hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Pemerintah Cina Meminta Dua Pulau ke Presiden Jokowi untuk Membayar Utang Negara?
Quote:


Belakangan ini viral di media sosial tentang narasi yang menyebut Pemerintah Cina akan meminta 2 pulau Indonesia ke Presiden Jokowi untuk membayar utang negara.


(Credit: Merdeka.com)


Narasi tersebut diunggah oleh pengguna Facebook bernama Leena Septia di grup Facebook Suara Social Media pada Minggu, 8 September 2019. Leena Septia juga melengkapi unggahannya dengan memberikan statement. Salah satu kutipan dalam statement-nya adalah:

“Awalnya minta pulau lama lama minta semua negeri ini. Jokoun (plesetan dari Jokowi) penjahat demokrasi. Dia hanya mementingkan perutnya dan golongannya.”


Dalam narasinya tersebut, Leena Septia juga melengkapi unggahannya dengan memuat foto Jokowi yang sedang berjabat tangan dengan Presiden Cina Xi Jinping. Dibagian atas foto tersebut juga terdapat judul dari tangkapan layar artikel yang dibagikannya yang bertuliskan “Tiongkok Minta Dua Pulau untuk Bayar Utang RI? Ngawur tuh”.


(Credit: Tempo.co)


Seketika unggahan tersebut menjadi buah bibir warganet. Pro dan kontra pun bermunculan menanggapi narasi yang dibagikan Leena Septia tersebut.

Hingga tulisan ini dibuat saja, unggahan tersebut telah mendapatkan 166 komentar dan dibagikan lebih dari 2.200 kali.

Lantas bagaimana kebenaran dari narasi yang tengah viral tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran Tim Hansip Hoax, didapatkan fakta bahwa artikel yang berjudul “Tiongkok Minta Dua Pulau untuk Bayar Utang RI? Ngawur tuh” pernah dimuat oleh situs berita JPNN.com pada Selasa, 14 Agustus 2018 pukul 08:30 WIB.

Artikel tersebut berisi klarifikasi atas beredarnya berita hoaks yang disebarkan oleh blog-blog pendulang iklan online. Berita palsu itu terkait Pemerintah Cina yang katanya meminta Pulau Sumatera dan Jawa untuk pembayaran utang Indonesia.

Jadi, narasi yang dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Leena Septia sebenarnya adalah narasi lama yang sudah pernah diklarifikasi kebenarannya, namun dibagikan ulang pada saat ini.

Selain itu unggahan foto Jokowi yang bersamalam dengan Xi Jinping yang disematkan dalam narasi tersebut tidak sesuai dengan konteks yang sebenarnya.

Foto tersebut sebelumnya pernah diunggah oleh situs BeritaSatu.com pada 15 Mei 2017 dalam artikelnya yang berjudul “Jokowi Bahas Kerja Sama Investasi di Tiongkok”.

Momen bersalaman Jokowi dan Xi Jinping tersebut terkait dengan pertemuan dalam KTT Belt and Road Forum di Beijing pada 14-15 Mei 2017 yang membahas kerja sama infrastruktur dan ekonomi.

Dalam artikel tersebut juga berisi informasi tentang Presiden Jokowi yang baru saja membahas sejumlah kerja sama ekonomi dengan pelaku bisnis asal Cina, yakni pimpinan perusahaan Shanghai Electric Co Ltd, dan Direktur Eksekutif International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde di sela-sela kunjungan kerjanya ke Cina untuk menghadiri KTT Belt and Road Forum.

Jadi, dapat dikatakan kalau foto Jokowi yang bersamalam dengan Xi Jinping tersebut tidak ada kaitannya dengan narasi Pemerintah Cina yang meminta dua pulau ke Jokowi untuk membayar utang Indonesia.


KESIMPULAN
Dari berbagai penelusuran Hansip Hoax, dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebut Pemerintah Cina meminta dua pulau ke Presiden Jokowi untuk membayar utang adalah informasi yang salah alias hoaks. Sementara foto yang ada dalam unggahan pengguna Facebook Leena Septia tersebut juga merupakan pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Cina Xi Jinping di Beijing, Cina pada 14 Mei 2017, dan tidak ada kaitannya dengan narasi Pemerintah Cina yang meminta dua pulau.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.

SUMBER
Tempo.co
Jpnn.com
Beritasatu.com
tiger.gaul
junleon
tien212700
tien212700 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
26.4K
175
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.