alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d82104c7e3a72652542fe60/rkhup-pemerintah-pastikan-penyihir-dan-dukun-bisa-dipidana-3-tahun-penjara
Lapor Hansip
18-09-2019 18:09
RKHUP, Pemerintah Pastikan Penyihir dan Dukun bisa dipidana 3 tahun penjara
RKHUP, Pemerintah Pastikan Penyihir dan Dukun bisa dipidana 3 tahun penjara

Jakarta, CNN Indonesia -- Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang segera disahkan DPR dan Pemerintah bakal mengatur juga mengenai ketentuan pidana bagi penyihir dan dukun. Ancaman pidana mengenai santet yang tertuang dalam Pasal 252 ini dinilai sulit dibuktikan.

Dalam pasal itu disebutkan setiap orang yang menyatakan dirinya punya kekuatan gaib, memberitahukan, memberi harapan, menawarkan, atau memberi bantuan jasa ke orang lain hingga menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik dapat dipidana tiga tahun penjara atau pidana denda paling banyak kategori IV.
Lihat juga: RKUHP, Makar terhadap Presiden Terancam Hukuman Mati
Sesuai ketentuan, denda pidana dikategorikan menjadi empat yakni kategori I dan II, termasuk denda ringan dengan alternatif penjara di bawah satu tahun serta kategori III dan IV denda berat dengan alternatif penjara satu sampai tujuh tahun.

Jika orang itu melakukannya untuk mencari keuntungan atau menjadikan sebagai mata pencaharian, maka pidananya dapat ditambah dengan 1/3 masa hukuman.


Keberadaan pasal ini pun tak lepas dari kritik. Ahli hukum pidana Universitas Jenderal Soedirman Hibnu Nugroho mengatakan, penerapan pasal santet ini akan sulit dibuktikan. Sesuai prinsip hukum pidana, suatu tindak pidana harus memenuhi unsur pembuktian.

"Pembuktiannya memang agak sulit, walau kalau menurut perumus UU pasal ini hanya berlaku untuk orang yang memang mengaku santet. Tapi yang mengaku ini kan juga harus dibuktikan," kata Hibnu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (18/9)


Hibnu menuturkan, perlu kehati-hatian dalam menerapkan pasal santet ini. Sebab bukan tidak mungkin penerapan pasal ini justru menimbulkan keresahan di masyarakat.

Alih-alih diatur dalam pasal khusus tentang santet, menurut Hibnu, perbuatan itu mestinya diatur dalam pasal penipuan.

"Santet ini harusnya masuk penipuan aja. Kan malah jelas. Kalau dipakai istilah ini yang ada menimbulkan kekacauan," ucapnya.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...tahun-penjara?
Diubah oleh Mebel.ipk1.9
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
18-09-2019 18:20
Itu ngebuktiin nya gmn yak
Kok makin goblok aja ya yg bikin undang2

Pasal2 sampah sialan kok makin byk aja

Pasal hubungan sex trus ingkar janji mau nikah bs dipidana
Pasal penghinaan presiden jg dipidana
Kpk mau sadap mesti ijin dewwan pengawas tp dewan pengawasnya dipilih presiden
Nah kl yg mau disadap org2 lingkungan istana ato ring 1 udh pst di reject

Malah bs jd gegara minta ijin sadap si target malah di kasi tau ama dewan pengawas

Makin sinting negara ini
Ini presiden dgn pemerintahan dan perekonomian terburuk dlm sejarah indonesia merdeka

Dpr jg sama goblok nya

emoticon-Turut Berduka
0
Lihat 1 balasan
18-09-2019 18:21
Quote:Original Posted By pilemon889
Itu ngebuktiin nya gmn yak
Kok makin goblok aja ya yg bikin undang2

Pasal2 sampah sialan kok makin byk aja

Pasal hubungan sex trus ingkar janji mau nikah bs dipidana
Pasal penghinaan presiden jg dipidana
Kpk mau sadap mesti ijin dewwan pengawas tp dewan pengawasnya dipilih presiden
Nah kl yg mau disadap org2 lingkungan istana ato ring 1 udh pst di reject

Malah bs jd gegara minta ijin sadap si target malah di kasi tau ama dewan pengawas

Makin sinting negara ini
Ini presiden dgn pemerintahan dan perekonomian terburuk dlm sejarah indonesia merdeka

Dpr jg sama goblok nya

emoticon-Turut Berduka

kita cuma rakyat biasa, gak bisa ngatur negara emoticon-Mewek
0
18-09-2019 18:25
Kejar setoran uu, jadi asal buat. Banyak anggota hewan yg hanya modal ijasah tanpa otak.

