain-bpjs-ini-tarif-lain-yang-bakal-naik-lho
Kencangkan ikat pinggang. Berdoa. Dan tetap berusaha. Mungkin tiga kata tersebut cocok untuk menghadapi rencana pemerintah yang sudah menyiapkan beberapa skenario kenaikan tarif. Kenaikan tarif ini cukup beragam, dari iuran BPJS Kesehatan hingga cukai rokok yang kenaikannya mencapai 23%.
Lapor Hansip
18-09-2019 07:46

Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!

Past Hot Thread
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!


Quote:
Jakarta, CNBC Indonesia - Kencangkan ikat pinggang. Berdoa. Dan tetap berusaha. Mungkin tiga kata tersebut cocok untuk menghadapi rencana pemerintah yang sudah menyiapkan beberapa skenario kenaikan tarif.

Kenaikan tarif ini cukup beragam, dari iuran BPJS Kesehatan hingga cukai rokok yang kenaikannya mencapai 23%.

CNBC Indonesia mencoba merangkumnya kembali di bawah ini apa saja tarif yang dinaikkan sesuai dengan rencana pemerintah.


Baca:
Ngeri, Penyakit-penyakit Ini yang Buat BPJS Kesehatan Tekor

Simak daftarnya dimulai dari Iuran BPJS Kesehatan.

Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
Iuran BPJS Kesehatan
Iuran BPJS Kesehatan dipastikan naik. Kenaikan ini berlaku untuk seluruh peserta.

Iuran BPJS Kesehatan yang naik ini mulai berlaku pada 1 Januari 2020.

Ini daftar lengkap kenaikan iuran BPJS Kesehatan, berdasarkan keterangan Kemenkeu.


Baca:BPJS Kesehatan Nombok Terus, Apa yang Salah?

Kenaikan iuran JKN direncanakan untuk seluruh segmen peserta BPJS:

Penerima Bantuan Iuran (PBI), iuran naik dari Rp23.000 menjadi Rp. 42.000 per jiwa. Besaran iuran ini juga berlaku bagi Peserta yang didaftarkan oleh Pemda (PBI APBD). Iuran PBI dibayar penuh oleh APBN, sedangkan Peserta didaftarkan oleh Pemda (PBI APBD) dibayar penuh oleh APBD.



Pekerja Penerima Upah Pemerintah (PPU-P), yang terdiri dari ASN/TNI/POLRI, semula besaran iuran adalah 5% dari gaji pokok dan tunjangan keluarga, dimana 3% ditanggung oleh Pemerintah dan 2% ditanggung oleh ASN/TNI/POLRI yang bersangkutan, diubah menjadi 5% dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, tunjangan profesi, dan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan bagi PNS Daerah, dengan batas sebesar Rp12 juta, dimana 4% ditanggung oleh Pemerintah dan 1% ditanggung oleh ASN/TNI/POLRI yang bersangkutan.


Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU), semula 5% dari total upah dengan batas atas upah sebesar Rp8 juta, dimana 4% ditanggung oleh Pemberi Kerja dan 1% ditanggung oleh Pekerja, diubah menjadi 5% dari total upah dengan batas atas upah sebesar Rp12 juta, dimana 4% ditanggung oleh Pemberi Kerja dan 1% ditanggung oleh Pekerja.



Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) / Peserta Mandiri:


Kelas 3: naik dari Rp25.500 menjadi Rp42.000 per jiwa;


Kelas 2: naik dari Rp51.000 menjadi Rp110.000 per jiwa;


Kelas 1: naik dari Rp80.000 menjadi Rp160.000 per jiwa.

Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!

Harga Rokok Naik Hingga 35%
Presiden Joko Widodo (Jokowi) setuju menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 23% mulai Januari 2019.

Keputusan tersebut dikemukakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai menggelar rapat secara tertutup di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Berbicara di kompleks Istana Kepresidenan, Sri Mulyani mengatakan bahwa dengan kenaikan cukai rokok, maka harga jual eceran (HJE) pun mengalami kenaikan hingga 35%.


