alexa-tracking
others
Batal
link has been copied
5554
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af7c08e14088d1e088b4572/clean-anda-bertanya-quranist-menjawab---part-3
Assalamualaikum Wr Wb PERKENALKAN Kami adalah MUSLIM, yang hanya mengikuti Al-Qur'an saja, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dan DICONTOHKAN oleh para UtusanNya: Allah menjelaskan bahwa hanya Al Qur’an dan kitab sebelumnya saja yang wajib diimani oleh orang bertaqwa (2:4). Ayat 2:4 adalah kelanjutan dari ayat 2:2. 2:2. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka
Lapor Hansip
13-05-2018 11:35

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab

Assalamualaikum Wr Wb


PERKENALKAN

Kami adalah MUSLIM, yang hanya mengikuti Al-Qur'an saja, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dan DICONTOHKAN oleh para UtusanNya:

Allah menjelaskan bahwa hanya Al Qur’an dan kitab sebelumnya saja yang wajib diimani oleh orang bertaqwa (2:4). Ayat 2:4 adalah kelanjutan dari ayat 2:2.


2:2. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,


2:3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.


2:4. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.



Jadi, salah satu kriteria orang bertaqwa adalah beriman kepada Al Qur’an dan kitab2 sebelumnya. Kemudian, Al Qur’an bersifat membenarkan kitab2 sebelumnya (10:37) sehingga beriman kepada Al Qur’an saja sudah cukup.


10:37. Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.


Ayat 2:4 harus dipandang sebagai petunjuk yang wajib dijalankan. Dalam ayat itu, Allah hanya memerintahkan kita untuk beriman kepada Al Qur’an saja. Dengan kata lain, orang bertaqwa adalah orang yang beriman kepada Al Qur’an saja.



Meskipun uraian di atas sudah cukup, ada baiknya dilakukan pembahasan lebih lanjut agar menjadi lebih jelas. Dalam Al Qur’an, Allah dengan sangat jelas memerintahkan kepada manusia supaya menjadikan kitab Allah sebagai alat untuk memutuskan perkara yang terjadi di antara manusia. Perintah seperti itu diturunkan pada jaman Nabi Musa (5:44), Nabi Isa (5:47), dan Nabi Muhammad (5:48 dan 5:49). Tampak di sini bahwa semua informasi itu ada dalam satu surat, yaitu Al Maa’idah. Ini menunjukkan penegasan Allah tentang penggunaan kitab Allah sebagai pedoman dalam pemutusan suatu perkara di antara manusia.


5:44. Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.


5:47. Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.


5:48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,


5:49. dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.



Perintah penggunaan kitab Allah sebagai pedoman dalam memutuskan perkara di antara manusia juga dijumpai dalam 4:105.


4:105. Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang-orang yang khianat,



Ayat-ayat tersebut menjelaskan bahwa Al Qur’an merupakan satu-satunya pedoman dalam islam. Untuk menjelaskannya, kita perlu membahas tentang kata perkara. Perkara pada dasarnya adalah masalah. Masalah dapat dinyatakan dengan pertanyaan. Pertanyaan dapat diajukan oleh seseorang atau beberapa orang yang terlibat dalam suatu masalah. Pertanyaan membutuhkan jawaban yang benar. Jawaban yang benar ada di Al Qur’an. Atau, sesuatu yang sesuai dengan Al Qur’an adalah benar. Demikanlah kurang lebih alur pikirnya.