Aturannya dia buat uu ttg penipuan, tipu daya, nah santet dimasukkan ke situ, santet, sihir sejenisnya yg di sampaikan ke org lain dgn maksud membuat org itu percaya lalu memberikan sejumlah imbalan berupa harta benda, fisik dan sejenisnya, yg membuat org tsb terpedaya, dan target menjadi rugi secara mental dan fisik bisa dipidanakan.
profile-picture
121Z4 memberi reputasi
1
18-09-2019 18:25
wah jangan-jangan nanti permadi ama mbah mijan bisa diminta jadi saksi ahli ini..
Diubah oleh unwell
0
18-09-2019 18:28
kayak zaman medieval di eropa.

witch dihukum mati.
profile-picture
beyoungcarerock memberi reputasi
1
18-09-2019 18:29
Mencium tragedi tapal kuda ini emoticon-Ngakak

Baguslah bisa diusut itu kasus tumbal jalan naronggo emoticon-Takut

Puji Tuhan emoticon-Christmas
0
18-09-2019 18:31
balik ke jaman jahiliyah. emoticon-Big Grin
0
18-09-2019 18:31
Dalam pasal itu disebutkan setiap orang yang menyatakan dirinya punya kekuatan gaib, memberitahukan, memberi harapan, menawarkan, atau memberi bantuan jasa ke orang lain



Sepertinya ini untuk menghukum :
Orang yg berpromosi bisa santet.
Jadi BUKAN pembuktian nyantetnya.
Nanti pembuktiannya bahwa di PROMOSI bisa nyantet.
Diubah oleh suryahendro
0
Lihat 1 balasan
18-09-2019 18:32
polisi: kamu dukun ya?

dukun: iya pak

polisi: coba panggil jin

dukun: butuh sesajen dan sesembahan pak

polisi: lo butuh apa aja?

dukun: 100 juta aja pak dibayar tunai

polisi: !@!#!#!#!$!$


emoticon-Wakaka
0
18-09-2019 18:35
Quote:Original Posted By kampret.stres
kayak zaman medieval di eropa.

witch dihukum mati.


Negara laen pada maju, kita balik mundur ke dark age lagi emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
18-09-2019 18:35
Bisa habis tuh anak2 indigo?
0
Lapor Hansip
18-09-2019 18:46
Balasan post suryahendro
Termasuk yg ngaku" bisa gandain duit, uang gaib dan pesugihan emoticon-Embarrassment
0
Lapor Hansip
18-09-2019 18:46
Balasan post beyoungcarerock
Bukan pemerintahnya, tp warga nya yg goblok, makanya keluar uu konyol begini. Diluar negeri, warganya sdh cerdas dan ngak percaya kayak ginian, makannya gak perlu hukum lagi. Beda zaman2 witch dulu.

profile-picture
beyoungcarerock memberi reputasi
1
18-09-2019 18:53
wah goblok fix
0
18-09-2019 19:06
Quote:Original Posted By unwell
wah jangan-jangan nanti permadi ama mbah mijan bisa diminta jadi saksi ahli ini..


Betul neh...emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
18-09-2019 19:07
Balasan post pilemon889
Quote:Original Posted By pilemon889
Itu ngebuktiin nya gmn yak
Kok makin goblok aja ya yg bikin undang2

Pasal2 sampah sialan kok makin byk aja

Pasal hubungan sex trus ingkar janji mau nikah bs dipidana
Pasal penghinaan presiden jg dipidana
Kpk mau sadap mesti ijin dewwan pengawas tp dewan pengawasnya dipilih presiden
Nah kl yg mau disadap org2 lingkungan istana ato ring 1 udh pst di reject

Malah bs jd gegara minta ijin sadap si target malah di kasi tau ama dewan pengawas

Makin sinting negara ini
Ini presiden dgn pemerintahan dan perekonomian terburuk dlm sejarah indonesia merdeka

Dpr jg sama goblok nya

emoticon-Turut Berduka


bikin meme presiden nanti kena pasal eh bkn cuma presiden, ada pasal soal melawan "penguasa" juga yg super karet.

emoticon-Ngakak

0
18-09-2019 19:22
apa cuma gw doang disini yang makin hopeless jalan negara 5 tahun ke depanemoticon-Berduka (S)
0
18-09-2019 19:24
Hei harry porter,,ente jangan coba coba ya masup Indonesia,kena bui ente ntar..!!

Btw,klo Dukun Beranak gmn ya.??
Kira2 apa ini komentarnya si Alam..

emoticon-Traveller
0
18-09-2019 19:35
Percuma punyak ilmu perdukunan emoticon-Leh Uga mintak bayar malah di bui
0
18-09-2019 20:07


Quote:Original Posted By Master.Bpln
kita cuma rakyat biasa, gak bisa ngatur negara emoticon-Mewek


Negara bs ada karna ada rakyat bre
Saat ini penyelenggara negara udh sama spt sampah yg tdk bs di daur ulang
Bikin undang2 yg konyol
Semakin rakyat di bungkam semakin byk kekacauan akan terjadi


Quote:Original Posted By KuwuRT
bikin meme presiden nanti kena pasal eh bkn cuma presiden, ada pasal soal melawan "penguasa" juga yg super karet.

emoticon-Ngakak


Jgn bre, ntar karetnya bs panjang buanget
Presiden udh tau kl dia udah hilang kepercayaan dan dukungan dr rakyat
Yg dukung cm bbrp ekor ketua partai
Akar rumput sdh muak smua
Undang2 sampah dibuat cm buat melindungi presiden dr bully dan kritik

Dipikirnya cm mereka yg kepalanya ada otak
Ane melihat pemerintah saat ini udh frustasi berat, sdh ga ada kekuatan dan kepercayaan
Makanya bikin aturan utk melindungi kedudukan dan hrg diri mrk sendiri

emoticon-Traveller
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.