"Kenaikan average 23% untuk tarif cukai, dan 35% dari harga jualnya yang akan kami tuangkan dalam Permenkeu," kata Sri Mulyani.

Kepala Sub Direktotat Publikasi dan Komunikasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Deni Surjantoro mengatakan, kenaikan HJE rokok yang disampaikan menkeu merupakan harga rata-rata.

"Jadi ini ada beberapa layer, dan tim kami masih menghitung seberapa besar besarannya," kata Deni saat berbincang dengan CNBC Indonesia.

Deni memastikan, kenaikan HJE rokok secara tidak langsung akan mengerek naik harga rokok yang dijual di pasaran saat cukai rokok berlaku. Namun, sampai saat ini pemerintah belum menetapkan kisaran HJE.

Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!

Subsidi Listrik Pelanggan 900 VA Dicabut, Tarif Bisa Naik

Pemerintah sudah sepakat menghapus subsidi untuk pelanggan listrik rumah tangga mampu 900 VA mulai tahun depan. Imbasnya, pelanggan tersebut akan kena penyesuaian tarif mulai 2020.

Direktur Pengadaan Strategis II PLN Djoko Abumanan mengatakan memang kebijakan pemerintah menginginkan subsidi yang lebih tepat sasaran, untuk pelanggan 900 VA adalah pelanggan yang masuk kategori rumah tangga mampu saja yang dicabut.

"PLN minta itu tepat sasaran, jangan duplikasi. Tapi kan susah selama ini karena yang disubsidi adalah 900 VA dan 450 VA. Maka diputuskan waktu 2016, 900 VA dicabut kecuali yang masuk dalam keluarga miskin. 450 VA juga campur ada yang harusnya tak berhak, tapi tetap subsidi. Terpaksa, ini belum dipilah, yang sudah dipadankan baru 900 VA," ujar Djoko saat dijumpai di gelaran konvensi IPA, Rabu (4/9/2019).


Kemarin, katanya, keputusannya adalah mencabut pelanggan 900 VA yang mampu dan tak mampu kira-kira berjumlah 27 juta pelanggan di 2020. "Kan nyambungnya 3 jutaan setiap tahun, kita prediksi Januari besok jumlahnya jadi 27 juta."

Berhubung keputusan sudah bulat untuk cabut subsidi 900 VA, maka PLN bisa masuk ke kebijakan penyesuaian tarif. Sebab, alokasi subsidi ke PLN dipastikan akan turun sehingga substitusinya adalah penerimaan dari pelanggan yang tidak disubsidi lagi. "Sama saja ini pindah kantong kiri ke kantong kanan."

Dengan keputusan di badan anggaran semalam, menurutnya akan ada penyesuaian tarif. "Kelompok yang tadinya disubsidi jadi tidak subsidi. Tapi belum tentu kenaikan tarif, karena tergantung dolar, ICP, dan inflasi. Masuk tarif penyesuaian 3 bulanan saja."

Ia memaparkan saat ini kira-kira ada sekitar 6,9 juta pelanggan 900 VA yang disubsidi, dan akan pindah jadi non subsidi. Dari 72 juta pelanggan PLN, sebanyak 23 juta adalah pelanggan 450 VA dan 900 VA sebanyak 24 juta.

Namun, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan tarif listrik belum tentu naik meski subsidi listrik telah disepakati ‎turun oleh pemerintah dan DPR dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) ‎2020.

Jonan mengatakan, pemerintah belum mengambil keputusan mengenai penerapan skema tarif listrik atas penurunan subsidi listrik. Sebab masih menunggu penetapan Undang-Undang APBN 2020.

"Itu yang diputuskan dulu, nanti kita tunggu mana hasilnya yang detail, nanti baru kita publikasikan," kata Jonan.

Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!

Kena Cukai Rp 200, Harga Selembar Plastik Jadi Rp 500

Selain cukai rokok yang naik, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengusulkan tarif untuk cukai plastik sebesar Rp30.000 per kilogram. Sedangkan untuk per-lembar tarif cukainya akan dikenakan Rp200.