Jika kita ingin menanyakan sesuatu tentang agama, kitab yang diperintahkan untuk dijadikan pedoman untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah Al Qur’an. Selain itu, aturan perundang-undangan dalam suatu negara juga harus sesuai dengan Al Qur’an sehingga keputusan suatu perkara yang dihasilkan secara tidak langsung sudah dibuat berdasarkan Al Qur’an.


saya ingin menjelaskan lebih lanjut tentang hal di atas dengan contoh. Misalnya, ada dua orang yang berbeda pendapat tentang waktu shalat. Bagaimana cara memutuskan perkara tersebut? Menurut Allah, kita wajib hanya menggunakan Al Qur’an saja sebagai pedoman untuk memutuskan perkara itu. Jika kita menggunakan kitab hadis atau kitab selain Al Qur’an lainnya, kita akan melanggar perintah Allah. Sekali lagi, kita wajib hanya menggunakan Al Qur’an saja dalam memutuskan perkara tersebut. Caranya, kita mengaji Al Qur’an tentang waktu shalat. Dalam khasus contoh ini, waktu shalat yang sesuai dengan yang ada dalam Al Qur’an adalah yang benar.


Alinea di atas menunjukkan bahwa semua pertanyaan masalah agama harus dijawab dengan Al Qur’an saja, sekali lagi, hanya Al Qur’an saja. Pertanyaan tentang cara masuk islam, cara berpuasa, cara shalat, cara berjihad, cara berwudlu, waktu shalat, cara bersedekah, cara masuk surga, nama malaikat, keharaman, cara berpakaian, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya wajib dijawab berdasarkan Al Qur’an saja. Oleh karena itu, menurut Allah, satu-satunya pedoman dalam islam adalah Al Qur’an.


Sebagai tambahan, dalam Al Qur’an diceritakan bahwa orang yang tidak beriman kepada Al Qur’an karena disesatkan syaitan akan menyesal di akhirat (25:29) dan Nabi Muhammad akan mengatakan bahwa mereka dahulu telah mengabaikan Al Qur’an (25:30). Kedua ayat ini menegaskan bahwa Nabi Muhammad mengingatkan agar kaumnya hanya mengimani Al Qur’an saja.


25:29. Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia.


25:30. Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Quran itu sesuatu yang tidak diacuhkan."


dan diayat 25:30. mengapa nabi Muhammad tidak mengatakan "kaumku telah menjadikan Sunnahku sesuatu yang tidak diacuhkan" ???


KHARAKTERISTIK AL QUR’AN SEBAGAI SATU-SATUNYA PEDOMAN


Dalam 12:111 Allah menjelaskan bahwa Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.


12:111. Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.



Selain itu, Al Qur’an adalah benar dan adil, sempurna, rapi, rinci penjelasannya, jelas ayatnya, dan tidak meragukan (6:115; 11:1; 2:99; dan 2:2). Tidak ada yang bisa merubah kalimat-Nya dan Allah akan selalu memelihara-Nya (6:115 dan 15;9).


6:115. Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


11:1. Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu,


2:99. Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu ayat-ayat yang jelas; dan tak ada yang ingkar kepadanya, melainkan orang-orang yang fasik.


2:2. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,


15:9. Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya



Allah juga sudah memasukkan segala sesuatu yang harus dimasukkan kedalam Al Qur’an (6:38).


6:38. Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.


Dapat disampaikan di sini bahwa Al Qur’an benar-benar kitab yang dijadikan sebagai pedoman dalam islam.
profile-picture
Michaelwise memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Halaman 214 dari 278
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
Lapor Hansip
17-09-2019 22:01
Balasan post sabeni80
Quote:Original Posted By sabeni80


Lo quote si stun apa gw sih? emoticon-Bingung



elu lah cuma gua males aja pake quote mending langsung reply

praktis
emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-09-2019 11:52
Quote:Original Posted By Critizer
Om alay itu yg mana ya.?

Belum pernah ketemu saya.. emoticon-Bingung (S)


Yang sekarang lagi lunch


*Makan kerupuk ama sambel aja pake bahasa lanch lunch segala macam






:Wkwokwowkokkk
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-09-2019 17:58
Mohon mangap...apa disini ada yg nama nya allay bin gemulai...? Kalo ketemu, bilangin tadi siang makan kerupuk ama sambal nya blom bayar...




Ma'acih
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-09-2019 18:06
Quote:Original Posted By sabeni80
Mohon mangap...apa disini ada yg nama nya allay bin gemulai...? Kalo ketemu, bilangin tadi siang makan kerupuk ama sambal nya blom bayar...




Ma'acih


mosok pemain organ tunggal malang malingtas di katedral2, makannya kerupuk sambel.....

emoticon-Turut Berduka
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-09-2019 18:18
Quote:Original Posted By wikileakskaskus
mosok pemain organ tunggal malang malingtas di katedral2, makannya kerupuk sambel.....

emoticon-Turut Berduka


Ternyata lu orang psikolog tad? emoticon-Malu
Mau nanya dong
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-09-2019 18:52
Quote:Original Posted By Michaelwise
Ternyata lu orang psikolog tad? emoticon-Malu
Mau nanya dong


bukan emoticon-Embarrassment

gue orang bandung om.

emoticon-Traveller
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-09-2019 18:58
Quote:Original Posted By wikileakskaskus
bukan emoticon-Embarrassment

gue orang bandung om.

emoticon-Traveller


Oh urang bandung maneh

gue orang jawa

emoticon-Traveller
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-09-2019 22:02
Quote:Original Posted By Critizer
Oooo...i see

Jadi Om Alay itu yg suka qurban pake kopi dan udut ternyata..

Ok..thanks infonya Om


Quote:Original Posted By Michaelwise
Allay itu quranist rasa sufi.

Cocok buat agan jadikan guru.

Levelnya sudah mursyid sudah bukan level syariat lagi.


Quote:Original Posted By oelama.tamfan
Yang sekarang lagi lunch


*Makan kerupuk ama sambel aja pake bahasa lanch lunch segala macam






:Wkwokwowkokkk


Quote:Original Posted By sabeni80
Mohon mangap...apa disini ada yg nama nya allay bin gemulai...? Kalo ketemu, bilangin tadi siang makan kerupuk ama sambal nya blom bayar...




Ma'acih


Quote:Original Posted By wikileakskaskus
mosok pemain organ tunggal malang malingtas di katedral2, makannya kerupuk sambel.....

emoticon-Turut Berduka


Ini kumpulan Kurapnis apa kumpulan ibu2 PKK sih emoticon-Bingung (S)



emoticon-Gila
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
19-09-2019 23:30
Mohon bersabar ini hanya hujan
Tolong sesuai antrian

{thread_title}


Wikil dulu lewat
Kemudian pipen gendong sabeni
Disusul betmen gendong kampret
Terakhir alay sendirian
profile-picture
profile-picture
wikileakskaskus dan Michaelwise memberi reputasi
2 0
2
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
20-09-2019 16:25
Assalammualaikum wr wb.
Mau nanya bagaimana Quranist disini menafsiran Kitabullah Al Quran? Terimakasih.

Salam
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
Lapor Hansip
20-09-2019 16:33
Balasan post inoakanaufal
Quote:Original Posted By inoakanaufal
Assalammualaikum wr wb.
Mau nanya bagaimana Quranist disini menafsiran Kitabullah Al Quran? Terimakasih.

Salam


Umumnya.
1. Ayat dengan ayat.
2. kontekstual
3. linguistik
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
20-09-2019 17:31
Quote:Original Posted By oelama.tamfan
Mohon bersabar ini hanya hujan
Tolong sesuai antrian

{thread_title}


Wikil dulu lewat
Kemudian pipen gendong sabeni
Disusul betmen gendong kampret
Terakhir alay sendirian


emoticon-Ngakak

shiv shiv bisa aja lo...
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
Lapor Hansip
20-09-2019 22:30
Balasan post bmanluck
Quote:Original Posted By bmanluck


Alam barzah itu apa?


alam perbatasan antara dunia dan akhirat. alam putusnya amal kecuali 3 perkara. alam firaun dan pengikutnya ditampakkan neraka. di alam ini sebagian org minta dikembalikan ke dunia utk bersedekah, sebagian yg lain hidup dan diberi rizqi. dll

Quote:
Lu tau ga, klo jiwa tidak memiliki panca indera. Itulah kenapa, kulit yg mengelupas di neraka akan dijadikan lagi kemudian disiram lagi agar berasa sakitnya.