Usulan tarif ini disampaikan oleh Sri Mulyani untuk pertama kalinya ke Komisi XI DPR RI sejak wacana penerapan tarif cukai rokok 2 tahun lalu.

"Kami ajukan simulasi tarif cukai kantong plastik Rp30.000 per kilo dan per lembar Rp200," ujar Sri Mulyani bulan Juli lalu.


Sementara itu, setelah dikenakan cukai maka nantinya harga jual kantong plastik menjadi Rp 450-Rp 500 per lembar.

Sedangkan, ia menilai bahwa penurunan tarif ini tidak akan berdampak besar ke inflasi. Justru akan berdampak baik bagi lingkungan. Apalagi pada saat ini, Indonesia menjadi negara nomor 2 di dunia penghasil sampah plastik terbesar.

Selain itu, penerapan cukai kantong plastik ini sejalan dengan kebijakan yang sudah ada dari lembaga dan kementerian lainnya. Contohya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mendukung penggunaan mekanisme cukai ini melalui surat edaran tentang harga dan mekanisme penerapan kantong plastik.

Kantong plastik menjadi fokus utama pengenaan cukai karena paling banyak digunakan masyarakat.

"62% dari sampah plastik Indonesia adalah kantong plastik," tegasnya.

Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!

Tarif Ojol Ikutan Naik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memberlakukan tarif baru ojek online (ojol) di seluruh Indonesia. Kenaikan tarif ojol ini mulai berlaku tanggal 2 September 2019.

Aturan tarif baru ojek online tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) nomor 348 tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan aplikasi.

Dalam aturan ini ada dua komponen perhitungan tarif ojek online. Pertama, tarif langsung atau pendapatan yang didapatkan langsung oleh driver. Tarif ini ditentukan Kemenhub. Kedua, tarif tidak langsung yang ditentukan langsung Grab dan Gojek yang besarnya tidak boleh lebih dari 20% dari total biaya.


Berikut tarif langsung ojek online yang ditetapkan Kemenhub:

Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek): Rp 1.850-2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000
Zona II (Jabodetabek): Rp 2.000-2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000-10.000
Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya): Rp 2.100-2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000.


Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan, evaluasi tarif akan dilakukan tiap tiga bulan sekali. Namun untuk hal ini Grab dan Gojek terlebih dahulu harus menerapkan tarif baru ojol.

Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!

Tarif Parkir di DKI Juga Naik

Pemprov DKI Jakarta segera menaikkan tarif parkir kendaraan bermotor tahun ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut tidak ingin kenaikan tarif parkir itu ditunda-tunda.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017, tarif parkir diatur untuk mobil minimal Rp 3 ribu/jam dan maksimal Rp 12 ribu/jam, sedangkan untuk motor minimal Rp 2 ribu/jam dan maksimal Rp 6 ribu/jam.

Berdasar pada Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Syafrin mengatakan kebijakan sistem ganjil-genap dengan kenaikan tarif parkir berkelindan. Untuk itu kepastian mengenai kenaikan tarif parkir disebut Syafrin akan terjadi pada tahun ini.


"Begitu kebijakan (sistem ganjil-genap) ini jalan, (kenaikan tarif parkir) ini otomatis menjadi kebijakan turunan yang menjadi satu kesatuan," ucap Syafrin.

Nantinya lokasi parkir yang tarifnya mengalami kenaikan itu adalah yang dikelola Dishub DKI. Sedangkan untuk lokasi parkir yang dikelola swasta disebut Syafrin akan dibahas lebih lanjut.

Sayangnya Pemprov belum menentukan berapa kenaikan tarif parkir ini. (sef)



https://www.cnbcindonesia.com/news/2...kal-naik-lho/1


Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 9
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 07:41
Listrik gak mau naik gila2an?
Pakai teknologi nuklir buat power plant emoticon-Leh Uga

Klo masih bergantung banyak pakai bahan bakar fosil yah harga listrik ngikutin harga pasar,. Mirip Bensin emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 07:46
kapan gaji pejabat dipotong jok
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 07:47
Tarik mangemoticon-Ngacir2
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 07:49
Rokok naik mah masa bodo, mahalin aja biar bocah2 gak mampu beli rokok entah itu eceran / per pack.