An Nisaa:56 ﴿
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.


menurut elu, jiwa tdk mampu utk mengetahui/merasa tanpa adanya jasad? menggunakan yg terbatas sbg bungkus yg tak terbatas dlm hal siksa/nikmat bkn dipahami dgn cara spt itu
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
Lapor Hansip
20-09-2019 22:32
Balasan post .sarkawi
@mardianah elu cr dl apa itu jiwa biar nyambung
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
Lapor Hansip
21-09-2019 07:10
Balasan post .sarkawi
Quote:Original Posted By .sarkawi
@mardianah elu cr dl apa itu jiwa biar nyambung


dasar onta padang pasir
Masih percaya khayalan imam bukhari
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
21-09-2019 07:47
Quote:Original Posted By mardianah
Ane non ritual
Klo ashalat ya sambil berbaring
Ingat tuhan, ato waktu duduk merdoa ketuhan itu menurut ane sudah sholat(sembahyang/berdoa)


Inget tuhan sambil berbaring ?
Itu solat apa ngelamun?
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
21-09-2019 07:59
Quote:Original Posted By mardianah
Menurut presepsi dan opini ane sih gan
Al baqarah 62 gak bicara tentang yahudi ato nasrani disitu

Klo memang yg dimaksud yahudi dan nasrani knp gak menyebut muslimin,( kenapa amanu, yg percaya)

Yahudi dan nasrani yg dimaksud di ayat itu aih klo menurut ane sih

Amanu = yg percaya kepada ajaran yg dibawa nabi muhammad
Yahudi = di di guide/diberi petunjuk oleh tuhan
Nasara = yg mendapat pertolongan oleh tuhan
Sabiin = di lead, dituntun, dibasuh/disentuh/ oleh tuhan

Cmiiw klo terjemahan ane al baqarah 62 kurang lebih sih gini


Sesungguhnya orang orang yg percaya DAN di tunjuki, DAN ditolong, DAN dituntun
Orang orang yg percaya kepada tuhan dan hari akhirat, dan berbuat kebaikan maka bagi mereka pahala(balasan) disisi tuhan mereka dan tidak ada kekuatiran atas mereka dan tidak mereka bersedih hati


Ternyata kalo orang demen ngelamun hasilnya begini emoticon-Traveller
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
21-09-2019 09:15
Quote:Original Posted By mardianah
Roh atau jiwa itu
Kalau menurut pendapat ane seperti energy kehidupan

Kehidupan hanya milik tuhan

Jasat manusia hanya terdiri dari air, oksigen dan mineral2 lainnya

Energy kehidupan dari tuhanlah yg mampu membuat hidup manusia


Alam barzah itu apa?
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
21-09-2019 09:18
Quote:Original Posted By .sarkawi
alam perbatasan antara dunia dan akhirat. alam putusnya amal kecuali 3 perkara. alam firaun dan pengikutnya ditampakkan neraka. di alam ini sebagian org minta dikembalikan ke dunia utk bersedekah, sebagian yg lain hidup dan diberi rizqi. dll


Ooo... Omongan siapa itu?

Quote:
menurut elu, jiwa tdk mampu utk mengetahui/merasa tanpa adanya jasad? menggunakan yg terbatas sbg bungkus yg tak terbatas dlm hal siksa/nikmat bkn dipahami dgn cara spt itu


Jd seperti apa? Al Quran dng jelas mengatakan mengembalilan kulitnya seperti semula agar tersiksa dengan pedih.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
21-09-2019 09:20
Quote:Original Posted By inoakanaufal
Assalammualaikum wr wb.
Mau nanya bagaimana Quranist disini menafsiran Kitabullah Al Quran? Terimakasih.

Salam


Dengan membaca
0 0
0
Lihat 1 balasan
Halaman 214 dari 278
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 5.000
Rp 125.000
kaos-raglan-jdm---putih
Rp 5.000
Rp 100.000
kaos-kaskus---ofcl-putih
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.