Utk listrik, standar org gak mampu kan pakai 450va, utk 900va ini tergolong masyarakat menengah. Kalo tajir jelas ambil diatas 1200va.

Tapi kalo dilogika sih, sumber energi fosil makin lama makin mahal, karena sumberdaya makin dikit. So, bisa aja 50 thn yg akan datang harga listrik jauh makin mahal ketimbang sekarang. Dan harga BBM makin tahun makin mahal juga masih memungkinkan.

Idealnya pemerintah seharusnya mulai menggunakan pembangkit listrik yg menggunakan energi terbarukan, tapi karena biayanya mahal, kayaknya masih lama utk diterapin di indo.
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 07:56
bodo amat ga urus.bpjs dibyrin kntr.listrik pke dikit mlm aj.roko itung2 ngurangin roko.hidup msh gini2 aj
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 07:58
Kata cebong laknat bukan salah jkw emoticon-Big Grin
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:02
Yaa nikmati aja sabuk sesak smpe 5 tahun kedepan, lagian periode selanjutnya belum tentu lbh baik kecuali ada yg berani ambil resiko seperti alm eyang bj habibie emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:02
indo gabakal maju kalo jajaran pemerintahnya aja masih korup. Lah ember bocor diisi aer ya percuma kalo ga ditambal. SDM terbarukan juga kalo pikirannya korup ya sama ajah la yaw. Intinya pemerintah skrng no options. Semuanya mesti naeek.
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:12
semua pada naik, yang setuju cuman rokok, ane 1000000000000000000% klo rokok kudu naik.
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:13
ah elah lu beli dunhill sebungkus sehari kuat bpjs lu nyolot....itung amal2 lah boss
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
Lapor Hansip
19-09-2019 08:14
Balasan post deaththed
yang korup ga cuma pejabatnya lu liat rakyatnya juga korup dan sembarangan...buang sampah dikali trotoar dipake jualan ,tawuran,emang bar bar juga orangnya
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:19
Quote:Original Posted By maya379
yang korup ga cuma pejabatnya lu liat rakyatnya juga korup dan sembarangan...buang sampah dikali trotoar dipake jualan ,tawuran,emang bar bar juga orangnya


Mantap gan joss
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:22
Semua serba naikk emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:22
Semua naik, dilanjut upah naik.
Dimana2 mulai banyak phk krn perusahaan harus survive, bahkan di tempat ane mulai pakai robot buat packing jd siap sampe di palete, tinggal diangkat foklift.

Seperti jalan di tempat.
Bahkan nasi goreng di tempat ane naik, ane tanya loh naik ya?
Iya krn umr naik

Dalam hati
Apa hubungannya janc0k
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:25
alhamdulillah, ini saatnya membuktikan ke bos taksi malayshit bahwa orang indo tidak miskin seperti kata dia. Orang kaya kok pake bpjs, orang kaya kok masih disubsidi, orang kaya kok naik ojek emoticon-Smilie
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:26
plastik ngapain naik juga? dasar rakus, mau curi duit kami ga begitu juga caranya. Perpajakan adalah perampokan
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:29
ga pernah gw pake itu jasa bpjs
0 0
0
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:35
Yang dijelasin cuma tarif-tarif yang dinaikin sama pemerintah, belum tarif-tarif yang dinaikin sama pedagang-pedagang pasar, penjual beras, penjual cabe, penjual bawang, tukang parkir liar, calo SIM, makelar tanah, ibu kos, sama tukang cilok.
profile-picture
ogeess memberi reputasi
1 0
1
Sabar Yah, Selain BPJS Ini Tarif Lain yang Bakal Naik Lho!
19-09-2019 08:35
Srimulyani...kreatif
emoticon-2 Jempol
0 0
0
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia